HomeBERITACegah Rokok Ilegal! Satpol PP dan Damkar Blitar Gelar Sosialisasi Undang-undang Tentang...

Cegah Rokok Ilegal! Satpol PP dan Damkar Blitar Gelar Sosialisasi Undang-undang Tentang Cukai Rokok dengan Sholawatan

Satpol PP dan Damkar Blitar menggelar Sosialisasi Undang-undang Tentang Cukai Rokok mengelar Sholawatan dan pengajian

BLITAR, SMNNews.co.id – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Blitar bersama Bea Cukai Blitar menggelar sosialisasi gempur rokok ilegal (rokok polos) atau tanpa pita Cukai dengan mengelar Sholawatan dan pengajian, Jumat (15/09/2023) malam di alun-alun Kanigoro.

Hadari dalam sosialisasi tersebut, Kasat polpp Kabupaten Blitar, Kejaksaan, Bea cukai Kabupaten Blitar, Bupati Blitar, Asisten, Kepala OPD, Camat se-Kabupaten, Danramil Kanigoro, Kapolsek Kanigoro, dan masyarakat yang ikut Sholawatan dan pengajian.

Kegiatan yang didanai dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembaku (DBHCHT) tahun 2023 tersebut untuk mengajak bersama-sama memberantas peredaran rokok ilegal.

Sekitar 300 peserta dari masyarakat di Kabupaten Blitar khususnya para pedagang rokok di wilayah Kanigoro termasuk para pedagang diberikan pengetahuan soal sanksi dan larangan terkait cukai dengan narasumber dari Satpol PP Kabupaten Blitar, Kantor Bea Cukai Blitar dan Kejaksaan Negeri Blitar.

Plt Kepala Satpol PP Kabupaten Blitar, Wahyudi mengatakan, agenda kali ini pihaknya menggelar kegiatan Sholawatan dan pengajian yang dikemas dengan sosialisasi perundang-undangan gempur rokok ilegal yang diikuti peserta dari warga masyarakat kabupaten Blitar.

“Kegiataan seperti ini sangat sangat luar biasa yang datang dan kita mendatangkan kyai dari Jawa Tengah, karena dengan banyaknya yang hadir, maka sosialisasi yang kita gelar berhasil dan bisa mencegah peredaran rokok Ilegal,” jelasya

Wahyudi berharap dengan digelarnya sosialisasi ini pihaknya berharap keberadaan rokok ilegal di Kabupaten Blitar makin berkurang dan ia juga berpesan kepada para pedagang rokok untuk tidak mengedarkan rokok ilegal atau atau rokok tanpa pita cukai.

Menurutnya, kegiatan ini dinilai penting dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya para pedagang rokok terkait peraturan perundang-undangan khususnya di bidang cukai.

“Saya juga berharap kepada masyarakat agar dapat berperan aktif dan turut serta membantu pemerintah dalam upaya pencegahan dan pemberantasan peredaran rokok ilegal,” kata Wahyudi.

Ditambahkannya, peredaran rokok ilegal dapat merugikan penerimaan negara dan mengancam keberlangsungan para pelaku usaha.

“Saya menghimbau kepada peserta sosialisasi, untuk mengikuti kegiatan ini dengan seksama, sehingga informasi bisa diterima dengan baik,” harapnya.

Pihaknya juga mengajak para peserta sosialisasi untuk berpartisipasi dalam menggempur peredaran rokok ilegal di Kabupaten Blitar karena keberadaanya sangat merugikan negara.

“Mari bersama-sama perangi rokok ilegal, sehingga masyarakat dapat mengkonsumsi produk rokok yang terjamin keamanannya, serta hasil cukai rokok masuk kas negara yang manfaatnya kembali untuk pembangunan, sehingga kita rasakan bersama manfaatnya,” pungkas Wahyudi.

Sementara itu, Bupati Blitar Rini Syarifah dalam sambutanya menyampaikan, kami sangat mendukung dengan adanya kegiatan Sosialisasi ketentuan perundang – undangan di bidang Cukai, sekaligus kita akan bersholawat bersama Gus Son dan mendengarkan tausiah dari Gus Muwafiq dan atas kesehatan dan kesempatan yang telah kita terima ini, marilah kita memanjatkan rasa syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa dan semoga berkah sehat senantiasa menyertai kita sehingga kita bisa terus bersilaturahmi dan berbagi ilmu.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Satpol PP dan saudara-saudara dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Pratama Blitar dan seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan malam hari ini. Ini adalah bentuk komitmen kita semua untuk bersholawat dan ngaji bareng sekaligus menyebarkan informasi tentang perundang-undangan tentang cukai,” ucap Bupati Blitar.

Lanjutnya, saya juga menyampaikan terima kasih, sugeng rawuh untuk Gus Son dan Gus Muwafiq yang telah berkenan hadir, mudah-mudahan dengan rawuhnya panjenengan ini, menjadikan kami lebih semangat lagi dalam membaktikan diri pada masyarakat.

“Dan untuk masyarakat yang barangkali saat ini masih menjual dan atau mengkonsumsi rokok yang belum ada pita cukainya segera beralih, pakai yang legal, yang ada pita cukainya. Karena ini salah satu wujud peran serta masyarakat dalam membantu pemerintah melakukan pencegahan dan pemberantasan peredaran barang kena cukai ilegal,” paparnya.

Karena Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 215/PMK.07/2021, penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau atau DBH CHT untuk mendanai program peningkatan kualitas bahan baku, pembinaan lingkungan industri, pembinaan lingkungan sosial, sosialisasi ketentuan di bidang cukai dan pemberantasan barang kena cukai ilegal, dengan prioritas di bidang kesehatan guna mendukung jaminan kesehatan nasional, terutama peningkatan kualitas dan kuantitas layanan kesehatan, dan pemulihan perekonomian daerah.

“Saya menyampaikan apresiasi karena selain kita bisa bermesraan dengan Allah SWT melalui sholawat dan ngaji bareng,informasi tentang cukai bisa kita dapatkan. Termasuk beberapa minggu lalu, melalui gowes bareng gempur rokok illegal, kita dapat sehat dan juga dapat ilmunya.  Sosialisasi juga pernah dikemas dalam hiburan wayangan. Ini juga keren. Jadi manfaat lain yang didapat dari kegiatan sosialisasi tentang cukai yakni sebagai sarana healing, cari hiburan dan mendongkrak perekonomian warga,” pungkas Bupati Blitar Rini Syarifah. (bon)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

PDIP Ngawi Tetap Usung Ony-Antok, Siap Daftar Penjaringan Parpol Lain

NGAWI, SMNNews.co.id - DPC PDIP Ngawi memastikan diri untuk mengusung pasangan petahana Bupati-Wabup Ngawi, Ony Anwar Harsono-Dwi Rianto Jatmiko. "Ini hasil Rakercabsus DPC PDIP Ngawi,...

Tim Kesehatan Puskesmas Arjasa Periksa Kesehatan Perangkat Desa Kemuninglor

JEMBER, SMNNews.co.id - Tim Upaya Kesehatan Kerja Puskesmas Arjasa mendatangi kantor desa Kemuninglor kecamatan Arjasa untuk melakukan pengecekan kesehatan. Tim Kesehatan Puskesmas Arjasa memeriksa...

Bupati Pasaman Buka Olimpiade Olahraga Siswa Nasional

PASAMAN, SMNNews.co.id - Ribuan Siswa dan para kepala sekolah, guru dari berbagai daerah di Kabupaten Pasaman, Padati halaman kantor Bupati Pasaman guna mengikuti pembukaan...