Hari Otonomi Daerah XII Diperingati di Malang

Sekda Kabupaten Malang Didik Budi Muljono saat memberikan sambutan.
Malang, suaramedianasional.co.id – Hari Otonomi Daerah XIII diperingati di Kabupaten Malang dengan sejumlah atraksi meriah.

Menurut Sekretaris Kabupaten Malang, Didik Budi Mulyono, otonomi daerah telah mampu memberikan nuansa baru dalam sistem pemerintahan daerah.

Menurut Didik, muara dari pelaksanaan otonomi daerah adalah terwujudnya kesejahteraan masyarakat melaluhi peningkatan pelayanan, serta partisipasi aktif masyarakat.
“Otonomi juga seharusnya mampu meningkatkan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, ciri khas serta potensi keaneragaman daerah,” ujarnya.
Setidaknya terdapat tiga hal prinsip yang berubah secara dratis setelah perlakuan kebijakan desentralisasi otonomi daerah. Ini misalnya pada demokrasi di daerah, telah menumbuhkembangkan iklim kebebasan berkumpul , berserikat dan mengemukakan pikiran secara terbuka.
Selain itu, dengan desentralisasi yang telah berjalan selama ini , maka berbagai kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat, tidak lagi melaluhi proses panjang dan berbelit belit. tetapi menjadi sangat efesien dan responsif.
Didik  menambahkan, dalam peringatan hari kesiapsiagaan Bencana Nasional Tahun 2019 ini mengambil tema “Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita.” Penanggulangan bencana harus mendorong alam untuk dapat memberikan daya dukung bagi kehidupan guna meminimasir potensi terjadinya bencana alam. Terutama banjir dan tanah longsor yang terjadi karena berkurangnya ruang terbuka hijau dan lingkungan hutan. (yop)