HomeBERITABuka Bimtek Guna Tingkatkan Kinerja BUMD, Ini Pesan Bupati Jombang!

Buka Bimtek Guna Tingkatkan Kinerja BUMD, Ini Pesan Bupati Jombang!

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Good Corporate Governance (GCG) bagi BUMD di Kabupaten Jombang

JOMBANG, SMNNews.co.id – Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Bagian Perekonomian Setdakab Jombang menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Good Corporate Governance (GCG) bagi BUMD di Kabupaten Jombang di ruang Teratai Hotel Yusro Jombang pada Selasa (7/3/2023).

Kegiatan yang bertujuan untuk menyatukan persepsi juga langkah dalam mengembangkan dan meningkatkan kinerja BUMD di Kabupaten Jombang ini dibuka oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab.

Tampak hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang Agus Purnomo, S.H, M.SI, Kepala Bagian Perekonomian Setdakab Jombang, Kepala OPD terkait lingkup Pemkab Jombang, Koordinator Pengawas Bidang Akuntansi Negara, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Jawa Timur, Pujito Kusworo, Direktur Perumdam Tirta Kencana, Direktur Bank Jombang, Panglungan dan Aneka Usaha Seger dan peserta Bimtek.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Jombang, Bupati Mundjidah Wahab menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas terlaksananya Bimbingan Teknis Good Corporate Governance (GCG) bagi BUMD di Kabupaten Jombang.

Menurut Bupati Jombang era transformasi dan percepatan arus globalisasi memang menuntut BUMD mampu merespon setiap perubahan dengan cepat, baik perubahan selera konsumen, perubahan teknologi, maupun perubahan kompetisi yang dihadapi.

“Untuk mengatasi tuntutan tersebut, BUMD harus melakukan reformasi dalam hal tata kelola perusahaan. Reformasi tata kelola sebagai upaya meningkatkan posisi kompetitif BUMD melalui penajaman visi, misi, fokus bisnis, perbaikan skala usaha dan penciptaan kompetensi utama (core competencies),” tutur Bupati Mundjidah Wahab

“Melalui Bimtek ini agar BUMD di Kabupaten Jombang memiliki daya saing, daya cipta tinggi, sehingga unggul di pasar global dan tentu saja diharapkan mampu meningkatkan kontribusinya terhadap peningkatan perekonomian daerah, khususnya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” tandasnya.

Hal ini sudah menjadi keharusan, apalagi Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang BUMD juga sudah mengatur bahwa pengurusan BUMD dilaksanakan sesuai dengan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance).

Penerapan GCG tidak lain untuk mencapai tujuan pendirian BUMD, mengoptimalkan nilai BUMD agar memiliki daya saing yang kuat, mendorong pengelolaan organ BUMD secara professional, efisien dan efektif, serta mendorong BUMD untuk senantiasa bertindak dilandasi nilai moral yang tinggi dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

“Saya berharap seluruh BUMD di Kabupaten Jombang dapat dikelola dengan prinsip-prinsip GCG atau bisa lebih aware terhadap pentingnya penerapan GCG. Dengan menerapkan GCG diharapkan kinerja BUMD akan lebih meningkat dan secara langsung akan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di Kabupaten Jombang,” pungkas Bupati Mundjidah Wahab.

Materi yang disampaikan pada Bimtek tersebut diantaranya Peran Pemerintah Daerah Dalam Peningkatan Kinerja BUMD serta Strategi Penerapan Tata Kelola Perusahaan Di BUMD. (pj)\

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Seorang Pria di Kota Malang Tewas Terlindas Truk Tronton, Korban Langsung Dievakuasi di RSSA Kota Malang

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Terjadi kecelakaan lalu lintas di Merjosono dan menewaskan Buamin (66) warga Jalan Kolonel Sugiono III Mergosono Kota Malang. Pria lansia ini...

Menteri Koperasi dan UKM Hadiri PLUT KUMKM Summit 2024, Teten Sampaikan Hal Ini!

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki menghadiri acara Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan UMKM (PLUT KUMKM)...

Dinas LH Kabupaten Asahan Gelar Halal Bihalal

ASAHAN, SMNNews.co.id - Untuk mempererat tali silaturahmi Keluarga Besar Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Asahan menggelar Halal Bihalal dengan seluruh ASN dan Non ASN...