HomeBERITANew Normal, KPU Lanjutkan Lagi Tahapan Pilkada

New Normal, KPU Lanjutkan Lagi Tahapan Pilkada

Rapid tes dilakukan terhadap komisioner dan kru kantor KPU Ngawi, mengawali kelanjutan pelaksanaan Pilkada. (15/06/2020)

NGAWI, SMNnews.co.id – Tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) dilanjutkan kembali di era new normal, mulai Senin (15/06/2020).

Di Ngawi, hal ini ditandai dengan mencabut surat penonaktifan untuk petugas PPK dan PPS terhitung mulai tanggal tersebut. Sedangkan pelaksanaan pemilihan direncanakan pada 9 Desember 2020 mendatang.

Selain itu juga melaksanakan rapid test untuk semua komisioner dan kru kantor KPU Ngawi. Rapid terhadap komisioner dan staf kantor KPU sendiri berjumlah 39 orang dengan hasil non reaktif.

“Kita siap melanjutkan tahapan pilkada sebab telah ada peraturan KPU RI, namun dengan menerapkan protokoler kesehatan,” ujar Prima Aquiena Sulistyanti, Ketua KPU Ngawi.

Menurut Antik, semua PPK dan PPS yang sudah pernah dilantik, tidak ada yang mundur atau perlu diganti.

Protokoler kesehatan diterapkan mulai dari mencuci tangan dengan sabun, periksa suhu dan wajib masker.

Penyesuaian lain pun dilakukan, misalnya dengan pengurangan kapasitas pemilih di tiap TPS kelak. Hal ini memaksa KPU menambah jumlah TPS dari 1575 menjadi 1800 titik.

Penambahan lainnya, juga mengenai ketentuan kesehatan seperti rapid untuk petugas penyelenggara, menyediakan pelindung diri, serta kelengkapan lain.

“Kami nanti akan berkoordinasi lagi dengan gugus tugas penanganan Covid untuk teknisnya,” ujar Antik, sapaan akrab Ketua KPU ini.

Antik juga menegaskan bahwa di era new normal, tahapan pilkada hanyalah melanjutkan dari yang ditunda.

“Sehingga tahapan yang sudah pernah dilaksanakan tidak diulang. Hanya melanjutkan saja,” ungkap Antik. (ari)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Polres Kota Blitar Gelar Binrohtal untuk Tingkatkan Keimanan Anggotanya

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Pembinaan rohani dan mental atau biasa disingkat Binrohtal yang dilaksanakan Polres Blitar Kota sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas keimanan dan...

Serius Eksplorasi Panas Bumi, Bupati Pasaman Apresiasi PT. MGSu

PASAMAN, SMNNews.co.id - Pekerjaan pendahuluan dan eksplorasi potensi panas bumi di Bonjol, Kabupaten Pasaman yang dilaksanakan PT Medco Geothermal Sumatera (MGSu) yang dianggap serius...

Penyerahan Bantauan Alat Bantu kepada Penyandang Disabilitas yang Dilakukan di Empat Kecamatan Berbeda oleh Bidang Rehabilitasi Sosial

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Asahan menyerahkan bantuan berupa kursi roda, alat bantu dengar, kacamata baca, dan tongkat ketiak kepada...