HomeTNIBabinsa Krompol Bersama Warganya Guyub Rukun Dalam Kegiatan Tradisi "Nyadran" Di Wilayah...

Babinsa Krompol Bersama Warganya Guyub Rukun Dalam Kegiatan Tradisi “Nyadran” Di Wilayah Binaanya

Babinsa Koramil Bringin Sertu Suyono saat hadir dalam Tradisi nyadran

NGAWI, SMNNews.co.id – Tradisi nyadran di  Desa Krompol, Kecamatan Bringin, sudah berlangsung secara turun temurun, dengan hiburan wayang golek tradisi tersebut masih di laksanakan masyarakat setempat sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa  dan juga sebagai warisan nenek moyang dalam kehidupan masyarakat tradisional jawa, khususnya di wilayah Desa Krompol, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi, Minggu (24/7/2022).

Tradisi Nyadran ini dilaksanakan di makam Mbah Bowo, dusun Sono Desa Krompol, Kec. Bringin, kegiatan tradisi  nyadran dalam istilah Jawa ini seperti upacara adat dengan di dahului dengan  membaca doa dan ucap syukur kepada Tuhan yang maha esa, setelah itu dilanjutkan Hiburan Wayang Golek, Doa biasanya dipimpin oleh tokoh masyarakat atau tokoh adat setempat, tujuannya tidak lain hanya untuk memohon keselamatan terhadap Warga Desa Krompol  dan di hindarkan dari  bahaya dan musibah.

Babinsa Koramil Bringin Sertu Suyono sebagai Bintara Pembina Desa setempat juga ikut hadir dalam acara tersebut sebagai wujud kebersamaan serta menghargai budaya tradisi Jawa yang ada di wilayahnya juga memberikan spirit kepada semua warga yang masih tetap menjunjung tinggi tradisi adat jawa,” terangnya.

“Kami hadir di sini untuk memberikan suport dan pengamanan kepada masyarakat dalam kegiatan tersebut juga terus mengajak agar tradisi seperti ini jangan di tinggalkan sebagai wujud dalam menghargai dan melestarikan kebudayaan jawa,” ucapnya.

Lebih lanjut Babinsa juga sangat antusias dengan acara tersebut kerena acara semacam ini juga untuk mempererat tali silaturahmi dan memperkokoh persatuan dan kesatuan di antara warga masyarakat dan pemuda, tokoh adat,serta instansi pemerintah yang telah ikut dalam melestarikan budaya tradisi leluhur Jawa,” tutupnya.

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Kadispora Kabupaten Asahan Nobar Semi Final Afc U23 Asian Cup 2024 Bersama Kapolres Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Polres Asahan mengadakan Nobar Semi Final Afc U23 Asian Cup 2024 di aula polres asahan, antusias pendukung indonesia yang sangat tinggi...

Kejari Kabupaten Pasuruan Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana Umum dan Khusus, Berikut Daftarnya!

PASURUAN, SMNNews.co.id – Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan memusnahkan barang bukti (BB) tindak pidana umum dan khusus yang telah memiliki kekuatan hukum tetap alias inkrah. Pemusnahan...

Rusdi Sutejo Resmi Daftar Cabup Pasuruan di Partai PDIP

PASURUAN, SMNNews.co.id - Ketua DPC Partai Gerindra H. M Rusdi Sutejo mendatangi kantor DPC Partai Demokrasi Indonesia- Perjuangan (PDIP) dengan membawa beberapa berkas guna...