HomeBERITAPHDI Parimo Helat Dharma Santi Nyepi Tahun Caka 1945, Bupati Samsurizal Turut...

PHDI Parimo Helat Dharma Santi Nyepi Tahun Caka 1945, Bupati Samsurizal Turut Hadir

Bupati Parigi Moutong H. Samsurizal Tombolotutu saat menghadiri perayaan Dharma Santi nyepi tahun caka 1945 usai Hari Raya nyepi tahun 2023 yang digelar PHDI Parimo

PARIGI MOUTONG, SMNNews.co.id – Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) kabupaten Parigi Moutong (Parimo) laksanakan Dharma Santi nyepi tahun caka 1945 usai Hari Raya nyepi tahun 2023. Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Bupati Parigi Moutong H. Samsurizal Tombolotutu.

Kedatangan Bupati Samsurizal Tombolotutu disambut langsung oleh Ketua Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kab. Parigi Moutong Leli Pariani serta Ketua PHDI Parigi Moutong I made Yastina dengan Penyambutan Sloka diAula Sekolah SMP dan SMA Saraswati desa Tolai Kecamatan Torue, Minggu (9/4/2023).

Laporan Ketua Panitia I komang Winarta menyampaikan kegiatan Dharma Santi nyepi tahun caka 1945 mengusung tema yaitu melalui Dharma Agama dan Dharma Negara kita sukseskan pesta Demokrasi Indonesia, dengan Tujuan adalah untuk selalu menjalin silaturahmi antar sesama umat dan antara umat beragama dalam rangkaian perayaan hari Suci nyepi tahun baru Caka 1945.

I Komang melaporkan kegiatan ini dihadiri sebanyak 580 orang yang tergabung dalam undangan unsur pemerintah Daerah, Lembaga lembaga Keumatan, Organisasi masyarakat pemuda dan Wanita, Tokoh adat serta masyarakat.

Sambutan Bupati Parigi Moutong disampaikan oleh Asisten III Administrasi Umum Aswini Dimple mengatakan atas nama pribadi dan pemerintah mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi dan selamat menjalankan dan merayakan Dharma Santi nyepi tahun caka 1945 tahun 2023 bagi seluruh umat Hindu khususnya diparimo.

Kegiatan ini menurutnya dilaksanakan tentu sesuai dengan nilai nilai hari suci nyepi diantaranya mampu mengendalikan seluruh hawa nafsu dengan fokus pada instropeksi diri menghindari keramaian dan fokus untuk merasakan kedamaian dan kesucian hati sehingga memberikan kesempatan agar lebih dekat dengan sang pencipta tuhan maha esa.

Dharma santi merupakan rangkaian terakhir dari perayaan nyepi, kegiatan ini juga tentu merupakan suatu ajaran untuk mewujudkan kerukunan antar umat beragama dengan cara saling maaf memaafkan.

Aswini dimple mengajak seluruh umat beragama agar tidak terpecah belah, tetap guyub rukun dan menjaga kebhinekaan.

“Jika sudah guyub rukun saya yakin akan hidup tentram dalam melakukan aktifitas,” harapnya.

Aswini dimple mengajak melalui momentum Dharma Santi nyepi tahun ini bisa menjaga keberagaman dan kerukunan agar kab.parigi moutong tetap kondusif, serta bisa menjadi perekat persaudaraan, toleransi dan budi pekerti yang luhur.

Kegiatan ini juga dihadiri,Kepala Kantor Kementrian agama, Wakil Ketua I DPRD Faisan Badja, Ketua PHDI Prov.Sulteng I Wayan Sudiana, Ketua Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kab.Parigi Moutong Leli Pariani, Ketua PHDI Parigij Moutong I made Yastina, Ketua FKUB dan FKMK abd.Rajab Pokay, Magau Parigi. (db)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Antisipasi Kejahatan Jalanan dan Balap Liar, Polres Pamekasan Gelar Patroli Gabungan

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Kepolisian Resor Pamekasan Jawa Timur kembali melaksanakan patroli sekala besar untuk mengantisipasi potensi terjadinya Harkamtibmas di Wilayah Hukum Polres Pamekasan. “Kita melaksanakan...

Bupati Blitar Buka Kejuaraan Karate Piala Bupati Tingkat Pelajar se-Blitar Raya Tahun 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah membuka Kejuaraan Karate Piala Bupati Tingkat pelajar se-Blitar Raya Tahun 2024, Sabtu (11/05/2024) di Gedung Serba Guna...

SPI Kabupaten Indramayu Gelar Diskusi POKTAN dan Gapoktan KTNA di Kecamatan Sindang

INDRAMAYU, SMNNews.co.id - Sebagai upaya perbaikan dan perkembangan pertanian di wilayah Desa Sindang, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Ketua Serikat Petani Indonesia Kabupaten Indramayu Try...