HomeBERITAWagub Sulteng Ma'mun Amir Pimpin Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVII

Wagub Sulteng Ma’mun Amir Pimpin Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVII

Wagub Sulteng H. Ma’mun Amir saat pimpin Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVII Tahun 2023 bertema “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul”

SULTENG, SMNNews.co.id – Wagub Sulteng H. Ma’mun Amir pimpin Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVII Tahun 2023 bertema “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul”, di Lapangan Pogombo Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Sabtu (29/04/23)

Wakil Gubernur H. Ma’mun Amir saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Sulteng H. Rusdi Mastura menyampaikan setelah 27 Tahun berlalu, Otonomi Daerah telah memberikan dampak Positif, terbukti dengan adanya percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), bertambahnya pendapatan asli daerah (PAD) dan kemampuan fiskal daerah, hal ini dapat dilihat dari angka IPM Sulteng Tahun 2022 yang telah mencapai 70,28 atau masuk Kategori Tinggi, pertumbuhan Ekonomi Sulawesi Tengah Tahun 2022 juga tercatat sebagai yang tertinggi dengan pencapaian 15,17 % serta di ikuti dengan Perolehan PAD Tahun 2022 yang mencapai 1,7 Triliun Tupiah atau mengalami Peningkatan hampir 2 kali lipat dari PAD Tahun sebelumnya yang hanya 900 Miliar rupiah

Sementara disisi lain, Kemiskinan Sulawesi Tengah mengalami penurunan dari 12,33 % Tahun 2021 menjadi 12,30 Tahun 2022, Tingkat pengangguran terbuka mengalami penurunan dari 3,75% pada Tahun 2021 menjadi 3 % pada Tahun 2022.

Dengan capaian tersebut Gubernur berharap agar dapat dijadikan referensi dalam penyusunan dan pelaksanaan Program program Gerak Cepat Menuju Sulawesi Tengah yang lebih Sejahtera dan lebih maju. Yang ditandai antara lain dengan makin meningkatnya IPM dan dan menurunnya Angka Kemiskinan dan Stunting serta semakin baiknya Konektivitas dan Infrastruktur.

Dalam hal menurunkan Angka Stunting di Sulteng Gubernur menuturkan perlu adanya penanganan yang holistik dan terhilitisasi karena masalah Stunting dapat dipicu dari faktor internal hingga eksternal, yang olehnya itu perlu dipastikan dukungan kebijakan baik Regulasi, Snggaran dan Program yang memadai serta berkelanjutan.

Melalui sambutan tertulisnya Gubernur minta agar program dan kegiatan Penurunan Stunting harus benar-benar efektif, efisien, akuntabel dan transparan serta diikuti dengan koordinasi dan sinergitas semua pihak yang terlibat dalam Satgas Stunting maupun Tim Percepatan Penurunan Stunting Provinsi dan Kabupaten/Kota Se Sulawesi tengah.

Pada Momentum tersebut Gubenur juga mengajak semua pihak untuk bekerjasama dan mendukung terwujudnya tujuan-tujuan Otonomi Daerah di Sulawesi Tengah, yang mana kunci utama untuk mencapainya, terletak pada faktor Sumber Daya Manusia, terlebih khusus para ASN yang harus berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif, atau disingkat ASN Berakhlak. (db)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Rakor Bersama SKK Migas, Kapolda Sumsel Komitmen Tindak Tegas Illegal Drilling dan Illegal Refinery

PALEMBANG, SMNNews.co.id - Polda Sumsel tetap pada komitmen awal, melakukan penindakan tegas secara hukum terhadap penyalahgunaan minyak ilegal (illegal driliing dan illegal refinery) Ungkapan tersebut...

Ratusan Personil Polres Blitar Kota Amankan Kunjungan Lemhannas RI

BLITAR, SMNNews.co.id - Ratusan personil Polres Blitar Kota disiapkan untuk mengamankan kedatangan rombongan Lemhannas (Lembaga Ketahanan Nasional) RI di Makam Bung Karno, Blitar. Mulai...

Pembentukan Oraganisasi Paguyuban Jasa Pompanisasi se-Kecamatan Sindang

INDRAMAYU, SMNNews.co.id - Kamis, 16 Mei 2024 telah diselenggarakan Musyawarah Pembentukan Organisasi Paguyuban Jasa Pompanisasi se-Kecamatan Sindang, bertempat di aula UPTD KPP Kecamatan Sindang....