HomeBERITAGiat Bersih Desa, Pemdes Tulungrejo Gelar Acara Kirab Seni dan Budaya

Giat Bersih Desa, Pemdes Tulungrejo Gelar Acara Kirab Seni dan Budaya

BLITAR, SMNNews.co.id – Pemdes Tulungrejo menggelar acara Kirab Seni dan Budaya pada hari ini, dengan tema “Rawat dan Ruwat Budaya Jatidiri Desa”. Kepala Desa Tulungrejo, Suwadi, kepada awak media menyampaikan bahwa acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan bersih desa yang dimulai dengan doa bersama dan pertunjukan wayang kemarin, Sabtu (25/05/2024) siang.

Hadir diacara tersebut, Camat Gandusari berserta sekcam, kades Tulungrejserta perangkatnya, BPD Desa Tulungrejo, Danramil Gandusari berserta Anggota, Kapolsek Gandusari berserta Anggota dan panitia kegiatan.

Suwadi menjelaskan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan dan merawat kebudayaan lokal yang menjadi identitas Desa Tulungrejo.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, Desa Tulungrejo semakin maju dan sejahtera. Partisipasi masyarakat yang antusias menunjukkan kebersamaan dan semangat gotong royong yang masih terjaga,” kata Suwadi.

“Acara kirab seni dan budaya kali ini diikuti oleh 27 peserta yang terdiri dari siswa-siswi TK, SD, SMP, dan warga masyarakat se-Desa Tulungrejo. Masing-masing peserta menampilkan berbagai kesenian dan budaya khas Desa, yang menarik perhatian banyak pengunjung. Sepanjang rute kirab, warga berbondong-bondong menyaksikan dan memberikan dukungan kepada para peserta yang tampil dengan penuh semangat dan kreativitas,”ucapnya.

Camat Gandusari, Yuliatiningsih, juga hadir dalam acara tersebut dan memberikan apresiasi tinggi terhadap kegiatan ini.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan kirab seni dan budaya yang diselenggarakan Desa Tulungrejo. Kekompakan warga masyarakatnya sangat terlihat dan hal ini menjadi faktor utama kesuksesan acara ini. Setelah pandemi, kegiatan seperti ini menjadi sangat penting untuk menghidupkan kembali semangat kebersamaan dan memperkuat tali silaturahmi di antara warga,” terang Yuliatiningsih.

Yuliatiningsih juga menekankan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya acara.

“Kami berharap semua pihak dapat saling menjaga keamanan dan ketertiban agar semua berjalan dengan lancar dan sukses. Kegiatan ini bukan hanya sebagai hiburan, tetapi juga sebagai wujud nyata dari pelestarian budaya dan identitas desa,” tambahnya.

Kirab seni dan budaya ini menjadi puncak dari rangkaian acara bersih desa yang telah berlangsung dengan berbagai kegiatan. Dengan diadakannya acara ini, Pemdes Tulungrejo berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya merawat dan melestarikan budaya lokal, serta mendorong kemajuan dan kesejahteraan Desa.

“Antusiasme masyarakat Tulungrejo terlihat jelas dari jumlah partisipasi dan kehadiran warga yang memenuhi sepanjang rute kirab. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi agenda tahunan yang terus didukung oleh seluruh elemen masyarakat Desa Tulungrejo dan sekitarnya,” pungkasnya. (bon)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Agus Sriyanto Mundur dari Komisoner, KPU Ngawi Tunggu Pengganti

NGAWI, SMNNews.co.id - Hanya hitungan hari usai dilantik, Agus Sriyanto anggota Komisioner KPU Ngawi mundur. Sebelumnya, dia disoroti karena melanggar syarat pendaftaran yang menyebut...

Polsek Kertapati Serahkan Hewan Kurban dari Polrestabes Palembang

PALEMBANG, SMNNews.co.id - Menjelang hari raya idul Adha 1445 Hijriah, Polrestabes Palembang melalui Polsek kertapati menyerahkan hewan kurban seekor sapi kepada Pengurus mushola Mujahidin...

Beras Organik Banyuwangi Mampu Pasok 18.000 Supermarket se-Indonesia

BANYUWANGI, SMNNews.co.id - Kualitas beras organik Banyuwangi semakin diminati pasar nasional. Karena banyaknya Permintaan yang cukup tinggi, membuat beras organik Banyuwangi kini tersedia di...