HomeBERITAMendapat Tugas Ibu Ketua Umum Megawati, Hasto Kristianto Langsung Turun Pantau Dampak...

Mendapat Tugas Ibu Ketua Umum Megawati, Hasto Kristianto Langsung Turun Pantau Dampak Gempa Bumi di Jawa Timur

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristianto bersama pengurus partai dari DPP, DPD dan DPC berdoa bersama pasca terjadi gempa bumi, Minggu (11/4/2021).

BLITAR, SMNNews.co.id – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristianto mendatangi Kota Blitar, Minggu (11/4/2021). Menginstruksikan agar kader banteng turun membantu rakyat yang baru terdampak gempa melanda wilayah selatan Jawa Timur.

“Satu tahun terakhir PDI Perjuangan dibawah peran Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri menetapkan kondisi darurat bencana bersama Badan Meterologi Klimatologi Geofisika, agar para kader betul memahami aspek pembangunan dengan memperhatikan potensi bencana alam yang terjadi,” ungkap Hasto usai ziarah.

Hasto menegaskan perencanaan pembangunan fasilitas umum harus disesuaikan potensi bencana alam. Dengan demikian tidak akan ada masyarakat menjadi korban akibat fasilitas yang tidak kuat menahan bencana alam, seperti gempa bumi yang baru saja menggoyang Jawa Timur bagian selatan berkekuatan 6,7 Skala Richter.

“Kejadian di Kabupaten Kota Jawa Timur seperti Lumajang, Kediri, Blitar dan Malang makin menggugah bahwa perencanaan pembangunan fasilitas publik dan rumah rakyat harus memperhatikan faktor risiko gempa. Ini penting untuk mengurangi risiko rakyat meninggal akibat gempa,” ujar politisi dari Yogyakarta ini.

Ia juga menginstruksikan para kader segera gotong royong membantu meringankan beban warga yang terdampak bencana gempa. “Ketika ada bencana kader harus turun. Seperti dilakukan Pak Kusnadi, Bu Sri Untari, Pak Djarot dan Pak Walikota Blitar bergotong royong membantu rakyat yang menjadi korban,” tuturnya.

Sementara, Walikota Blitar Santoso menyampaikan bahwa pihaknya sudah langsung membantu warganya yang terdampak. Bahkan sejak gempa terjadi pada Sabtu (10/4/2021), ia telah memerintahkan jajarannya dengan mendirikan tenda darurat di depan rumah warga yang rusak akibat gempa.

“Kemarin kita bantu dengan mendirikan tenda darurat agar tidak kehujanan karena ini musim hujan. Sedang pagi tadi saya dan Pak Djarot menyalurkan bantuan paket sembako pada warga yang rumahnya rusak,” kata walikota dari PDIP ini.

Kegiatan Sekjen PDIP Hasto Kristianto di Blitar ini diawali dengan ziarah di makam Proklamator Bung Karno sebagai tradisi menyambut bulan suci Ramadhan. Dengan didampingi Ketua DPD PDIP Jawa Timur Kusnadi dan Sekretaris DPD Sri Untari, Walikota Blitar Santoso, Wakil Walikota Tjutjuk Sunario serta segenap pengurus DPC PDIP Kota Blitar yang dipimpin dr Syahrul Alim.

Setelah ziarah mengunjungi situs bersejarah diantaranya Istana Gebang di Kota Blitar dan Candi Penataran di Kabupaten Blitar. Situs bersejarah ini berdiri megah tidak terdampak gempa yang berpusat di barat daya Kabupaten Malang. (jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Tommy Irawan Sandra Resmi Mendaftar Balon Bupati Pasaman ke Partai Golkar

PASAMAN, SMNNews.co.id - Bendahara DPD Golkar Pasaman, Tommy Irawan Sandra kembalikan formulir bakal calon (Balon) Bupati Pasaman periode 2024 -- 2029 di Lubuksikaping, Selasa...

Wakil Bupati Asahan Ikuti Musrenbang RPJPD 2025-2045 Sumatera Utara

ASAHAN, SMNNews.co.id - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin buka Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Sumut tahun 2025-2045. Turut hadir...

Dalam Hitungan Jam, Polsek Sananwetan Berhasil Amankan Pelaku dan Barang Bukti Curanmor

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Unit reskrim Polsek Sananwetan Polres Blitar Kota berhasil mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor roda dua (Curanmor) di wilayah hukumnya tepatnya...