HomeBERITAKetua DPC PDIP Kabupaten Blitar Hadiri Pemberangkatan Kirab Hari Lahir Pancasila

Ketua DPC PDIP Kabupaten Blitar Hadiri Pemberangkatan Kirab Hari Lahir Pancasila

Ketua DPC PDIP Kabupaten Blitar Rijanto saat menghadiri peberangkatkan Kirab Pancasila dan foto Bung Karno di Kampung Pancasila Desa Gaprang Kecamatan Kanigoro

BLITAR, SMNNews.co.id – Peringatan Hari Lahir Pancasila dilakukan untuk menghargai dan menghormati serta mengenang proses perumusan Pancasila yang dilakukan oleh para pendiri bangsa dalam melakukan kemerdekaan, Ketua DPC PDIP Kabupaten Blitar menghadiri pemberangkatan kirab Pancasila dan Poto Bungkarno, Kamis (01/06/2023) di kampung Pancasila Desa Gaprang Kecamatan Kanigoro.

Peringatan Hari Lahir Pancasila menjadi kesempatan untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila di masyarakat. Hal ini menjadi refleksi atas implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, baik secara individu atau sekelompok orang.

Ketua DPC PDIP Rijanto saat ditemui awak media sebelum pemberangkatan kirab Pancasila dan Poto Bungkarno mengatakan, dengan memperingati Hari Lahir Pancasila, masyarakat dapat meningkatkan pemahaman terhadap Pancasila yang menjadi ideologi negara dan nilai-nilai dalam Pancasila dapat diwujudkan dalam tindakan nyata sehingga dapat memajukan bangsa Indonesia.

“Dewan Seni dan Budaya Kabupaten Blitar bekerjasama dengan pemerintah kecamatan Kanigoro mengadakan kirab Gambar Burung Garuda Pancasila dan Poto Bungkarno untuk pertama kalinya di Kabupaten Blitar. Kegiatan pawai berawal dari Museum Makam Bung Karno dan iring iringan pawai berakhir di kantor Bupati Kanigoro,” jelas Rijanto.

Rijanto didampingi Kades Gogo Deso dan Kades Karangsono mengikuti Kirab Pancasila dan foto Bung Karno

“Kami sangat mendukung sekali kegiatan ini bisa memberikan contoh kepada anak muda di Kabupaten Blitar ini, kita Harus mengenang dengan hari lahir Pancasila, dengan diadakan acara kirab Pancasila dan Poto Bungkarno oleh Dewan seni dan Budaya Kabupaten Blitar,” tambahnya.

“Dan sudah tampak masyarakat tampak antusias mengikuti acara kirab Pancasila. Ribuan warga khususnya kecamatan kanigoro tumpah ruah menyaksikan pawai mulai Kantor Desa Gaprang sampai dengan kantor Bupati, semoga kedepannya acara seperti ini dapat dilaksanakan setiap tahun dan lebih meriah lagi,” pesan Rijanto.

Ketua Panitia Kegiatan Tugas Nanggolo Yudho Dili Prasetyono yang juga Kepala Desa Karangsono menyampaikan, alhamdulillah kegiatan berlangsung lancar aman terkendali. Dari pelepasan Kepala Perpus Bung Karno hingga Kampung Pancasila Gaprang, dilanjutkan kirab jalan kaki hingga Pendopo Sasana Adhi Praja semua berjalan aman dan kondusif.

“Acara kirab dan brokohan sangat menarik perhatian masyarakat, terbukti antusiasme masyarakat terlihat hingga ribuan orang memadati jalan dan diikuti langsung oleh beberapa lapisan masyarakat serta budayawan daerah Kabupaten Blitar. Ibarat bayi, setelah lahir kita berikan ucapan syukur dan dalam jawa disebut di brokohi, sama seperti peringatan hari lahirnya Pancasila ini. Dewan Seni dan Budaya serta beberapa Kades yang ada di kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar menginisiasi kegiatan kirab dan brokohan Pancasila bertepatan di hari lahir Pancasila ini,” ucap Bagas. (bon)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Pemkab Asahan Melalui Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan Kirimkan Dua Orang Instruktur ke Padang

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan mengirimkan dua orang Instruktur yang didalam wilayah Kabupaten Asahan untuk menjadi peserta Kompetisi Keterampilan Instruktur...

Dinsos Kabupaten Asahan Ikuti Forum Silaturahmi Karang Taruna se-Sumatera Utara

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pengurus Karang Taruna Kabupaten Asahan dengan antusias menghadiri Forum Silaturahmi Karang Taruna se-Sumatera Utara yang diadakan di Hotel Saka Medan. Forum...

Dinsos Kabupaten Asahan Ikuti Rapat Kegiatan Penanggulangan Kemiskinan Triwulan I di Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pejabat Fungsional pada Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial di Dinas Sosial Kabupaten Asahan menghadiri rapat yang diadakan di Aula E-Planning BAPPEDA...