HomeBERITAPelaku Pemalsu SKCK Diamankan di Mapolres Malang, Polisi Masih Dalami Kasus TPPO

Pelaku Pemalsu SKCK Diamankan di Mapolres Malang, Polisi Masih Dalami Kasus TPPO

4 Pelaku Pemalsu SKCK yang berhasil diamankan Polres Malang

MALANG, SMNNews.co.id – Sindikat pemalsu Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) untuk para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang akan bekerja ke luar negeri , berhasil diungkap oleh Polres Malang.

Jumlah sindikat ini sebanyak 4 orang yang mana mempunyai tugas masing masing diantaranya berinisial TM (35), SA (33), LS (41) dan KH (40), keempat pelaku ini merupakan warga Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang.

Kasi Humas Polres Malang Iptu Ahmad Taufik mengatakan, keempat pelaku ditangkap saat menjalankan aksinya.

Penangkapan keempat sidikat pemalsu SKCK ini bermula saat SA berupaya mengelabuhi petugas kepolisian bagian penerbitan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).

“Dokumen tersebut sedianya akan digunakan sebagai salah syarat kelengkapan untuk pekerja migran yang akan menuju ke Timur Tengah,” kata Taufik.

Saat itu, SA, menunjukkan SKCK palsu kepada petugas dengan maksud untuk memperbaharui dokumen tersebut, ungkap Taufik

“Namun polisi segera mengamankan SA dan meminta keterangannya karena dokumen yang ditunjukkan tidak ada dalam data resmi kepolisian,” lanjutnya

Taufik lebih lanjut menjabarkan dari keterangan SA, polisi kemudian memburu pembuat dan perantara yang menyebarkan dokumen palsu tersebut, dan dalam waktu singkat, tim reserse berhasil mengamankan tiga pelaku lainnya di tempat tinggal masing-masing.

“Dipenangkapan ini polisi berhasil mengamankan 4 buah dokumen SKCK palsu dengan berbagai identitas, termasuk sejumlah barang bukti berupa seperangkat peralatan komputer, mesin printer dan ponsel milik pelaku juga turut diamankan,” imbuhnya.

Dikatakan Taufik, selain memalsukan dokumen SKCK, pelaku juga memalsukan tanda tangan pejabat berwenang.

“Saat ini, penyidik masih melakukan pendalaman, ada dugaan apakah terlibat jaringan TPPO atau tidak masih kita periksa lebih lanjut,” pungkasnya.

Perlu dikatahui saat ini seluruh terduga pelaku dan barang bukti dibawa ke Satreskrim Polres Malang guna proses pemeriksaan lebih lanjut. (yoe)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Polres Pamekasan Gelar Upacara Bendera Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2024

PAMEKASAN, SMNnews.co.id - Polres Pamekasan menggelar Upacara bendera untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional 2024 ke-116 Tahun dengan tema ”Bangkit Untuk Indonesia Emas”, dilapangan upacara...

Bupati Blitar Bersama Petani Tembakau Tanam Tembakau di BPP Kecamatan Kademangan

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah bersama Petani tembakau melaksanakan penanaman Tembakau, di BPP  Kecamatan Kademangan, Senin (20/05/24) pagi. Dalam sambutannya, Bupati Blitar Rini Syarifah...

Ragam Gelar Seni Budaya Warnai HUT Kota Curup ke-144

REJANG LEBONG, SMNNews.co.id - Panggung Utama di Lapangan Dwi Tunggal Kota Curup,Marak dengan berbagai Kegiatan Seni Budaya dalam rangka meriahkan HUT Kota Curup, Kabupaten...