HomeBERITACanangkan Hutan Kota Keren, Walikota Blitar Santoso Ajak Tanami Pohon di Sudut...

Canangkan Hutan Kota Keren, Walikota Blitar Santoso Ajak Tanami Pohon di Sudut Kota dan Tanah Bengkok Kosong

Walikota Santoso bersama dinas kehutanan menanam pohon di tanah bengkok Kelurahan Rembang.

BLITAR, SMNNews.co.id – Walikota Blitar Blitar Santoso memimpin kegiatan tanam pohon di tanah bengkok Kelurahan Rembang Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, Jumat (19/3/2021). Sebagai peringatan Hari Bakti Rimbawan ke 38, walikota mengharapkan ada hutan kota yang keren di Kota Blitar.

Kegiatan tanam pohon bekerjasama dengan Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Malang. Untuk menyosialisasikan pada masyarakat agar menjaga lingkungan dengan rajin menanam pohon.

“Terima kasih pada dinas kehutanan yang menyumbangkan 250 pohon dari berbagai macam jenis tanaman ada kelengkeng, pala, durian dan lain-lain. Harapan saya, setelah ditanam tentu harus dijaga, bagaimana supaya bisa tumbuh tinggi besar. Ini adalah upaya untuk menyeimbangkan lingkungan kita sehingga kebutuhan O2 (oksigen)dan CO2 (karbon dioksida) seimbang,” terang Walikota Santoso.

Santoso menjelaskan bahwa dalam kajian ilmu pohon menghasilkan gas oksigen yang dibutuhkan kelangsungan makhluk hidup lain. Dimana satu pohon bisa memproduksi 1,2 kilogram oksigen perhari yang bisa mencukup bernafas dua orang manusia.

“Hari ini jika kita menanam 250 pohon berarti sudah bertambah oksigen bagi 500 orang. Semakin banyak maka kebutuhan oksigen semakin melimpah dan kita bernafas semakin sejuk dan sehat,” ujarnya.

Santoso mengajak masyarakat untuk lebih memperhatikan lingkungan. Pasalnya wilayah perkotaan yang banyak kendaraan lalu lalang sedang lahannya yang banyak bertransformasi menjadi perindustrian dan pabrik.

“Karena kota lahannya sempit jadi tanam pohon di tanah bengkok kelurahan maupun di tanah kosong lain akan sangat baik. Kita ingin ada hutan kota di sudut-sudut kota sehingga kota bisa adem sejuk, dan tentunya keren,” harapnya.

Tanam pohon bersama itu diikuti pula anggota termuda DPRD Kota Blitar Mohamad Hardita Magdi. Menurutnya tanam pohon ini akan menumbuhkan kecintaan manusia kepada bumi. Dengan begitu pohon yang tumbuh besar nantinya akan menjaga alam sehingga memberikan kesejahteraan bagi manusia di masa depan.

“Menanam pohon adalah menanam kebaikan sekaligus memperbaiki fungsi hutan dan lingkungan hidup. Alam adalah warisan anak cucu agar tetap tersedianya air yang bersih, kualitas udara yang sehat serta kebaikan lainnya, seperti mencegah banjir dan longsor,” jelasnya. (jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Apel Banser dan Ansor Night Run 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Apel Banser dan Ansor Right Run 2024, Sabtu (18/05/2024) di Alun-Alun Kankab Kanigoro. Turut hadir di acara...

Pj. Bupati Pasuruan Pimpin Pelepasan Pemberangkatan 366 Jama’ah Haji

PASURUAN, SMNNews.co.id - Pemerintah Daerah Kabupaten Pasuruan menggelar pemberangkatan para jama'ah haji tahun 1445 Hijiriah/2024 Masehi yang berlangsung dihalaman Kantor Gedung Putih, Komplek perkantoran...

Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman Raih Penghargaan Bergengsi The International Awards 2024

PASAMAN, SMNNews.co.id - Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman Sobeng Suradal, raih penghargaan bergengsi di Ajang The International Awards 2024 di Pulau Dewata Bali, Sabtu (18/5/24). Dalam...