HomeBERITADampak Covid-19, Ratusan IKM Ngawi Lumpuh

Dampak Covid-19, Ratusan IKM Ngawi Lumpuh

Yusuf Rosyadi, Kepala Disdag Printaker Kabupaten Ngawi.

NGAWI, SMNNews.co.id – Pandemi Covid-19 dan upaya pencegahan penyebarannya, turut memukul berbagai dunia usaha di Kabupaten Ngawi.

Menurut data Dinas Perdagangan, Perindutrian dan Tenaga Kerja (Disdag Printaker) Kabupaten Ngawi, sekitar 976 IKM yang tersebar di 19 kecamatan di wilayah tersebut mulai menghentikan produksi mereka dan banyak pula kontrak ekspor yang dibatalkan pemesanannya.

Salah satu industri rumah tangga yang menghentikan produksinya ada di sentra pembuatan keripik tempe, Dusun Sadang, Deaa Karangtengah Prandon, Kecamatan Ngawi.

“Sekarang hanya melayani pembelian lokal, itu pun tingkat pembelian sudah turun hingga 60 persen,” kata Yusuf Rosyadi, Kepala Disdag Printaker Ngawi.

Selain itu, IKM bidang furniture dan kuliner serta handycraft, juga turut terdampak parah. IKM kayu dari Ngawi memiliki sekitar 14 kontrak ekspor ke luar negeri yang harus batal.

“Kondisi pedagang pasar di Ngawi juga terpengaruh, dari 90 pasar ada 6.673 pedagang dan yang tidak aktif 2.295 orang, kebanyakan dari luar daerah seperti Magetan, Sragen, Bojonegoro atau Cepu,” katanya.

Hal ini juga masih dihadapkan dengan ancaman melonjaknya pengangguran akibat serbuan pemutusan tenaga kerja baik dari Ngawi sendiri maupun dari luar daerah.

“Belum dapat kami rumuskan nanti upaya recovery-nya bagaimana,” keluh Yusuf.

Disdag Printaker Ngawi sendiri, sejak Maret lalu sudah memerintahkan penutupan lima pasar hewan demi mencegah kerumunan orang sebagai bagian mencegah penyebaran Covid-19. (ari)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Dinas LH Kabupaten Asahan Gelar Halal Bihalal

ASAHAN, SMNNews.co.id - Untuk mempererat tali silaturahmi Keluarga Besar Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Asahan menggelar Halal Bihalal dengan seluruh ASN dan Non ASN...

Sinergi TNI – Polri, Lakukan Pamturlalin di Pasar Waru Pamekasan Lancar Terkendali

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Hari Kamis adalah hari pasaran di Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan, anggota Polsek dan Koramil Waru tampak lakukan pengamanan dan pengaturan arus...

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...