HomeBERITAIni Keunggulan Pelayanan CAPD RSUD Bangil!

Ini Keunggulan Pelayanan CAPD RSUD Bangil!

Ruang Hemodialisis RSUD Bangil

PASURUAN, SMNNews.co.id – Rumah Sakit Umum Daerah Bangil terus mengembangkan pelayanan kesehatan yang sejalan dengan komitmen Bupati Pasuruan dalam Visi Kabupaten Pasuruan yaitu “Menuju Kabupaten Pasuruan Yang Sejahtera, Maslahat Dan Berdaya Saing”. Serta sesuai dengan Misi kelima “Meningkatkan Pelayanan Dasar Terutama Pelayanan Kesehatan”.

Hal itu sebagai perwujudan untuk meningkatkan angka harapan hidup juga sebagai daya ungkit pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik. Berikut beberapa pengembangan layanan Kesehatan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Pasuruan, diantaranya adalah pelayanan Bedah Digestif, CAPD, STROKE HOLISTIK, ESWL, Bedah Plastik, Hematologi, Onkologi, JELITA SIAGA, Senin (4/9/23).

Pelayanan CAPD semakin hari jumlah pasien dengan gangguan ginjal terminal yang membutuhkan pelayanan cuci darah semakin meningkat. Daftar antrian pasien yang membutuhkan cuci darah semakin hari semakin meningkat. Saat ini RSUD Bangil sudah mengoperasionalkan sekitar 20 unit mesin Hemodialisa, dalam sehari sekitar 40 pasien dilakukan tindakan cuci darah, belum lagi pasien – pasien baru yang membutuhkan tindakan cito cuci darah untuk kebutuhan life saving/penyelamatan jiwa.

RSUD Bangil sebenarnya masih mampu untuk menambah kapasitas layanan, akan tetapi karena kondisi dimana perizinan operasional mesin HD masih harus sesuai regulasi terkait jumlah tenaga terlatih, dimana saat ini wadah pendidikan untuk tenaga terlatih masih terbatas maka untuk sementara waktu masih dibatasi untuk 20 mesin yang bisa beroperasional.

Menjawab permasalahan masyarakat yang urgen untuk terapi cuci darah yang merupakan terapi wajib bagi pasien dengan gangguan ginjal terminal. Secara bertahap RSUD bangil akan memberikan pelayanan CAPD. CAPD kepanjangan dari Continous Ambulatory Peritoneal Dialysis yaitu metode cuci darah yang dilakukan lewat perut yang dapat dilakukan sendiri oleh pasien. Sehingga dengan CAPD pasien tidak harus melakukan cuci darah di Rumah sakit tiap 2-3 hari sekali tetapi cuci darah akan dilakukan di rumah.

RSUD Bangil akan menyiapkan kebutuhan cairan untuk CAPD dan akan memberikan edukasi serta memonitoring kondisi pasien setiap bulan. Sehingga cakupan pelayanan cuci darah menjadi lebih luas. Pasien dimudahkan dengan menghemat ongkos transportasi, penggunaan obat – obatan lebih sedikit, waktu yang dibutuhkan untuk pertukaran cairan tidak lama jadi pasien bisa beraktivitas seperti biasa.

Kebutuhan Cairan untuk CAPD bisa dilakukan jasa antar ke tempat pasien, sehingga pasien tidak merasa berat membawa cairan dengan jumlah banyak. Pelayanan tersebut dilakukan untuk mendekatkan masyarakat dengan RSUD Bangil, memudahkan akses sehingga pasien merasa nyaman berobat ke RSUD bangil. (an)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Sapa Warganya, Bupati Blitar Hadiri Pagelaran Wayang Kulit Acara Bersih Desa Kotes Gandusari

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menyapa Warganya menghadiri Pagelaran Wayang Kulit dalam acara Bersih Desa Kutes Kecamatan Gandusari, Minggu (19/05/2024) malam di...

Bupati Blitar Ikut Gendurian 200 Tumpeng Acara Haul Eyang Jugo ke-154 di Desa Jugo Kesamben

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah Gendurian 200 tumpeng Acara Haul Eyang Jugo ke-154 Tahun 2024 bersama ribuan Warga, Minggu (19/05/2024) di Padepokan...

TP PKK Kabupaten Asahan Raih Juara 1 Lomba Pilot Project Desa Tanggap dan Tangguh Bencana Peduli Keluarga Berkualitas Tingkat Nasional

ASAHAN, SMNNews.co.id - TP PKK Kabupaten Asahan melalui Desa Sei Silau Barat Kecamatan Setia Janji Kabupaten Asahan berhasil meraih juara 1 Tingkat Nasional pada...