HomeJAWA TIMURMALANG RAYAHari Otonomi Daerah XII Diperingati di Malang

Hari Otonomi Daerah XII Diperingati di Malang

Sekda Kabupaten Malang Didik Budi Muljono saat memberikan sambutan.
Malang, suaramedianasional.co.id – Hari Otonomi Daerah XIII diperingati di Kabupaten Malang dengan sejumlah atraksi meriah.

Menurut Sekretaris Kabupaten Malang, Didik Budi Mulyono, otonomi daerah telah mampu memberikan nuansa baru dalam sistem pemerintahan daerah.

Menurut Didik, muara dari pelaksanaan otonomi daerah adalah terwujudnya kesejahteraan masyarakat melaluhi peningkatan pelayanan, serta partisipasi aktif masyarakat.
“Otonomi juga seharusnya mampu meningkatkan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, ciri khas serta potensi keaneragaman daerah,” ujarnya.
Setidaknya terdapat tiga hal prinsip yang berubah secara dratis setelah perlakuan kebijakan desentralisasi otonomi daerah. Ini misalnya pada demokrasi di daerah, telah menumbuhkembangkan iklim kebebasan berkumpul , berserikat dan mengemukakan pikiran secara terbuka.
Selain itu, dengan desentralisasi yang telah berjalan selama ini , maka berbagai kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat, tidak lagi melaluhi proses panjang dan berbelit belit. tetapi menjadi sangat efesien dan responsif.
Didik  menambahkan, dalam peringatan hari kesiapsiagaan Bencana Nasional Tahun 2019 ini mengambil tema “Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita.” Penanggulangan bencana harus mendorong alam untuk dapat memberikan daya dukung bagi kehidupan guna meminimasir potensi terjadinya bencana alam. Terutama banjir dan tanah longsor yang terjadi karena berkurangnya ruang terbuka hijau dan lingkungan hutan. (yop)
ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Apel Banser dan Ansor Night Run 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Apel Banser dan Ansor Right Run 2024, Sabtu (18/05/2024) di Alun-Alun Kankab Kanigoro. Turut hadir di acara...

Pj. Bupati Pasuruan Pimpin Pelepasan Pemberangkatan 366 Jama’ah Haji

PASURUAN, SMNNews.co.id - Pemerintah Daerah Kabupaten Pasuruan menggelar pemberangkatan para jama'ah haji tahun 1445 Hijiriah/2024 Masehi yang berlangsung dihalaman Kantor Gedung Putih, Komplek perkantoran...

Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman Raih Penghargaan Bergengsi The International Awards 2024

PASAMAN, SMNNews.co.id - Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman Sobeng Suradal, raih penghargaan bergengsi di Ajang The International Awards 2024 di Pulau Dewata Bali, Sabtu (18/5/24). Dalam...