HomeBERITAKeren! Pemkab Jombang Angkat Budaya Lokal Melalui  Event JCC

Keren! Pemkab Jombang Angkat Budaya Lokal Melalui  Event JCC

Pemkab Jombang menggelar parade seni budaya Jombang Culture Carnival

JOMBANG, SMNNews.co.id – Masih dalam suasana peringatan HUT RI ke-78, Pemkab Jombang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, menggelar parade seni budaya Jombang Culture Carnival, Sabtu (02/09/2023) malam.

Meski acara berlangsung malam hari, suasana meriah mewarnai penampilan 18 kelompok yang masing-masing menampilkan sendra tari kolosal sejarah dan budaya kerajaan Jenggala, Dhaha, hingga Majapahit yang menjadi cikal bakal berdirinya Kabupaten Jombang.

Parade seni budaya Jombang Culture Carnival (JCC) dibuka Bupati Jombang Mundjidah Wahab dengan memukul gong sebanyak 3 kali. Berikutnya diikuti penampilan 18 kelompok berkolaborasi dengan tari kolosal dan musik kontemporer. Ratusan peserta terdiri dari unsur sekolah, pemerintah, organisasi massa, dan komunitas di Kabupaten Jombang. Dengan mengenakan baju adat khas Jombangan, para peserta berhasil memukau ribuan penonton yang banyak terkonsentrasi di alun-alun setempat.

Budaya asli Jombang seluruhnya ditampilkan lara peserta. Mulai dari seni Sandur Manduro, wayang topeng Jariduwur, Tradisi Unduh-Unduh, Ogoh-Ogoh, Ludruk, dan Besutan. Bahkan tradisi ritual kungkum sinden juga ditampilkan peserta.

Tak hanya pertunjukan para peserta yang memukau, namun busana adat yang dikenakan peserta juga memikat para penonton.

Ada Yang menarik, pada penampian sejumlah peserta. Yakni menampilkan dua lakon pakem atau cerita asli. Masing-masing cerita patah Kuda Marawangsa serta Wiruncana murca. Dengan latar belakang masa kerajaan Jenggala, Dhaha dan majapahit.

Bupati Jombang Mundjidah Wahab mengapresiasi pagelaran seni budaya JCC yang diselenggarakan Disdikbud setempat.

Disisi lain Pagelaraan seni JCC kali ini memiliki sentuhan yang berbeda. Artinya, acara sengaja dihelat mal hari, agar seluruh panitia dan peserta  JCC bisa fokus beribadah tanpa mengganggu waktu Sholat masing-masing dan tidak akan banyak menelan korban penonton yang sakit karena bila digelar siang hari yang terik.

“Agenda JCC akan jadi kegiatan rutin setiap tahun. Tujuannya untuk mengenalkan kekayaan budaya asli Jombang kepada para generasi muda. Muaranya agar para generasi muda dan khalayak Jombang semakin mencintai seni budaya asli Jombang sebagai warisan  budaya para leluhur yang sarat kearifan lokal,” pungkas Bupati Mundjidah Wahab pada sejumlah awak media. (pj)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Apel Banser dan Ansor Night Run 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Apel Banser dan Ansor Right Run 2024, Sabtu (18/05/2024) di Alun-Alun Kankab Kanigoro. Turut hadir di acara...

Pj. Bupati Pasuruan Pimpin Pelepasan Pemberangkatan 366 Jama’ah Haji

PASURUAN, SMNNews.co.id - Pemerintah Daerah Kabupaten Pasuruan menggelar pemberangkatan para jama'ah haji tahun 1445 Hijiriah/2024 Masehi yang berlangsung dihalaman Kantor Gedung Putih, Komplek perkantoran...

Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman Raih Penghargaan Bergengsi The International Awards 2024

PASAMAN, SMNNews.co.id - Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman Sobeng Suradal, raih penghargaan bergengsi di Ajang The International Awards 2024 di Pulau Dewata Bali, Sabtu (18/5/24). Dalam...