HomeBERITADekat Pancaroba, Tim Gabungan di Trenggalek Bersih-Bersih Sungai

Dekat Pancaroba, Tim Gabungan di Trenggalek Bersih-Bersih Sungai

Pelaksanaan kegiatan bersih-bersih sungai yang dilakukan 300 personil gabungan di Sungai Jajar, Trenggalek.

TRENGGALEK, SMNNews.co.id – Memasuki musim pancaroba yakni peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan, personil gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Pemkab Trenggalek serta warga masyarakat melaksanakan giat bersih-bersih sungai tepatnya di sungai Jajar.

Sekitar 300 personil diterjunkan untuk menyusuri sungai  dari hulu hingga hilir untuk membersihkan sampah yang ada untuk selanjutnya diangkut ke tempat pembuangan akhir.

Komandan Kodim 0806 Trenggalek Letkol Inf. Dodik Novianto mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara rutin. Ada sebanyak 300 personil di terjunkan mulai dari TNI, Polri, Pemkab, BPBD serta stakeholder dan warga masyarakat.

Pelaksanaan ini dilakukan dengan harapan bahwa, karena sungai jajar ini merupakan sungai yang strategis dan berdasarkan pengalaman jika masuk di musim penghujan berdampak banjir di sekitar wilayah kelutan maka untuk memperlancar aliran sungai maka dilaksanakanlah bersih sungai ini.

“Dengan melihat kesadaran masyarakat yang masih berkurang, karena terbukti banyaknya sampah yang berada seputaran aliran sungai. Maka dari situ kami berinisiatif mengajak dalam melaksanakan kegiatan bersih sungai,” terang Dandim Dodik, Sabtu (26/10/2019).

Sementara itu Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak menjelaskan, TNI Polri, BPBD dan Pemkab Trenggalek bersama warga masyarakat kali ini melaksanakan kegiatan bersih-bersih sungai mulai dari hulu hingga hilir.

Karena seperti yanh diketahui bersama saat ini sedang mengalami kemaru panjang, namun diperkirakan dalam waktu dekat ini akan terjadi pancaroba yakni peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan.

“Dari peralihan itu biasanya dimusim penghujan akan mengalami peningkatan volume air sehingga akan berdampak terhadap sungai kecil dan sungai sekitarnya. Sebagai antisipasi sebelum terjadinya musim penghujan maka dilaksanakanlah giat kali ini,” terangnya.

Ditambahkan Calvijn, biasanya peningkatan volume air pada musim penghujan akan berdampak terhadap sungai bahkan warga setempat. Selain itu juga ada antisipasi terhadap terjadinya bencana alam tanah longsor, dengan telah menentukan spot pada titik di beberapa wilayah maka hal tersebut akan terus di antisipasi. (jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Peringati Hari Buruh, Ribuan Pekerja Semarakkan Fun Walk Bareng Pj Bupati Jombang

JOMBANG, SMNNews.co.id - Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) disambut meriah di Kabupaten Jombang. Pemerintah Kabupaten Jombang bersama Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Jombang...

Gus Mujib Resmi Mendaftar Cabup Pasuruan

PASURUAN, SMNNews.co.id - Usai Ramdanu dan Sudiono Fauzan yang mendaftar sebagai calon Bupati Pasuruan di Partai Kebangkitan Bangsa. Kal ini giliran KH. Mujib Imron...

Kapolresta Cirebon Resmikan Monumen Udang dari Knalpot yang Tidak Sesuai Spesifikasi Teknis

CIREBON, SMNNews.co.id - Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Sumarni meresmikan monumen udang dari bahan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi tehknis, Selasa (30/4/2024). Kegiatan yang dilaksanakan...