HomeJAWA TIMURNGAWIPerkim Putus Kontrak Proyek Pavingisasi Rp 1,2 M

Perkim Putus Kontrak Proyek Pavingisasi Rp 1,2 M

Purwono, Kadin Perkim Ngawi.
Ngawi, suaramedianasional.co.id – Semakin banyak torehan proyek tidak beres sisa tahun 2018 lalu. Selain putus kontrak untuk proyek Taman Sukowati yang ditangani Dinas Lingkungan Hidup, ternyata Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman juga melakukan langkah serupa.
Ironisnya proyek putus kontrak ini terjadi untuk pavingisasi, sebuah pekerjaan infrastruktur yang sering dipandang masyarakat awam sebagai pekerjaan yang tidak rumit. “Kita putuskan kontrak karena sampai masa jatuh tempo tidak selesai yakni 24 Desember dan menjanjikan akan selesai 27 Desember 2018, ternyata tetap tidak bisa menuntaskan,” ujar Purwono, Kepala Dinas Perkim Ngawi.
Proyek pavingisasi itu sendiri bersumber dana APBD 2018 sebesar Rp 1,2 M lebih. Diakui oleh Purwono, uang muka sebesar 30 persen sudah dikucurkan sejak awal pekerjaan. Pelaksana proyek yaitu CV. Baladewa juga memberikan bank garansi. “Sampai kami break contract itu, progress pekerjaan mencapai 60 persen,” ujar Purwono.
Dinas Perkim akhirnya memutuskan kontrak dan hanya membayar pekerjaan sesuai yang dilakukan pelaksana. Diakui pula, ada sanggahan dan pernyataan tidak terima dari pelaksana proyek. “Namun kami juga temukan beberapa hal yang tidak jujur, misalnya soal surat keterangan terampil (SKT) untuk mandor, janji penyelesaian dan sebagainya,” ungkap Purwono.
Pemutusan kontrak itu juga dilakukan Dinas Perkim setelah konsultasi dan atas saran Tim Pengawal, Pengaman, Pemerintah dan Pengaman Daerah (TP4D).
Adanya pemutusan kontrak ini menurut Purwono, juga sudah dia usulkan untuk segera ditindaklanjuti dengan black list atas nama perusahaan pelaksananya. “Sedangkan penyempurnaan proyeknya akan kita lanjutkan saat perubahan APBD 2019,” pungkas Purwono. (ari)
ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Dinas LH Kabupaten Asahan Gelar Halal Bihalal

ASAHAN, SMNNews.co.id - Untuk mempererat tali silaturahmi Keluarga Besar Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Asahan menggelar Halal Bihalal dengan seluruh ASN dan Non ASN...

Sinergi TNI – Polri, Lakukan Pamturlalin di Pasar Waru Pamekasan Lancar Terkendali

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Hari Kamis adalah hari pasaran di Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan, anggota Polsek dan Koramil Waru tampak lakukan pengamanan dan pengaturan arus...

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...