HomeBERITACegah penyebaran DBD! Serma Mugiyanto Himbau Warga untuk Menjaga Kebersihan lingkungan

Cegah penyebaran DBD! Serma Mugiyanto Himbau Warga untuk Menjaga Kebersihan lingkungan

Serma Mugiyanto bersama Kepala Kampung Bumi mengajak masyarakat mengantisipasi penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)

TULANG BAWANG, SMNNews.co.id – Personel Koramil 426-03 Rawajitu, Kodim 0426 Tulang Bawang, Serma Mugiyanto bersama Kepala Kampung Bumi Dipasena Makmur, Kecamatan Rawajitu Timur, Kabupaten Tulang Bawang, Abu mengajak masyarakat mengantisipasi penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Mereka menyambangi kediaman warga kampung setempat untuk memberikan himbauan agar menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya.

“Tujuan kami berkeliling Kampung adalah mengingatkan warga agar dapat membuang sampah pada tempatnya,” terang Serma Mugiyanto, di dampingi kepala Kampung setempat, Sabtu 8 Oktober 2022.

Di musim penghujan seperti yang terjadi saat ini, jelas dia, berbagai jenis penyakit mudah berkembang biak. Terutama penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

“Nyamuk yang menyebabkan penyakit DBD akan mudah berkembang kalau di lingkungan tempat tinggal kita kotor dan terdapat banyak genangan air dibarang bekas yang berserakan di sekitar rumah,” jelasnya.

Babinsa Kampung Bumi Dipasena Makmur, Kecamatan Rawajitu Timur, Kabupaten Tulang Bawang ini mengajak masyarakat melakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan pola gerakan 3 M Plus yakni menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi dan ember air.

Kemudian, menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum dan kendi.

Selanjutnya, memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk yang menularkan demam berdarah.

Plus-nya adalah melakukan pencegahan DBD dengan menaburkan bubuk larvasida atau bubuk abate ditempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk dan kelambu, menanam tanaman pengusir nyamuk serta mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah.

“Ini adalah cara supaya wabah DBD tidak menyebar di lingkungan tempat kita tinggal,” tegas dia. (hendri)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Dinas LH Kabupaten Asahan Gelar Halal Bihalal

ASAHAN, SMNNews.co.id - Untuk mempererat tali silaturahmi Keluarga Besar Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Asahan menggelar Halal Bihalal dengan seluruh ASN dan Non ASN...

Sinergi TNI – Polri, Lakukan Pamturlalin di Pasar Waru Pamekasan Lancar Terkendali

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Hari Kamis adalah hari pasaran di Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan, anggota Polsek dan Koramil Waru tampak lakukan pengamanan dan pengaturan arus...

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...