HomeBERITAODHA, Tanggap Antisipasi Penyebaran Covid-19

ODHA, Tanggap Antisipasi Penyebaran Covid-19

Psikolog, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Tulungagung Ifada Nur Rohmaniah M.Psi.

TULUNGAGUNG, SMNNews.co.id – ODHA adalah orang dengan HIV & AIDS memiliki kondisi imunitas yang menurun (tidak stabil). Pantauan pendamping HIV & AIDS baik manager kasus ataupun Pendamping sebaya, petugas lapangan atau pokok kerja (Pokja).

Hal ini karena ODHA rajin minum Anti Retroviral virus sehingga kondisi kesehatan lebih terjaga dengan baik, Senin (6/4).

Gangguan kecemasan atas Covid-19 yang terjadi pada ODHA yang berkaitan dengan status mereka atas imunitas. Namun hal yang dilakukan jejaring Komisi Penanggulangan AIDS bersama layanan Kesehatan, relawan dan LSM yang concern HIV dan AIDS untuk terus mengingatkan teman-teman ODHA untuk menjaga diri seperti makanan bergizi, cuci tangan memakai sabun dan handsanitizer.

Pemakaian masker diharuskan bila ke layanan kesehatan, baik ke RSUD Iskak, RSI Orpeha ataupun di lima Puskesmas PDP untuk ambil obat ARV ataupun ketika mereka punya keluhan kesehatan yang harus penanganan medis.

Menurut Ifada Nur Rohmaniah, M.Psi., Psikolog, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Daerah Kabupaten Tulungagung, “Apa yang kita pikirkan ada getarannya. Psikologi Energy perlu dipahami dan dilatih dalam situasi seperti ini. Bila kita selalu mengucapkan kata-kata yg baik maka hanya yang baik sajalah yang akan terjadi,” ungkapnya.

“Kita sudah berbicara tentang Virus Corona selama beberapa pekan ini. Sadar kah kita, bahwa kita sudah membuat energi virus ini semakin kuat, sehingga menciptakan getaran negatif yang tak terhitung jumlahnya. Kondisi saat ini perlu diterima dalam self talk kita, seperti kenyataannya. Situasi seperti ini, etika kita menerima kondisi yang ada, sama halnya sudah meminimalisir kecemasan. Yang membuat cemas karena kita makin menganalisa atas apa yang terjadi,” tutur Ifada Nur Rohmaniah. (Gusty Indh).

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....