HomeLIFESTYLEPeran RSUD Jombang dalam Peningkatan Kesadaran dan Kesehatan Jantung

Peran RSUD Jombang dalam Peningkatan Kesadaran dan Kesehatan Jantung

Humas RSUD Jombang menyapa bersama dr. Ririn Faujiah, Sp.JP.,FIHA dari Poli Jantung RSUD Jombang dengan tema “Penyakit Jantung di Usia Muda”

JOMBANG, SMNNews.co.id – Penyakit jantung kebanyakan menyerang kelompok usia lanjut, namun kini mulai mengancam kelompok usia yang lebih muda. Melalui humas RSUD Menyapa bersama narasumber dr. Ririn Faujiah, Sp.JP.,FIHA dari Poli Jantung RSUD Jombang dengan tema “Penyakit Jantung di Usia Muda”, Jum’at (19/5/2023).

dr. Ririn Faujiah menyampaikan secara umum penyakit jantung diidentikkan menyerang usia lanjut, tetapi data yang didapat pada poli jantung ada peningkatan di kelompok usia produktif/muda.

“Penyakit jantung tidak hanya menyerang usia lanjut tetapi berdasarkan riskesdas 2013 prevalensi penyakit jantung koroner dan gagal jantung pada kelompok usia produktif (15-64 tahun) sekitar 3,33%. Sementara itu, riskesdas 2018 menunjukkan prevelensi diusia sama mencapai 9,1%. Hal ini meningkatkan tiga kali lipat,” ungkap dr. Ririn Faujiah.

Alasan apa penyebab penyakit jantung di usia muda? Alasan utama adalah karena gaya hidup yang tidak sehat, selain itu juga bisa dipicu oleh kondisi medis seperti hipertensi, diabetes dan kolesterol tinggi.

“Usia memang menjadi salah satu faktor resiko serangan jantung, selain itu juga adalah faktor tekanan darahnya tinggi, diabetes, kadar kolesterolnya tinggi, obesitas, pola makan yang tidak sehat, perokok, jarang olahraga, konsumsi alkohol, dan sering stres, ” imbuhnya.

Serangan jantung terjadi tatkala pembuluh darah koroner yang memberikan suplai darah ke otot jantung tidak bekerja secara efektif, karenanya penting untuk mengetahui seperti apa gejala jantung di usia muda khususnya. Gejala serangan jantung pada usia muda seperti: napas pendek, mudah merasa lelah, nyeri dada, dan keingat dingin. Serangan jantung pada usia muda kerap kali tak terduga, orang yang tampaknya sehat-sehat saja sebelumnya bisa tiba-tiba kolaps akibat masalah jantung.

dr. Ririn menambahkan bagi perempuan ada gejala yang berbeda, kebanyakan tidak merasa nyeri di dada sama sekali, gejalanya seperti napas pendek, nyeri perut bagian bawah, dan punggung seperti tertekan bahkan ada gejala seperti mual dan muntah disertai pusing.

“Yang harus dilakukan jika usia muda kena serangan jantung yaitu jika merasa ada gejala seperti uraian tadi segera datang ke faskes atau rumah sakit ke poli jantung untuk berkonsultasi, jalani pola hidup sehat, hindari rokok, kontrol tekanan darah, jaga kolesterol kendalikan stres, dan yang utama jika bisa cek kesehatan secara rutin. RSUD Jombang melalui layanan poli jantung yang buka setiap jam kerja Senin-kamis pukul 07.30 sampai 12.30 WIB. Untuk hari Jum’at pukul 07.30 sampai 11.00 WIB, selain konsultasi juga ada pelayanan instalasi poli jantung di RSUD Jombang,yaitu Kateterisasi jantung dilakukan untuk mendiagnosis dan mengobati berbagai masalah pada jantung. Prosedur ini aman dilakukan dan jarang menimbulkan komplikasi. Meski demikian, ada beberapa risiko yang dapat terjadi akibat kateterisasi jantung. Kateterisasi jantung adalah prosedur yang dilakukan dengan cara memasukkan selang panjang atau kateter ke dalam pembuluh darah yang kemudian diarahkan ke jantung. Metode pemeriksaan dan pengobatan ini dilakukan oleh dokter spesialis jantung dengan keahlian khusus yaitu intervensi,” pungkasnya. (pj)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Dinas LH Kabupaten Asahan Gelar Halal Bihalal

ASAHAN, SMNNews.co.id - Untuk mempererat tali silaturahmi Keluarga Besar Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Asahan menggelar Halal Bihalal dengan seluruh ASN dan Non ASN...

Sinergi TNI – Polri, Lakukan Pamturlalin di Pasar Waru Pamekasan Lancar Terkendali

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Hari Kamis adalah hari pasaran di Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan, anggota Polsek dan Koramil Waru tampak lakukan pengamanan dan pengaturan arus...

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...