HomeBERITABupati Dukung Respon Muhammadiyah Tulungagung Menanggulangi Covid-19

Bupati Dukung Respon Muhammadiyah Tulungagung Menanggulangi Covid-19

Kunjungan Bupati ke Muhammadiyah

Tulungagung, SMNNews.co.id – Pimpinan Muhammadiyah Kabupaten Tulungagung terus tergerak membantu memberantas wabah virus corona (Covid-19) melalui Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) turut serta membantu kebutuhan kesehatan sosial dan ekonomi Dalam rangka membantu program pemerintah, Kamis (23/4).

Terbentuknya MCCC di wilayah Tulungagung, mendapat respon dari pemerintah dan masyarakat. Banyak kegiatan disalurkan kepada warga masyarakat seperti penyemprotan, sosialisasi pencegahan Covid-19, edukasi penggunaan masker, penyerahan alat bantu medis, distribusi sembako, penggalangan donasi masker dan adanya dapur umum Covid-19. Kegiatan ketahanan pangan yang di lakukan Muhammadiyah ini di puji Bupati.

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo menyampaikan terima kasih adanya pos covid yang yang di bentuk MCCC. Hal itu merupakan suara kepedulian kepada warga masyarakat terdampak covid-19.

“Mudah-mudahan bantuan yang diberikan Muhammadiyah dapat membantu meringankan beban masyarakat. Karena ini merupakan kemaslahatan Umat dan patut di contoh. Semoga Allah SWT membalas kebaikan berlipat ganda,” terang Bupati Maryoto Birowo.

Bupati dan pimpinan Muhammadiyah melihat langsung dapur umum covid

 Muhamadiyah akan terus konsisten terhadap spirit filantropi, spirit Al Maun. Kegiatan Sosial bagi Muhammadiyah merupakan bagian integral dari dakwah. Di bulan April dan Mei 2020 akan mentargetkan penggalangan donasi mencapai 2000 paket sembako yang akan dibagikan kepada masyarakat yang terdampak secara ekonomi saat wabah berlangsung.

Adanya dapur umum covid di pos kordinasi (Poskor) di Jalan KH. Agus Salim, dimana program tersebut dilaksanakan seminggu tiga kali dan perharinya diberikan 250 bungkus nasi untuk keperluan warga masyarakat yang berhak menerima.

Ketua Pengurus Daerah Muhamadiyah Tulungagung, dr. Anang Imam Massa Arief, M. Kes menjelaskan, “MCCC ini terbentuk cepat di seluruh Indonesia untuk menghadapi dampak virus corona (Covid-19). Kegiatan amal yang dilkukan adalah untuk menyadarkan masyarakat yang di sebut sadar faktor resiko. Jadi berkumpul itu mengandung penularan penyakit.”

“Pemberian masker pada masyarakat, di susul donasi untuk memberi santunan kepada orang- orang yang terdampak masalah ekonomi seperti kehilangan pekerjaan itu perlu disalurkan.”

“MCCC memberi kontribusi positif dengan adanya dampak covid-19 . Pemberian sembako, APD serta donasi uang sudah tercatat hampir Rp. 32 juta, beras 7 ton, minyak goreng 196 liter, lalu ada bahan pokok sayuran. Selain itu ada donasi berupa daging kambing, hand sanitizer, cairan disinfiktan dan mie instan,” tutur Anang Imam Massa Arief.

Ketua Pengurus Muhammadiyah Covid-19 Command Center ( MCCC) Rijal Abdulloh, S. IP menjelaskan, “Sebagai wujud kepedulian Muhammadiyah kepada masyarakat. Ini sudah terdistribusi di delapan Kecamatan 1113 paket sembako dan sudah melakukan penyemprotan 1.022 titik 19 Kecamatan. Pada bulan ini semua harus diselesaikan. Dalam kegiatan sosial, kondisi krisis dan keterpurukan karena wabah ini, kita harus saling bergotong royong dan saling membantu terhadap sesama.”

“Pendistribusian 700 paket sembako kepada masyarakat di Tulungagung insya Allah di bulan April ini kami sudah bisa membagikan 1000 paket sembako. Peristiwa ini merupakan gerakan sosial yang menakjubkan. Masyarakat bergotong royong untuk berdonasi dan saling bahu membahu untuk bangkit dari krisis ini,” ujar Rijal Abdullah.(Gusty Indh)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Polrestabes Surabaya Musnahkan Sabu 40,8 Gram dan Ekstasi  26,019 Butir

SURABAYA, SMNNews.co.id - Polrestabes Surabaya hari ini musnahkan narkotik jenis  sabu seberat 40,890,92 gram dan narkotika jenis ekstasi sebanyak 26,019 butir,  Pemusnahan barang bukti...

Tim TNI-Polri dan Pemda Bongkar Gudang dan Lokasi Penyulingan Minyak Ilegal di Banyuasin dan Muratara

PALEMBANG, SMNNews.co.id - Pembongkaran gudang minyak ilegal dilakukan tim gabungan diwilayah Banyuasin dan Muratara sepanjang, Kamis (16/5/2024). Dikecamatan Suak Tapeh kabupaten Banyuasin, terdapat dua lokasi...

Puluhan Wartawan Blitar Raya Gelar Unjuk Rasa Tolak Draf RUU Penyiaran

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Puluhan wartawan Blitar Raya yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) melakukan aksi unjuk...