HomeBERITAPelaku Pemalsu SKCK Diamankan di Mapolres Malang, Polisi Masih Dalami Kasus TPPO

Pelaku Pemalsu SKCK Diamankan di Mapolres Malang, Polisi Masih Dalami Kasus TPPO

4 Pelaku Pemalsu SKCK yang berhasil diamankan Polres Malang

MALANG, SMNNews.co.id – Sindikat pemalsu Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) untuk para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang akan bekerja ke luar negeri , berhasil diungkap oleh Polres Malang.

Jumlah sindikat ini sebanyak 4 orang yang mana mempunyai tugas masing masing diantaranya berinisial TM (35), SA (33), LS (41) dan KH (40), keempat pelaku ini merupakan warga Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang.

Kasi Humas Polres Malang Iptu Ahmad Taufik mengatakan, keempat pelaku ditangkap saat menjalankan aksinya.

Penangkapan keempat sidikat pemalsu SKCK ini bermula saat SA berupaya mengelabuhi petugas kepolisian bagian penerbitan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).

“Dokumen tersebut sedianya akan digunakan sebagai salah syarat kelengkapan untuk pekerja migran yang akan menuju ke Timur Tengah,” kata Taufik.

Saat itu, SA, menunjukkan SKCK palsu kepada petugas dengan maksud untuk memperbaharui dokumen tersebut, ungkap Taufik

“Namun polisi segera mengamankan SA dan meminta keterangannya karena dokumen yang ditunjukkan tidak ada dalam data resmi kepolisian,” lanjutnya

Taufik lebih lanjut menjabarkan dari keterangan SA, polisi kemudian memburu pembuat dan perantara yang menyebarkan dokumen palsu tersebut, dan dalam waktu singkat, tim reserse berhasil mengamankan tiga pelaku lainnya di tempat tinggal masing-masing.

“Dipenangkapan ini polisi berhasil mengamankan 4 buah dokumen SKCK palsu dengan berbagai identitas, termasuk sejumlah barang bukti berupa seperangkat peralatan komputer, mesin printer dan ponsel milik pelaku juga turut diamankan,” imbuhnya.

Dikatakan Taufik, selain memalsukan dokumen SKCK, pelaku juga memalsukan tanda tangan pejabat berwenang.

“Saat ini, penyidik masih melakukan pendalaman, ada dugaan apakah terlibat jaringan TPPO atau tidak masih kita periksa lebih lanjut,” pungkasnya.

Perlu dikatahui saat ini seluruh terduga pelaku dan barang bukti dibawa ke Satreskrim Polres Malang guna proses pemeriksaan lebih lanjut. (yoe)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Warga Perumahan Tanjung Sari Regency Kota Blitar Laksanakan Kurban Sapi dan Kambing di Masjid Miftahul Huda

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Pada hari raya Idul Adha tahun 2024, warga Perumahan Tanjung Sari Regency, Kota Blitar, melaksanakan kegiatan korban dengan menyumbangkan hewan...

Agus Sriyanto Mundur dari Komisoner, KPU Ngawi Tunggu Pengganti

NGAWI, SMNNews.co.id - Hanya hitungan hari usai dilantik, Agus Sriyanto anggota Komisioner KPU Ngawi mundur. Sebelumnya, dia disoroti karena melanggar syarat pendaftaran yang menyebut...

Hari Raya Idul Adha, Pemkab Blitar Bagikan 11 Ekor Sapi Kurban ke 6 Kecamatan

BLITAR, SMNNews.co.id - Memperingati hari raya Idhul Adha 1445 h 2024 masehi Pemkab Blitar membagikan 11 ekor sapi ke 4 kecamatan, dari 11 ekor...