HomeBERITATandatangani Kerjasama Pasokan Beras, Anies Baswedan-Khofifah Kompak ke Ngawi

Tandatangani Kerjasama Pasokan Beras, Anies Baswedan-Khofifah Kompak ke Ngawi

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, bersama Gubernur Jatim Khofidah Indar Parawansa, saat datang ke Ngawi, Minggu (25/4/2021).

NGAWI, SMNNews.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menandatangani kerjasama dengan Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono, untuk pasokan beras ke ibukota, Minggu (254/2021).

Kerjasama itu juga dilakukan BUMD DKI Jakarta yaitu PT. Food Station Tjipinang Jaya dengan PT. Daya Tani Sembada dan Kelompok Tani Sido Rukun.

Penandatanganan itu dilakukan di Dusun Alas Pecah, Desa/Kecamatan Geneng, dengan disaksikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Meskipun kompak datang bersama Gubernur Jatim, Anies membantah keras hal itu dikaitkan agenda politik.

“Saya ke Ngawi semata untuk penguatan ketahanan pangan, serta kerjasama untuk memastikan pasokan pangan pokok ke ibukota tercukupi. Di sisi lain, produksi beras dari Ngawi yang selama ini surplus, juga dapat terserap,” ujarnya.

Anies Baswedan mengungkapkan, selama ini pemenuhan kebutuhan pangan pokok bagi warga ibukota hampir semuanya tergantung dari daerah luar.

Anies Baswedan bahkan tidak menutupi kemungkinan bahwa kerjasama lain bisa dikembangkan, apalagi mengingat potensi pertanian Ngawi yang cukup besar.

Penandatanganan kerjasama penyediaan beras oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono disaksikan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

Kerjasama PT Daya Tani Sembada, dengan PT Food Stasion Tjipinang Jaya, terjalin sejak 2015. Menurut Nelish Sukidi, Direktur PT Daya Tani Sembada, pihaknya selalu siap menjadi stand buyer untuk hasil produksi gabah petani Ngawi, termasuk dengan Kelompok Tani Sido Rukun.

“Kami juga melaksanakan skema Sistem Resi Gudang, petani dapat menitipkan hasil panen ke kami, sambil menunggu harga memadai. SRG ini semacam sistem tunda jual yang dapat menguntungkan petani,” ujar Nelish.

Kapasitas produksi PT Daya Tani Sembada sampai sekarang, menyerap 180 ton gabah petani per hari, dengan produksi beras sekitar 80 ton dalam 24 jam.

Pamrihadi Wiratyo, Dirut PT Food Station Tjipinang Jaya, mengemukakan bahwa kerjasama dengan PT Daya Tani Sembada selama ini berjalan lancar. Pihaknya menargetkan sampai akhir tahun 2021, dapat menyerap 1000 ton beras asal Ngawi.

Bagi Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono, adanya peluang menjual kelebihan produksi gabah petani Ngawi, harus dijajaki dan dimanfaatkan. Apalagi, Pemkab Ngawi saat ini berkonsentrasi memajukan, sektor pertanian ramah lingkungan berkelanjutan.

Sebelum kerjasama dengan Gubernur DKI Jakarta itu pun, kerjasama penyerapan gabah maupun beras petani Ngawi sudah pernah dilakukan sebelumnya dengan pihak-pihak lain.

“Produksi gabah dari Ngawi per tahun itu 480 ribu ton dan hanya 20 persen tingkat konsumsi warga. Artinya produksi gabah kita surplus dan tentunya ketika ada berbagai peluang penyerapan poduksi gabah seperti ini jangan kita lewatkan,” ungkap Ony Anwar.

Selain penandatanganan kontrak, kerjasama antara Ngawi dan DKI, juga ditandai dengan pelepasan 8 armada truk berisi 100 ton beras.

Pemberangkatan truk-truk itu dilakukan secara simbolis oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, bersama Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Ngawi Ony Anwar. (ari)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Peringati Hari Buruh, Ribuan Pekerja Semarakkan Fun Walk Bareng Pj Bupati Jombang

JOMBANG, SMNNews.co.id - Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) disambut meriah di Kabupaten Jombang. Pemerintah Kabupaten Jombang bersama Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Jombang...

Gus Mujib Resmi Mendaftar Cabup Pasuruan

PASURUAN, SMNNews.co.id - Usai Ramdanu dan Sudiono Fauzan yang mendaftar sebagai calon Bupati Pasuruan di Partai Kebangkitan Bangsa. Kal ini giliran KH. Mujib Imron...

Kapolresta Cirebon Resmikan Monumen Udang dari Knalpot yang Tidak Sesuai Spesifikasi Teknis

CIREBON, SMNNews.co.id - Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Sumarni meresmikan monumen udang dari bahan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi tehknis, Selasa (30/4/2024). Kegiatan yang dilaksanakan...