HomeBERITALestarikan Budaya Lokal, Satgas Yonif 143/TWEJ Gelar Pertandingan Jubi di Papua

Lestarikan Budaya Lokal, Satgas Yonif 143/TWEJ Gelar Pertandingan Jubi di Papua

Satgas Yonif 143/TWEJ bekerjasama dengan Pengurus Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yabanda mengadakan Lomba Jubi atau Panahan Tradisional Khas Papua

PALEMBANG, SMNNews.co.id – Satgas Yonif 143/TWEJ bekerjasama dengan Pengurus Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yabanda mengadakan Lomba Jubi atau Panahan Tradisional Khas Papua dalam rangka Memperingati HUT GKI Ke-168 di Kampung Yabanda, Distrik Yaffi, Kab. Keerom, Papua, Senin (6/02/2023).

Perlombaan yang diikuti perwakilan dari masing – masing Kampung se-Distrik Yaffi memperebutkan hadiah bahan makanan berupa beras 50 kg untuk Juara I, 30 kg untuk Juara II dan 20 kg untuk Juara III.

Dankipur I Satgas Yonif 143/TWEJ Kapten Inf Agus Rahman menjelaskan bahwa, Perlombaan Jubi atau Panahan Tradisional Khas Papua terselenggara atas kerjasama Satgas Yonif 143/TWEJ Pos Yabanda dengan Pengurus Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yabanda untuk mempererat persaudaraan dan melestarikan kebudayaan masyarakat Papua dalam rangka HUT GKI Ke-168.

“Acara ini wujud keeratan TNI dengan pengurus Gereja dalam rangka memeriahkan HUT GKI dan mempererat silaturahmi warga se-Distrik Yaffi,” ungkap Kapten Inf Agus Rahman.

Kegiatan yang dimotori anggota Satgas Pos Yabanda dibawah pimpinan Serda Lutfi Reza yang berkolaborasi dengan pengurus Gereja dan sesepuh Kampung mendapatkan respon yang meriah dari peserta dan masyarakat Distrik Yaffi.

Jubi merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh kaum laki-laki Papua disamping untuk pelindung diri juga sebagai salah satu alat utama dalam berburu guna menenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Disamping untuk meningkatkan kebersamaan dan mempererat silaturahmi Jubi merupakan warisan leluhur yang sampai saat ini masih lestari dalam kehidupan masyarakat,” tambahnya.

Para atlit yang mewakili kampungnya masing-masing berjuang gigih untuk adu strategi dan akurasi memanah dalam memenangkan pertandingan guna menunjukan eksistensi dan kepiawaian dalam keterampilan Jubi atau memanah dan keluar sebagai Juara I Pius, Juara II, Esrom Sauri dan Juara II, Kaif Wafner yang semuanya adalah atlit perwakilan dari Kampung Yabanda .

Sementara itu, Yahya Sauri anggota DPRD Kab. Keerom selaku penanggung jawab lomba mengungkapkan terimakasihnya atas peran serta Satgas Yonif 143/TWEJ Pos Yabanda dalam membantu penyelenggaraan lomba Jubi sebagai olahraga tradisional khas masyarakat Papua.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Pos Yabanda atas semua bantuan yang telah diberikan guna terselenggaranya perlombaan ini banyak hikmah yang kita dapat dalam acara ini yaitu prestasi, kerukunan jemaat, keakraban saling mengenal satu sama lain guna membina persatuan dan kesatuan,” ungkap Yahya Sauri.

Turut hadir menyaksikan perlombaan Jubi adalah Dankipur I Satgas Yonif 143/TWEJ Kapten Inf Agus Rahman, Wadanpos Pospol Yabanda Oberton Pasolang, Anggota DPRD Kab. Keerom Yahya Sauri, Kepala Suku Yusuf Sauri, Sekretaris Kampung Musa Sauri, Tokoh pemuda Bernard dan Yanmanam Pendeta GKI Kampung Yabanda. (jhoni)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Pemkab Pasaman Peduli, Bupati Sabar AS Antarkan Bantuan ke Agam dan Tanah Datar

PASAMAN, SMNNews.co.id - Turut prihatin atas musibah bencana alam alam banjir, golodo dan tanah longsor yang melanda sebagian wilayah Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten...

Bupati Blitar Hadiri HUT ke-143 UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur Tahun 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri puncak Acara HUT ke-143 UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur Tahun 2024, Sabtu (18/05/2024) malam di...

Bupati Blitar Hadiri Apel Banser dan Ansor Night Run 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Apel Banser dan Ansor Right Run 2024, Sabtu (18/05/2024) di Alun-Alun Kankab Kanigoro. Turut hadir di acara...