HomeBERITABupati Blitar Laksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Administrator dan Jabatan Pengawas...

Bupati Blitar Laksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Administrator dan Jabatan Pengawas di Lingkup Pemerintah Kabupaten Blitar

Bupati Blitar Rini Syarifah saat melaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Administrator dan jabatan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar.

BLITAR, SMNNews.co.id – Bupati Blitar Rini Syarifah melaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Administrator dan jabatan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar, Kamis (21/03/2024) malam di Pendopo Ronggo HadiNegoro (RHN).

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Saudara Staf Ahli, Asisten dan Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar dan Para Pejabat yang baru saja dilantik dan diambil sumpah janjinya.

Bupati Blitar Rini Syarifah dalam sambutanya menyampaikan, Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Blitar saya menyampaikan selamat kepada Bapak/Ibu yang baru saja diambil sumpah dan janjinya. Semoga, Bapak/Ibu bisa mengemban amanah ini dengan penuh tanggungjawab, saling mendukung, bersinergi dalam mewujudkan visi Kabupaten Blitar Yang Mandiri dan Sejahtera Berlandaskan Akhlak Mulia, Baldatun, Toyyibatun, Warobbun Ghofur.

“Pelantikan dan pengambilan sumpah pada hari ini cukup istimewa karena tepat pada puasa Ramadan hari ke-10. Untuk itu saya berharap menjadi momentum penting bagi kita semua untuk semakin mengukuhkan diri sebagai abdi negara, pelayan masyarakat. Khusus bagi panjenengan yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya, jadikan hari ini sebagai catatan sejarah, catatan bahwa panjenengan akan melakukan hal-hal yang bukan biasa-biasa saja, namun luar biasa. Jadilah pemimpin yang selalu menjadi trendsetter untuk staf maupun rekan sejawat karena inovasi, kebijakan dan kompetensi yang saudara miliki,” kata Rini Syarifah dalam mengawali sambutanya.

Lanjutnya, harapan sekaligus pesan saya sama dengan harapan dan pesan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa, tugas pemerintah bukan hanya membuat dan melaksanakan kebijakan, tetapi tugas pemerintah adalah membuat masyarakat menikmati pelayanan, menikmati pembangunan. Saya ingin birokrasi tidak berkutat pada proses namun hasil. Pastikan kita dalam melaksanakan tugas sudah making delivered yang artinya seluruh program/kegiatan yang telah kita rencanakan telah sampai dan bermanfaat untuk masyarakat.

Bupati Blitar Rini Syarifah saat meberikan pesan kepada Jabatan Administrator dan jabatan Pengawas yang baru dilantik.

“Dalam kesempatan ini saya juga menyampaikan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras panjenengan semua yang telah menuntaskan program/kegiatan Tahun 2023. Untuk diketahui bersama bahwa ada peningkatan kinerja cukup siginifan diberbagai bidang pada Tahun 2023. Hal ini juga telah saya sampaikan dihadapan dewan yang terhormat saat Rapat Paripurna Penyampaian Laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Blitar Tahun 2023 pada kemarin malam,” jelasnya.

Dan Berkat kerja gigih panjenengan, Pendapatan Daerah yang ditargetkan sebesar 2 trilyun 481milyar 710juta 428ribu 126rupiah terealisasi 101, 41 % yaitu 2 trilyun 515milyar 747juta 374ribu 72rupiah. Selanjutnya Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Blitar pada tahun 2023 sebesar 72,84 atau naik 0,59 poin dibanding tahun sebelumnya, yang menunjukkan peningkatan. Namun untuk pertumbuhan ekonomi Kabupaten Blitar tahun 2023 hanya sebesar 4,45%, atau mengalami perlambatan dibanding tahun sebelumnya. Kondisi ini juga terjadi di level Provin`1si dan Nasional, dimana laju pertumbuhan ekonomi Jawa Timur melambat dari 5,34% menjadi 4,95% dan Nasional dari 5,31% menjadi 4,05%. Namun demikian, ekonomi kita tahun 2023 tumbuh secara berkualitas. Hal ini tercermin dari pertumbuhan ekonomi yang turut mendorong penurunan pengangguran dan kemiskinan.

“Syukur Alhamdulillah tingkat kemiskinan pada tahun 2023 kembali dapat diturunkan hingga ke level 8,69%. Dengan capaian tersebut, maka angka kemiskinan pada tahun 2023 merupakan yang terendah selama 20 tahun terakhir, dan Kabupaten Blitar merupakan salah satu diantara 4 (empat) kabupaten dengan angka kemiskinan terendah di Jawa Timur. Sementara tingkat kemiskinan ekstrim di Kabupaten Blitar tahun 2023 dapat ditekan dari 0,79% menjadi 0,29% atau turun sebesar 0,5 persen poin atau sejumlah 5.940 jiwa,” ujarnya.

Dari sisi evaluasi reformasi birokrasi, Nilai Indeks Reformasi Birokrasi tahun 2023 sebesar 71,38 dengan predikat BB, atau naik 6,38 poin dibanding tahun sebelumnya. Hasil evaluasi ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Blitar berkomitmen untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik melalui perbaikan yang berkelanjutan. Sementara itu untuk Indeks Sistem Merit naik dari 210,5 ke 272, masuk kategori BAIK dan melampaui target sebesar 230. Bahkan Pemerintah Kabupaten Blitar juga berhasil meningkatkan Nilai Indeks SPBE tahun 2023 dari 2,61 menjadi 3,63 dengan predikat “Sangat Baik”.

” Masih banyak capaian positif yang telah kita lakukan di tahun 2023, termasuk prestasi dan hadirnya berbagai inovasi guna percepatan pelayanan publik. Namun demikian, jangan berpuas diri karena masih banyak pekerjaan rumah yang harus kita tuntaskan. Dengan semangat Huruf Hambangun Praja mari kita tetap seiring sejalan, berkolaborasi agar seluruh pekerjaan rumah bisa tuntas membawa manfaat untuk masyarakat,” pungkas Bupati Blitar Rini Syarifah. (bon)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Polrestabes Surabaya Musnahkan Sabu 40,8 Gram dan Ekstasi  26,019 Butir

SURABAYA, SMNNews.co.id - Polrestabes Surabaya hari ini musnahkan narkotik jenis  sabu seberat 40,890,92 gram dan narkotika jenis ekstasi sebanyak 26,019 butir,  Pemusnahan barang bukti...

Tim TNI-Polri dan Pemda Bongkar Gudang dan Lokasi Penyulingan Minyak Ilegal di Banyuasin dan Muratara

PALEMBANG, SMNNews.co.id - Pembongkaran gudang minyak ilegal dilakukan tim gabungan diwilayah Banyuasin dan Muratara sepanjang, Kamis (16/5/2024). Dikecamatan Suak Tapeh kabupaten Banyuasin, terdapat dua lokasi...

Puluhan Wartawan Blitar Raya Gelar Unjuk Rasa Tolak Draf RUU Penyiaran

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Puluhan wartawan Blitar Raya yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) melakukan aksi unjuk...