HomeBERITAWabup Blitar Bersama Forkopimda Tinjau Sejumlah Apotek, Antisipasi Peredaran Obat Sirup

Wabup Blitar Bersama Forkopimda Tinjau Sejumlah Apotek, Antisipasi Peredaran Obat Sirup

Wabup Blitar Bersama Forkopimda saat melakasanakan sidak ke sejumlah apotek

BLITAR, SMNNews.co.id – Wakil Bupati (Wabup) Blitar Rahmat Santoso bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah apotek di wilayah Kecamatan Garum dan Kecamatan Kanigoro, Selasa (25/10/2022).

Sidak ini guna mengantisipasi dan mengawasi peredaran obat sirup yang dilarang pemerintah guna mencegah gagal ginjal akut (GGA) misterius pada anak. Serta mensosialisasikan Surat Kementerian Kesehatan tentang Petunjuk Penggunaan Obat Sediaan Cair/Sirup, tertanggal 24 Oktober 2022.

Wabup Blitar Rahmat Santoso mengatakan, upaya pengawasan terhadap peredaran obat dalam bentuk sirup tersebut menyusul adanya kebijakan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI yang melarang penjualan obat dalam bentuk sirup.

“Hari ini saya bersama Forkopimda memonitor sejumlah apotek. Ini dalam rangka memantau bagaimana perkembangan dan apa yang sudah dilakukan apotek,” katanya.

Menurutnya, meski Kementerian Kesehatan telah menyampaikan daftar obat sirup yang dilarang. Pemkab Blitar tetap mengambil langkah untuk memonitor sejumlah apotek dan kegiatannya difokuskan sosialisasi.

“Jadi, Ini bukan penindakan atau bahkan penyitaan. Kami hanya mensosialisasilan surat terbaru dari Kementerian Kesehatan. Yang terpenting masyarakat tidak panik,” imbuhnya. (bonaji)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Polres Kota Blitar Gelar Binrohtal untuk Tingkatkan Keimanan Anggotanya

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Pembinaan rohani dan mental atau biasa disingkat Binrohtal yang dilaksanakan Polres Blitar Kota sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas keimanan dan...

Serius Eksplorasi Panas Bumi, Bupati Pasaman Apresiasi PT. MGSu

PASAMAN, SMNNews.co.id - Pekerjaan pendahuluan dan eksplorasi potensi panas bumi di Bonjol, Kabupaten Pasaman yang dilaksanakan PT Medco Geothermal Sumatera (MGSu) yang dianggap serius...

Penyerahan Bantauan Alat Bantu kepada Penyandang Disabilitas yang Dilakukan di Empat Kecamatan Berbeda oleh Bidang Rehabilitasi Sosial

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Asahan menyerahkan bantuan berupa kursi roda, alat bantu dengar, kacamata baca, dan tongkat ketiak kepada...