HomeBERITAPenghargaan Kota Sehat Swasti Saba Kota Blitar Terbantu dengan DBHCHT

Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Kota Blitar Terbantu dengan DBHCHT

Wakil Walikota Blitar Tjutjuk Sunario, saat mengikuti peanugrahan pengharagaan Swasti Saba.

BLITAR, SMNNews.co.id –  Kota Blitar patut berbangga dengan beberapa prestasi yang di raih di masa pandemi seperti sekarang. Penghargaan Swasti Saba kali ini di berikan oleh Menteri Kesehatan kepada Kota atau Kabupaten yang dianggap sehat dan bersih. Penghargaan tersebut di berikan pada hari, Rabu (17/11/2021).

Wakil Walikota Blitar Tjutjuk Sunario mengatakan, penghargaan Swasti Saba dengan kategori Wistara ini merupakan penghargaan kota bersih tertinggi yang di berikan oleh Menteri Kesehatan pada Kota Blitar. Dia juga menambahkan, peran sokongan dana dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) berperan penting bagi terwujudnya kota sehat dan pemenuhan infrastruktur pada bidang kesehatan seperti sekarang.

“Keberhasilan terciptanya kota bersih, kota sehat ini tidak hanya peran serta dari pimpinan saja, tetapi juga masyarakat Kota Blitar juga ikut berperan penting di dalamnya. Tentunya DBHCHT juga memiliki peran dalam membantu memberikan sokongan dana dalam bidang kesehatan,” ungkap Wawali Tjutjuk Sunario.

Dia menambahkan, pemerintah kota sangat mengoptimalkan anggaran DBHCHT tersebut. Dana anggaran itu di alokasikan di berbagai bidang salah satunya pada bidang kesehatan. Sepeti pengadaan alat pada rumah sakit dan bantuan iuran BPJS Kesehatan bagi warga kurang mampu.

“Tentunya jika kita tetap mengandalkan Dana Alokasi Umum (DAU) segala pembangunan pada bidang kesehatan akan tidak mencukupi. Karena adanya alokasi anggaran dari DBHCHT hasil cukai rokok ini, sangat membantu program-program lainnya,” Jelasnya.

Dia juga mengapresiasi peran masyarakat Kota Blitar yang sangat taat dan teratur dalam menjaga kesehatan, yang di tandai dengan penurunan level Kota Blitar menjadi level-1.

Wawali Tjutjuk juga mengharapkan untuk masyarakat Kota Blitar, agar selalu menjaga kesehatan dan hidup bersih, tidak hanya waktu masa pandemi saja melainkan seterusnya jika bisa sampai pandemi Covid-19 ini tuntas. (adv)

Penulis: Dani Elang Sakti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

BERITA LAINYA

Bupati Pasaman Lepas Lomba Gerak Jalan Santai

PASAMAN, SMNNews.co.id - Bupati Pasaman H. Benny Utama diserbu ribuan murid SD, Sabtu (13/8) pagi di halaman Kantor Bupati Pasaman. Telapak tangan bupati sempat...