HomeBERITADana Terbatas, DPUPR Ngawi Hanya Mampu Perbaiki Jalan 8 Km

Dana Terbatas, DPUPR Ngawi Hanya Mampu Perbaiki Jalan 8 Km

Kondisi jalan rusak arah Paron-Jogorogo.

NGAWI, SMNNews.co.id – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Ngawi menyatakan hanya kebagian dana pemeliharaan jalan sebesar Rp4,5 M di APBD 2021.

Dana itu hanya dapat membeli aspal 155 drum. Diperkirakan, alokasi itu bila digunakan untuk lapis penetrasi hanya bisa memperbaiki jalan sekitar 8 kilometer saja dengan asumsi lebar sekitar 5 meter.

“Kita memiliki jalan rusak sekitar 280 kilometer, sementara di APBD 2021 anggaran pemeliharaan hanya bisa membeli aspal sekitar 155 drum,” ujar Hadi Suroso, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Ngawi.

DPUPR juga masih terkena rencana perubahan alokasi terkait penanganan Covid-19 yang diperkirakan mencapai 50 persen dari seluruh anggaran.

Menurut Suroso, sapaan akrabnya, DPUPR tak akan mengurangi dana perbaikan jalan. Apalagi, banyak ruas jalan kabupaten yang rusak parah seperti antara Paron-Jogorogo atau di lokasi yang sering kebanjiran seperti Kwadungan.

Sedangkan peningkatan jalan, apalagi konstruksi rijit beton, justru akan ditinggalkan saja bila dana tak mencukupi dan akan direncanakan kembali di masa mendatang saat sudah memungkinkan.

“Kalaupun ada perubahan fokus anggaran, alokasi perbaikan jalan kita usahakan tak berkurang. Karena yang ada saja sekarang, masih jauh dari ideal,” ungkapnya.

Komisi 4 DPRD Ngawi juga mendukung niat DPUPR mempertahankan dana perbaikan jalan. Mereka pun berharap infrastruktur jalan menjadi perhatian sebab menopang akses perekonomian masyarakat.

“Perbaikan atau peningkatan jalan jangan dikurangi, kalau perlu ditambah,” ujar Slamet Riyanto, Ketua Komisi 4 DPRD Ngawi.

Kerusakan jalan antar kecamatan di Ngawi mendominasi keluhan masyarakat beberapa tahun terakhir.

Namun, terbatasnya dana serta fokus pembangunan yang mungkin terarah di sektor lain, membuat kerusakan jalan sulit dituntaskan hingga sekarang. (ari)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Polres Kota Blitar Gelar Binrohtal untuk Tingkatkan Keimanan Anggotanya

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Pembinaan rohani dan mental atau biasa disingkat Binrohtal yang dilaksanakan Polres Blitar Kota sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas keimanan dan...

Serius Eksplorasi Panas Bumi, Bupati Pasaman Apresiasi PT. MGSu

PASAMAN, SMNNews.co.id - Pekerjaan pendahuluan dan eksplorasi potensi panas bumi di Bonjol, Kabupaten Pasaman yang dilaksanakan PT Medco Geothermal Sumatera (MGSu) yang dianggap serius...

Penyerahan Bantauan Alat Bantu kepada Penyandang Disabilitas yang Dilakukan di Empat Kecamatan Berbeda oleh Bidang Rehabilitasi Sosial

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Asahan menyerahkan bantuan berupa kursi roda, alat bantu dengar, kacamata baca, dan tongkat ketiak kepada...