HomeBERITAKejaksaan Negeri Ngawi Luncurkan Balai Rehab Napza Adhyaksa

Kejaksaan Negeri Ngawi Luncurkan Balai Rehab Napza Adhyaksa

Peresmian Balai Rehab Napza Adhyaksa Ngawi, Kamis (1/7/2022)

NGAWI, SMNNews.co.id – Kejaksaan Negeri Ngawi meresmikan Balai Rehab Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif (Napza) Adhyaksa, Jumat (1/7/2022).

Balai Rehab ditetapkan berada di shelter Dinas Sosial Ngawi, Jl. Ngawi-Caruban, Desa Karangasri, Kecamatan Ngawi. Fasilitas yang disiapkan adalah sebuah kamar dengan sebuah ranjang susun, yang selama ini memang sudah tersedia di shelter Dinsos Ngawi.

Peresmian Balai Rehab Napza ini juga dihadiri perwakilan Dinas Kesehatan, Polres Ngawi, dan jajaran pejabat teras Kejaksaan Negeri Ngawi.

Kepala Kejaksaan Negeri Ngawi, Budi Raharjo, menyatakan, balai rehab disiapkan untuk menangani penyalahguna, korban dan pengguna Napza.

Pengguna narkoba yang menjadi tersangka juga sebagai pemakai terakhir dengan barang bukti tak lebih dari satu gram dan dalam masa pemakaian sehari.

“Ini merupakan pencanangan dari Kejaksaan Agung, jadi ada rehab medis yang dilakukan di rumah sakit, dan di Ngawi kita sudah siap dalam rehab sosial bagi penyalahguna, pengguna dan korban Napza,” ujar Budi Raharjo.

Budi Raharjo menegaskan, pihaknya akan tetap bekerjasama dengan pihak terkait di Pemerintah Ngawi dalam aktifitas Balai Rehab Napza Adhyaksa. Pasalnya, rehab sosial yang dilakukan bisa berupa pelatihan kerja maupun keterampilan.

“Kasus yang menimpa tersangka juga tak akan sampai ke sidang pengadilan, setelah memenuhi syarat untuk bisa direhab, ketetapan direhab akan diassesment bersama BNN lebih dulu,” janji Budi Raharjo.

Mengenai lamanya rehab akan ditentukan setelah melihat kondisi tersangka. Sedangkan soal daya tampung Balai Rehab Napza Adhyaksa Ngawi yang hanya satu kamar, disesuaikan dengan kasus narkoba di Ngawi yang terhitung kecil yakni berkisar 10 kasus saja per tahun. ***

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Pasaman Terima Penghargaan dari Gubernur Sumbar

PASAMAN, SMNNews.co.id - Sabar AS, Bupati Pasaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), hari ini menghadiri upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Otonomi Daerah XXVIII...

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Hadiri Upacara Bendera pada Peringatan Hardiknas 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Supriyanto hadiri Upacara Bendera pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 yang di laksanakan di Halaman...

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, menjadi inspektur Upacara Bendera pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 yang di laksanakan...