HomeBERITAJalan Sehat dan Pertunjukan Baleganjur, Meriahkan HUT WHDI ke-32

Jalan Sehat dan Pertunjukan Baleganjur, Meriahkan HUT WHDI ke-32

Bupati dan Wabup Blitar turut diarak para penari Baleganjur saat HUT WHDI ke-32.

BLITAR, SMNnews.co.id – Tak terasa perhimpunan Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) sudah berusia 32 tahun.

Hari jadi WHDI di Blitar, diperingati secara meriah dengan kegiatan jalan sehat dan pertunjukan seni Baleganjur, Minggu (09/02/2020).

Jalan sehat itu sendiri dihadiri Bupati Blitar, Rijanto, bersama Wabup Marhaenis Urip Widodo, di lapangan Desa Pasirharjo, Kecamatan Talun.

Jalan sehat dihadiri ribuan peserta yang berasal dari kabupaten maupun Kota Blitar. Peserta tampak gembira dan tak lelah berkeliling desa sejauh lebih kurang 4 kilometer.

Kesenian Baleganjur juga ikut menyambut kedatangan para peserta, setelah melakukan jalan sehat. Baleganjur ini merupakan seni musik tradisional dengan iringan gamelan dan penari barong.

Bupati Blitar Rijanto mengaku bangga dengan sajian seni yang ditampilkan anggota WHDI. “Selain menunjukkan kekompakan, sajian Baleganjur ini juga bukti adanya budaya yang masih lestari dan mengandung nilai kehidupan yang luhur,” ungkapnya.

WHDI pun selama ini juga dikenal eksis, anggotanya tidak hanya aktif dalam keagamaan saja melainkan dalam kegiatan kemasyarakatan seperti PKK, GOW, bahkan di Posyandu.

“Dengan demikian program pemerintah membangun SDM juga sudah selaras dilaksanakan ibu-ibu di WHDI,” ucap Rijanto.

Bupati Rijanto juga memuji lestarinya seni baleganjur yang berarti turut menambah khasanah budaya di Kabupaten Blitar.

Sebagaimana seni budaya Hindu lainnya, seperti Tawur Kesangan atau Ogoh-ogoh, Baleganjur juga diharapkan dapat menjadi sajian rutin yang dapat menggugah wisatawan untuk datang ke Kabupaten Blitar.

“Kami dukung dan harapkan terus berkembang, apalagi seni-seni tradisional ini dapat menarik wisatawan dari luar kota,” pungkasnya. (jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Polrestabes Surabaya Musnahkan Sabu 40,8 Gram dan Ekstasi  26,019 Butir

SURABAYA, SMNNews.co.id - Polrestabes Surabaya hari ini musnahkan narkotik jenis  sabu seberat 40,890,92 gram dan narkotika jenis ekstasi sebanyak 26,019 butir,  Pemusnahan barang bukti...

Tim TNI-Polri dan Pemda Bongkar Gudang dan Lokasi Penyulingan Minyak Ilegal di Banyuasin dan Muratara

PALEMBANG, SMNNews.co.id - Pembongkaran gudang minyak ilegal dilakukan tim gabungan diwilayah Banyuasin dan Muratara sepanjang, Kamis (16/5/2024). Dikecamatan Suak Tapeh kabupaten Banyuasin, terdapat dua lokasi...

Puluhan Wartawan Blitar Raya Gelar Unjuk Rasa Tolak Draf RUU Penyiaran

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Puluhan wartawan Blitar Raya yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) melakukan aksi unjuk...