HomeSUARA DAERAHDikukuhkan, FJPI Jatim Siap Tingkatkan Kualitas Jurnalis Perempuan

Dikukuhkan, FJPI Jatim Siap Tingkatkan Kualitas Jurnalis Perempuan

Seminar dan diskusi media bertema “Meliput Pemilu dengan Perspektif Perempuan” di Hotel Four Points Surabaya, Jumat (8/2).

Surabaya, suaramedianasional.co.id – Seminar dan diskusi media bertema “Meliput Pemilu dengan Perspektif Perempuan” di Hotel Four Points Surabaya, Jumat (8/2) berlangsung menarik. Apalagi di tengah acara ini juga disi pengukuhan pengurus Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) cabang Jawa Timur dikukuhkan. Kepengurusan FJPI pun resmi tergenapi 8 cabang dan menurut Ketua Umum FJPI, Uni Lubis, akan semakin dikembangkan di berbagai provinsi lainnya.

Pelantikan ini diwakili oleh 6 pengurus FJPI Jatim yang diketuai oleh Tri Ambarwatie, jurnalis MNC TV. Uni Lubis pada para pengurus yang baru terbentuk memberikan pesan agar perjalanan FJPI dijaga independensinya, termasuk memastikan tidak ada bantuan uang negara baik APBN maupun APBD. “FJPI lahir tidak untuk menumpuk uang, jadi pastikan tidak ada aliran dana APBN maupun APBD kecuali melalui Dewan Pers untuk program. FJPI juga akan meningkatkan kualitas wartawan dengan uji kompetensi. Selain itu tetap ceria dan kompak selalu,” kata Uni Lubis.

Ketua FJPI Jatim, Trie Ambarwati menyatakan, salah satu tugas FJPI adalah terkait pemberdayaan jurnalis dan menyuarakan isu-isu perempuan, Tri juga berharap dapat segera menjalankan program-program bagi para jurnalis perempuan bersama 13 anggota lainnya. “ami harap akan segera melakukan program-program ke berbagai daerah di Jawa Timur,” ungkapnya.
Sementara itu, Bagir Manan Pembina Dewan Pers mengatakan, jurnalis perempuan harus bisa meningkatkan kemampuan dan profesionalismenya sehingga bisa berperan dalam meningkatkan tata kehidupan bernegara. Potensi jurnalis perempuan juga sangat besar sehingga mereka juga berkemungkinan memimpin dalam redaksi newsroom.

Dalam diskusi media ini juga diluncurkan buku pertama terbitan FJPI “Jurnalis Perempuan Meliput Indonesia : 50 Kisah di Balik Berita. Buku ini pengalaman 50 jurnalis perempuan dari seluruh Indonesia selama meliput yang ditulis dalam perspektif perempuan. (ari)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....