HomeBERITABupati Pasaman Lepas Rombongan Pembawa Pesan Tentang Lingkungan

Bupati Pasaman Lepas Rombongan Pembawa Pesan Tentang Lingkungan

Bupati Pasaman Benny Utama melepas rombongan team l Kick off the Rissing Tide – A Tesonance 2023

PASAMAN, SMNNews.co.id – Kedatangan rombongan team l Kick off the Rissing Tide – A Tesonance 2023, dilaksanakan di perbatasan Sumatera barat dan Sumatera barat tepat nya di Jorong 8 Muaro Cubadak, Nagari Padang Matinggi, Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman, yang disambut langsung oleh Jajaran Personil Kodim 0305 Pasaman, Sub DEMPOM 1/4-4 Pasaman ,Pokes Kodam 1 Bukit barisan, Tim kesehatan Puskesmas Rao, Tim liputan Diskominfo Pasaman , Satpol PP Pasaman, Satlantas polres Pasaman di pimpin langsung oleh Pasi Intel Kodim 0305 Pasaman yang juga menjabat selaku Danramil 05 Rao Lettu INF Mulyadi Jasmar.

Kick off the Rissing Tide – A Tesonance 2023 adalah Tim Pembawa pesan tentang lingkungan yang di gagas dan dibentuk oleh Panglima TNI dalam rangka penyampaian pesan kepada seluruh masyarakat Indonesia tentang pentingnya lingkungan yang harmoni dan bebas dari segala bentuk pencemaran.

Dalam kesempatan tersebut juga hadir, Camat Rao, Wali Nagari Padang Matinggi Muhammad Fauzan dan tokoh, dan Puluhan masyarakat setempat.

Dengan mengendarai Sepeda, Rombongan berangkat dari perbatasan sampai ke Pusat Kota Lubuk Sikaping yang menempuh jarak sepanjang lebih kurang 65 KM, dalam kesempatan tersebut rombongan tersebut juga disambut oleh Dandim 0305/Pasaman Letkol Inf. Putra Negara.

Bupati Pasaman yang diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Yasri Uripsyah, Forkopimda, Pimpinan BUMD, BUMN, yang sebelumya TIM tersebut berangkat dari titik nol pulau sabang pada tanggal 3 september 2023.

Dalam kesempatan tersebut Ketua gerakan Pembawa pesan tentang lingkungan Muriansyah kepada awak media meyampaikan, Gerakan ini untuk mengingatkan bahwa ada hal penting terkait lingkungan yang ada di indonesia saat ini.

Dalam hal ini, untuk jarak tempuh yang dilalui tim ini, mulai dari sabang sampai jakarta sebanyak 3.141 kilo meter.

“Kegiatan ini menunjukan kesungguhan hati kita untuk menyampaikan pesan yaitu stop warisan sampah,” jelas Muriansyah.

“Dimana sepanjang perjalanan ini, kami mendorong adanya kerjasama dari unsur pimpinan daerah yang dipimpin oleh TNI, bekerjasama dengan kepolisian dan juga masyarakat pada umumya,” ungkapnya.

Muriansyah berharap, sepanjang perjalanan dari sabang sampai jakarta, mendorong adanya industri kreatif berbasis daur ulang dapat tumbuh sepanjang rute tersebut, seperti pakaian yang dikenakan tim tersebut merupakan hasil daur ulang sampah plastik yang dikumpulkan tahun kemarin.

“Sedangkan untuk tim pembawa pesan yang dilibatkan sebanyak 7 orang personil, terdiri dari unsur angkatan udara 2 orang , Angkatan laut 2 orang dan Angkatan udara 3 orang, ditambah tim pendukung total ada 28 orang. Guna mendukung gerakan tersebut juga melibatkan kaum muda sebanyak 40 persen yang terdiri dari anak anak yang masih kuliah , dan yang baru saja tamat kuliah, seluruhnya berasal dari tempat yang berbeda, diantaranya ada yang berasal dari Bali, Tulung agung, Malang, Surabaya, Medan dan termasuk berasal dari padang,” jelas Muriansyah.

Muriansyah juga mengatakan, ia dan rombongan sangat terkesan atas penyambutan yang baik dan hangat semenjak mulai dari perbatasan sampai penyambutan di Makodim Pasaman, lain dari itu rasa terima kasih yang dalam, Pemkab Pasaman telah memberikan tempat beristirahat yang baik selama berada di daerah ini, dan ia beraharap semoga kerjasama tetap tetap terjalin dengan pemerintah Kabupaten Pasaman.

Selain itu team Kick off the Rissing Tide – A Tesonance 2023 tersebut juga dilepas keberangkatanya oleh Bupati Pasaman Benny Utama di halaman kediaman Rumah Dinas Bupati Pasaman, Sabtu (16/09/23).

Turut hadir pada kegiatan tersebut Foekopinda, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD dan kegiatan pelepasan team tersebut juga di ikuti oleh ratusan pecinta pesepeda di Pasaman.

Bupati Pasaman Benny Utama dalam arahanya pada kegiatan tersebut menagatakan, Bupati Pasaman atas nama Pemerintah daerah mengucapkan selamat datang di Kabupaten Pasaman pada team Kick off the Rissing Tide – A Tesonance 2023.

Kehadiran seluruh team ke Pasaman merupakan sebuah kebanggaan bagi pemerintah dan masyarakat pasaman, yang selama ini Kebersihan lingkungan Pasaman khususnya Lubuksikaping selalu terjaga.

“Dengan adanya inovasi pengolahan sampah menjadi barang yang bisa di pakai, selain menambah sumber ekonomi bagi masyarakat, juga dapat mengurangi kost transportasi sampah ke pembuangan akhir,” ungkap Benny Utama.

Rute yang ditempuh oleh team Kick off the Rissing Tide – A Tesonance 2023 Melewati Kecamatan Rao, Padang gelugur, Panti, Lubuksikaping, Bonjol, Simpati, dan Tigo Nagari, yang nantinya dilanjutkan ke Kota Padang. (mad)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Tabligh Akbar

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Asahan gelar Tabligh Akbar dalam rangka hari jadi Kabupaten Asahan ke-78 Tahun 2024 bertempat di Mesjid Agung Achmad Bakrie...

Momen Idul Fitri, Kejari Pasaman Gelar Halal Bihalal dan Silaturahmi

PASAMAN, SMNNews.co.id - Momen hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah kali ini, Kejaksaan Negeri Pasaman gelar open house sembari jalin silaturahmi dengan seluruh komponen...

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Bahas Dua Agenda Penting

BLITAR, SMNNews.co.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar menggelar rapat paripurna, bertempat di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Kamis (18/04/2024). Rapat Paripurna yang...