HomeBERITAKominfo Apresiasi WIR Grup Upaya Promosi Teknologi Metaverse

Kominfo Apresiasi WIR Grup Upaya Promosi Teknologi Metaverse

Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Komunikasi Politik, Philip Gobang saat di acara Indonesia Menuju Era Metaverse oleh WIR Group di Jakarta, Jumat (10/06/2022)

SMNNews.co.id – Ekosistem platform digital menjadi minta penting Pemerintah dalam mewujudkan transformasi digital nasional. Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Komunikasi Politik, Philip Gobang mengapresiasi upaya dari WIR Grup yang berupaya mempromosikan teknologi Metaverse di Indonesia.

“Saya menyampaikan selamat kepada WIR Group. Inilah kesempatan yang penting untuk menyumbangkan gagasan dan langkah-langkah strategis bagi kepentingan bangsa ini,” tuturnya di acara Indonesia Menuju Era Metaverse oleh WIR Group di Jakarta, Jumat (10/06/2022).

Menurut Stafsus Philip Gobang, upaya ekosistem industri digital dalam mempromosikan teknologi Metaverse, tidak terlepas dari perjuangan meletakkan kedaulatan negara di era digital.

“Saat ini, kita sedang memasuki sebuah fase penting dalam perjuangan kedaulatan, yakni kedaulatan digital. Atau kedaulatan di dunia maya yang ditandai dengan: artificial intelligence, virtual reality, augmented reality, dan seterusnya,” jelasnya.

Hadirnya kedaulatan digiral tidak lain untuk memastikan tidak terbentuk koloni-koloni digital baru. Tugas pemerintah dan masyarakat juga harus memastikan ruang-ruang digital digunakan untuk kepentingan bersama.

Tugas kita, memastikan kita berdaulat secara digital demi faedah dan manfaat sebesar-besarnya bagi seluruh anak-bangsa. Sebab, di sinilah juga masa depan kita, masa depan negeri ini,” ujarnya.

Stafsus Menkominfo menilai salah satu bagian dari anak-bangsa yang telah dan sedang ikut dalam langkah perjuangan bersama untuk memastikan kedaulatan digital yakni WIR Group.

“Melalui berbagai proyek metaverse di dalam negeri maupun di berbagai negara, WIR Group sebagai perusahaan teknologi digital anak-bangsa telah menunjukkan kemampuan dan potensi Indonesia di bidang teknologi digital kepada dunia. Jadi, menjaga kedaulatan digital merupakan bagian dari upaya akselerasi transformasi digital nasional,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama PT WIR Asia Tbk Michael Budi mengapresiasi komitmen pemerintah melalui Kementerian Kominfo dalam mendukung perkembangan teknologi Metaverse di Indonesia.

“Terima kasih kepada Kementerian Kominfo yang selalu mendukung perusahaan kami, yang masih belajar dengan segala kekurangannya. Tapi dengan Dengan dukungan dari Kominfo sampai saat ini dan kami akan berjuang terus,” jelasnya.

Michael menjelaskan perjalanan pihaknya dalam menghadirkan teknologi Metaverse di Indonesia, tentu tidak terlepas dari berbagai tantangan.

“Kita tidak pernah menyangka sama sekali bisa berjalan sejauh ini dan mempunyai tujuan yang besar,” jelasnya.

Pihaknya berkomitmen untuk terus bergandengan tangan dan bersama-sama membangun sesuatu yang berbeda untuk Indonesia, yakni dengan mengembangkan ekosistem teknologi digital.

“Kita menghadirkan suatu platform yang bisa kita gunakan untuk data sebenarnya, menangkap objek dari apa yang kita lihat dan yang kita berikan informasi didalamnya,” tandasnya. (*)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Ketua DPC PDIP Kabupaten Blitar Targetkan Hattrick di Pemilu 2024 dengan Penguatan Saksi Militan

BLITAR, SMNNews.co.id - Gerbong Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ketua DPC Drs. Rijanto menyemangati para kader PDIP Kabupaten Blitar untuk bisa kembali merebut kursi...

Bangkit Menuju Endemi, Wakil Wali Kota Blitar Buka Pameran Foto

BLITAR, SMNNews.co.id - Bertempat di Gedung Perpustakaan Proklamator Bung Karno Pameran Foto 'Bangkit Menuju Endemi' dibuka Wakil Wali Kota Blitar Tjuk Tjuk Sunario, dihadiri...

Jalur Alternatif Tawangargo Longsor, Kasat Lantas Polres Batu : Bagi Pengendara yang Hedak ke Kota Batu, Silahkan Ambil Jalur Lain

MALANG, SMNNews.co.id - Hujan yang mengguyur Malang Raya pada sore hari hingga malam hari mengakibatkan jalur alternatif ke Dari Kabupaten Malang menuju Kota Batu...