HomeBERITATarawih Malam Kedua, Masjid Al-aman Komplek Pakri Palembang Dipenuhi Jamaah

Tarawih Malam Kedua, Masjid Al-aman Komplek Pakri Palembang Dipenuhi Jamaah

Suasana tarawih malam kedua di Masjid Al-aman

PALEMBANG, SMNNews.co.id – Masjid Al-aman di Komplek Perumahan Pakri Jalan Jenderal Bambang Utoyo Palembang, menggelar shalat tarawih berjamaah kedua pada Kamis (23/3/2023) malam.

Para jamaah shalat tarawih terlihat memenuhi seluruh ruangan Masjid Alaman yang berlantai dua tersebut turut hadir Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M. Zulkarnain, Karo SDM Polda Sumsel Kombes Pol Sudrajad Hariwibowo, Dirreskrimum Polda Sumsel Kombes Pol M. Anwar Reksowidjojo, Kombes Pol Gandung D. Wardoyo serta Masyarakat seputaran Komplek Pakri Palembang.

Saat dimintai keterangan oleh wartawan Ketua Takmir Masjid Alaman AKBP Takdir menyampaikan, pelaksanaan shalat tarawih di Masjid Alaman memasuki malam kedua Ramadan 1444 H terhitung mulai kemaren rabu malam dimulai sholat tarawih dan witir tahun ini.

Pemerintah telah menetapkan 1 Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada hari Kamis 23 Maret 2023, melalui sidang Isbat sebelumnya.

“Kita berharap dengan momentum Ramadhan ini marilah kita bersama-sama mengisi dengan amalan yang baik terutama membaca Al Quran serta pelaksanaan sholat tarawih tahun ini berjalan dengan lancar,” tuturnya.

Setelah shalat fardhu Isya berjamaah, kajian tausiyah diberikan oleh H. Darul Jalal.

Dalam materi kajian disampaikan, pada bulan Ramadan, bukan hanya manusia saja yang berhias tetapi surga pun telah berhias dari awal bulan Ramadhan.

“Seperti kita menghiasi masjid dengan membersihkan (thaharah) sekitaran masjid tempat kita beribadah, dan begitu juga dengan Allah SWT menghiasi surga untuk umatnya yang berpuasa dan melakukan amalan di bulan Ramadhan,” ujar H. Darul Jalal.

“Jangan sia-siakan hari-hari kita tanpa mengerjakan amalan wajib dan sunnah dan berfikiran bulan Ramadhan sama seperti bulan-bulan biasanya oleh karenanya manfaatkan ramadhan tahun ini dengan amaliah yang sesuai tuntunan rosullulloh belum tentu kita bertemu dengan ramadhan tahun depan,” imbuhnya.

Lanjutnya, ada empat golongan yang dirindukan surga empat golongan tersebut adalah orang yang membaca Al-Quran, menjaga ucapannya, memberi makan orang lapar, dan puasa di bulan Ramadhan. Hal tersebut berdasarkan dari hadits yang disampaikan oleh Abu Dawud dan Tirmidzi berikut ini.

الْجَنَّةُ مُشْتَاقَةٌ اِلَى أَرْبَعَةِ نَفَرٍ : تَالِى الْقُرْانِ, وَحَافِظِ اللِّسَانِ, وَمُطْعِمِ الْجِيْعَانِ, وَصَا ئِمٍ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ

Artinya: Surga merindukan empat golongan: orang yang membaca Al Quran, menjaga lisan (ucapan), memberi makan orang lapar, dan puasa di bulan Ramadhan. (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

“Golongan pertama adalah orang yang gemar membaca Al-Quran, selain dirindukan oleh surga orang yang gemar membaca Al-Quran juga akan memiliki ketenangan batin yang baik hal ini sesuai dengan apa yang dijelaskan di dalam surat Ar-Rad ayat 28,” jelasnya.

Lanjut H. Darul Jalal, golongan kedua adalah orang yang selalu menjaga lisannya dari kata-kata kotor, mencaci maki, menghujat, atau menghina orang lain. Hal tersebut dijelaskan langsung oleh Rasulullah SAW.

“Selanjutnya golongan ketiga adalah mereka yang memberi makan terhadap orang yang kelaparan, Allah SWT akan membalas kebaikan tersebut dengan memberikannya makan dari buah-buahan di surga. Dan golongan terakhir yang akan dirindukan oleh surga adalah orang yang berpuasa di bulan Ramadhan dimana Allah SWT akan menyediakan pintu surga bagi orang yang melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan,” pungkasnya.

Usai tausiyah, kemudian dilanjutkan ibadah shalat tarawih dan witir dengan delapan rakaat sholat tarawih dan tiga rakaat sholat Witir. (jhoni)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Antisipasi Kejahatan Jalanan dan Balap Liar, Polres Pamekasan Gelar Patroli Gabungan

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Kepolisian Resor Pamekasan Jawa Timur kembali melaksanakan patroli sekala besar untuk mengantisipasi potensi terjadinya Harkamtibmas di Wilayah Hukum Polres Pamekasan. “Kita melaksanakan...

Bupati Blitar Buka Kejuaraan Karate Piala Bupati Tingkat Pelajar se-Blitar Raya Tahun 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah membuka Kejuaraan Karate Piala Bupati Tingkat pelajar se-Blitar Raya Tahun 2024, Sabtu (11/05/2024) di Gedung Serba Guna...

SPI Kabupaten Indramayu Gelar Diskusi POKTAN dan Gapoktan KTNA di Kecamatan Sindang

INDRAMAYU, SMNNews.co.id - Sebagai upaya perbaikan dan perkembangan pertanian di wilayah Desa Sindang, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Ketua Serikat Petani Indonesia Kabupaten Indramayu Try...