HomeJAWA TIMURBLITARIkut Nyoblos, Netralitas Panitia Dipertanyakan Warga Desa Jugo

Ikut Nyoblos, Netralitas Panitia Dipertanyakan Warga Desa Jugo

Suasana musyawarah di Kantor Desa Jugo.

BLITAR, SMNNews.co.id – Pemerintah Desa Jugo, Kecamatan Kesamben, telah menggelar Pemilihan Kepala Desa Pergantian Antar Waktu (PAW) Senin (22/11/2021), yang dalam pelaksanaannya berjalan lancar tanpa ada kendala. Akan tetapi juga masih menyisakan permasalahan, salah satunya adalah panitia yang mempunyai hak suara dalam kompetisi Pilkades PAW tersebut.

Munir warga Desa Jugo, menyampaikan bahwa masyarakat mempertanyakan terkait bagaimana bisa seorang panitia juga memiliki hak suara. “Harusnya dalam hal ini panitia bersikap netral, hal ini dilakukan untuk menjaga netralitas sebuah kompetisi, karena masih banyak masyarakat yang mampu menjadi panitia pemilihan kepala desa PAW tersebut,” papar Munir.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Jugo, Yusuf Amanto saat dikonfirmasi, Kamis (25/11/2021) menjelaskan bahwa sebelumnya sudah ada musyawarah yang dilakukan oleh BPD. Sehingga menyepakati bahwa Ketua RT, Ketua RW sebagai tokoh formal yang mempunyai hak suara, bisa memberikan hak pilihnya, meskipun menjadi panitia pemilihan kepala desa tersebut.

“Untuk jumlah kepanitiaan ada 7 Orang, akan tetapi yang memiliki hak suara ada 3, dikarenakan ada yang menjabat sebagai ketua RT maupun Ketua RW,” kata Yusuf.

Sementara itu Ketua LSM Gerakan Pembaharuan Indonesia (GPI) Jaka Prasetya menyampaikan bahwa Pilkades PAW di Desa Jugo, Kecamatan Kesamben, pasca pemilihan pasti menimbulkan masalah. Pasalnya, oleh sebagian masyarakat Desa Jugo dianggap cacat pelaksanaan Pilkades PAW tersebut, salah satu contoh adanya panitia Pilkades PAW yang menggunakan hak pilihnya.

“Seharusnya panitia itu sifatnya netral, namun disini panitia memiliki hak untuk memilih, dasar hukum dan peraturannya apa, apabila temuan ini dianggap sesuatu yang melanggar, maka pelaksanaan Pilkades PAW ini harus dibatalkan,” ucap Jaka. (mam)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Dinas LH Kabupaten Asahan Gelar Halal Bihalal

ASAHAN, SMNNews.co.id - Untuk mempererat tali silaturahmi Keluarga Besar Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Asahan menggelar Halal Bihalal dengan seluruh ASN dan Non ASN...

Sinergi TNI – Polri, Lakukan Pamturlalin di Pasar Waru Pamekasan Lancar Terkendali

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Hari Kamis adalah hari pasaran di Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan, anggota Polsek dan Koramil Waru tampak lakukan pengamanan dan pengaturan arus...

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...