HomeBERITAPemdes Gaprang Gelar Carnival 2023 dan Diikuti Seni, Budaya, Hasil Bumi dan...

Pemdes Gaprang Gelar Carnival 2023 dan Diikuti Seni, Budaya, Hasil Bumi dan Bhinekaan

Pemdes Gaprang Gelar Carnival 2023 dan diikut Seni, budaya, Hasil bumi dan kebhinekaan

BLITAR, SMNNews.co.id – Dalam rangka menyambut HUT RI yang ke-78 dan memperingati Hari jadi Kabupaten Blitar ke-699, Pemerintah Desa Gaprang Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar menggelar Gaprang Carnival 2023, Minggu (27/08/2023).

Gaprang Carnival 2023 ini lain dari beberapa karnaval yang banyak saat digelar, disini ditonjolkan seni dan budayanya, jadi kretifitas dari masing-masing peserta benar-benar mereka tunjukan.

“Karnaval ini baru pertama kali diadakan di Desa Gaprang, Karnaval dengan nama Gaprang Carnival 2023 ini bukan hanya hura-hura, namun setiap peserta Gaprang Carnival 2023 Karnaval harus ada temanya,” ucap Kades Gaprang Asharul Fahruda.

Kades Gaprang Asharul Fahruda juga mengatakan, pertama temanya terkait kebhinekaan, lalu profesi, budaya dan hasil bumi itu 5 tema yang merupakan syarat wajib bagi peserta Gaprang Carnival 2023 ini.

Karena, lanjutnya, semua peserta itu nanti dinilai oleh dewan juri yang beranggotakan dari Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Blitar, dari Dinas Pendidikan dan juga ada dari Seniman.

“Peserta yang dinilai itu ada 34 RT karena Desa Gaprang ini ada 34 RT, 12 RW dan semuanya wajib ikut serta berpartisipasi selain itu juga ada peserta yang dari instansi jadi peserta Karnaval ini berjumlah 49 peserta,” jelas Kades Gaprang Asharul Fahruda.

Kepala Desa Gaprang menerima bunga dari peserta carnival 2023 dan ikut serta joget dengan Perseta Carnival 2023

Kades Gaprang Asharul Fahruda katakan, dirinya patut berbangga dan sangat mengapresiasi kepada para peserta dari lingkungan RT di Desa Gaprang karena untuk menyiapkan karnaval ini mereka membutuhkan biaya yang tidak sedikit, saya dengar biayanya mencapai 10 juta sampai 15 juta dan ini hasil dari swadaya masyarakat sendiri urun rembuk, mereka bergotong royong.

“Karena di masing-masing RT di Desa Gaprang setiap bulan itu ada iuran RT untuk kas RT biasa mereka memakai metode seperti jepitan per hari Rp 500 rupiah ada yang per Bulan Rp 15.000 dan Alhamdulillah mereka semua warga masyarakat Desa Gaprang semangat semua, saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak RT dan RW yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Gaprang Carnival 2023 ini,” ujar Kades Gaprang Asharul Fahruda.

Kades Gaprang Asharul Fahruda berharap kedepannya seluruh Ketua RT dan Ketua RW tetap semangat dalam mengikuti kegiatan-kegiatan Desa terutama untuk peringatan HUT RI yang Ke 79 nanti di 2024.

“Tetap semangat jaga persatuan dan kesatuan dan ikuti aturan-aturan yang berlaku terutama terkait sound sistem kalau ada pembatasan kita ikuti aturannya juga rute kita harus ikuti rute dari panitia pelaksana,” Pungkas Kades Gaprang Asharul Fahruda. (bon)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

PT. Pupuk Indonesia Gelar “PI Menyapa” di Kabupaten Indramayu

INDRAMAYU, SMNNews.co.id - Dialog langsung dengan petani dan tebus pupuk bersama, digelar oleh PT. Pupuk Indonesia (Persero), dalam program "PI Menyapa" di aula kantor...

Tingkatkan Kapasitas, Bendahara OPD di Lingkup Pemkot Batu Ikuti Program Pengabdian Masyarakat FIA UI

KOTA BATU, SMNNews.co.id  – Pemerintah Kota Batu turut berpartispasi dalam program Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan oleh Departemen Administrasi Fiskal Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia...

Bupati Blitar Hadiri Acara Petik Laut di Pantai Jolosutro Desa Ringinrejo Wates

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri acara Petik Laut di Pantai Jolosutro Desa Ringinrejo kecamatan Wates Blitar, Kamis (18/07/2024). Turut hadir dalam acara...