HomeBERITAKapolda Sumsel Gelar Giat Pembinaan Penanggulangan, Pencegahan Radikalisme dan Intoleransi Terhadap PNPP...

Kapolda Sumsel Gelar Giat Pembinaan Penanggulangan, Pencegahan Radikalisme dan Intoleransi Terhadap PNPP TA 2022

Kegiatan Pembinaan Penanggulangan, Pencegahan Radikalisme dan Intoleransi terhadap PNPP TA 2022 Jajaran Polda Sumsel

PALEMBANG, SMNNews.co.id – Kapolda  Sumsel  Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo, S.I.K diwakili Karo SDM Polda Sumsel Kombes Pol. Ucu Kuspriyadi, S.I.K., M.H., M.si, pagi ini membuka Kegiatan Pembinaan Penanggulangan, Pencegahan Radikalisme dan Intoleransi terhadap PNPP TA 2022 Jajaran Polda Sumsel, bertempat di Aula  lantai 7 Gedung Presisi Mapolda Sumsel, Jalan Jenderal Sudirman KM 4 Palembang, Kamis (24/11/2022).

Kombes Pol. Ucu Kuspriyadi mengatakan, kegiatan pembinaan ini sangat penting sebagai bentuk penegasan dan komitmen bersama untuk melawan dan menolak paham radikalisme dan intoleransi yang dapat melemahkan ideologi dan dasar negara. Pancasila adalah dasar negara, falsafah dan pandangan hidup yang melandasi pembangunan politik, ekonomi, sosial, budaya, hukum dan hankam serta segala sikap hidup bangsa indonesia.

“Oleh karena itu, strategisnya pancasila dalam menopang kokohnya NKRI, maka dalam sejarah bangsa indonesia senantiasa muncul berbagai upaya menggoyahkan  persatuan dan kesatuan bangsa dengan ideologi lain.  Namun, sejauh ini seluruh rakyat indonesia tetap berkomitmen teguh untuk berpedoman pada pancasila sehingga berhasil mengamankan NKRI sampai saat ini,” ujarnya.

Baca Juga : Kapolda Sumsel Buka Kegiatan Pelatihan Kehumasan

Hal ini perlu menjadi fokus perhatian kita bersama, karena polri merupakan ujung tombak dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta menjamin tegaknya hukum.

“Untuk itu saya berharap agar pimpinan satker jajaran polda Sumsel dapat meningkatan pengawasan dan melakukan tindakan yang cepat dan tegas terhadap berbagai aktivitas anggota masing-masing yang dapat merongrong kekokohan pancasila dan keutuhan nkri. Sehingga kegiatan seperti ini, merupakan terobosan serta salah satu langkah sistematis melawan berkembangnya pemikiran radikal dan mencegah terorisme di lingkungan polri,” harapnya.

Presiden republik Indonesia Joko widodo yang dalam berbagai kesempatan telah menyampaikan pentingnya antisipasi bangsa terhadap ancaman ketahanan dan keamanan nasional di tengah mudahnya keterbukaan informasi dan akses jaringan komunikasi. Bidang keamanan harus tanggap dan siap menghadapi ancaman siber, menghadapi intoleransi, radikalisme, dan terorisme. Pemahaman-pemahaman intoleransi yang mengarah pada sumbu radikalisme telah menyebar bahkan hingga ke pelosok daerah terpencil.

“Terkait radikalisme, kita ketahui bahwa hal ini tidak saja disebabkan karena kebodohan, kemiskinan atau rasa ketidakadilan dari kelompok tertentu, tetapi sudah masuk ke tataran kaum intelektual. Sekecil apapun gerakan yang mengarah kepada radikalisasi harus kita cegah dan antisipasi agar tidak berkembang dan meluas.  Karena bila hal ini tidak dicegah, akan mempengaruhi berbagai upaya untuk meningkatkan bangsa yang tumbuh lebih maju,” imbuhnya.

Indonesia adalah salah satu negara yang banyak memiliki keberagaman, perbedaan yang beragam seperti suku, ras, etnik, agama, budaya ,bahasa dan adat istiadat. Perbedaan yang dimiliki, sesungguhnya merupakan aset bangsa yang tak ternilai harganya. Hal ini karena tak banyak negara yang memilikinya. Perbedaan bukan justru menjadi sumber konflik, melainkan sebisa mungkin dijadikan tolak kekuatan untuk membangun kehidupan yang harmonis, damai dan penuh toleransi.

Walaupun setiap wni memiliki hak dasar dalam kebebasan berfikir dan bersikap, kebebasan berserikat, berkumpul dan menyatakan pendapat. Tetapi, ketika melakukan kegiatan yang mengarah pada upaya yang mengganggu kepentingan umum, bahkan mengancam keutuhan NKRI, maka kita harus cepat memperingatkan dan bekerja sama dengan aparat yang berwenang untuk melakukan tindakan tegas sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku.

Disinilah peran penting sosialisasi dan pembinaan oleh polri, sebagai langkah preventif agar tidak terjadi ancaman kamtibmas dari segala bentuk radikalisme dan intoleransi.

Baca Juga : Polda Sumsel Gelar Giat Pemeriksaan dan Pengecekan Kendaraan Dinas Bantuan Dari Mabes Polri

“Dalam kesempatan yang baik ini, saya mengajak semua pihak untuk terus berkomitmen dan bekerja secara nyata dengan selalu menebar kebaikan sebagai Wujud nyata Abdi Negara,” tutupnya.

Turut mendampingi Karosdm Polda Sumsel Kombes Pol. Ucu Kuspriyadi, S.I.K., M.H.,M.Si. diantaranya Wadirpolairud Polda Sumsel AKBP Zahrul Bawadi, S.H., M.M.; Kabagwatpers Rosdm Polda Sumsel AKBP Fachruddin Jaya, S.I.K.;D irintelkam Polda Sumsel diwakili Kabaganalis Ditintelkam Polda Sumsel AKBP Iralinsah, S.H(pemateri ke-1)Kabagrenprogar Rorena Polda Sumsel AKBP Mursalin, S.Pd.; Kabagbinops Ditreskrimsus Polda Sumsel AKBP Dwi Utomo, S.E., M.M.; Para narasumber Ketua FKUB Sumsel Drs. Mal An Abdullah, M.Hi. (pemateri ke-2); Wakil sekretaris asosiasi Doktor Ilmu Hukum Indonesia Wilayah Sumsel Dr. Henny Yuningsih, S.H., M.H. (pemateri ke-3); Dan Ketua FKPT Bpk. Ahmad Romi Apriansyah, M.Ag.; Serta Panitia kegiatan Pembinaan Personel Dalam Rangka Penanggulangan dan Pencegahan Radikalisme serta intoleransi bagi PNPP T.A. 2022 Jajaran Polda Sumsel; Dan Peserta Kegiatan Pembinaan Personel Dalam Rangka Penanggulangan dan Pencegahan Radikalisme serta intoleransi bagi PNPP TA 2022 Jajaran Polda Sumsel. (jhoni)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....