HomeBERITAJalan Sehat dan Pertunjukan Baleganjur, Meriahkan HUT WHDI ke-32

Jalan Sehat dan Pertunjukan Baleganjur, Meriahkan HUT WHDI ke-32

Bupati dan Wabup Blitar turut diarak para penari Baleganjur saat HUT WHDI ke-32.

BLITAR, SMNnews.co.id – Tak terasa perhimpunan Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) sudah berusia 32 tahun.

Hari jadi WHDI di Blitar, diperingati secara meriah dengan kegiatan jalan sehat dan pertunjukan seni Baleganjur, Minggu (09/02/2020).

Jalan sehat itu sendiri dihadiri Bupati Blitar, Rijanto, bersama Wabup Marhaenis Urip Widodo, di lapangan Desa Pasirharjo, Kecamatan Talun.

Jalan sehat dihadiri ribuan peserta yang berasal dari kabupaten maupun Kota Blitar. Peserta tampak gembira dan tak lelah berkeliling desa sejauh lebih kurang 4 kilometer.

Kesenian Baleganjur juga ikut menyambut kedatangan para peserta, setelah melakukan jalan sehat. Baleganjur ini merupakan seni musik tradisional dengan iringan gamelan dan penari barong.

Bupati Blitar Rijanto mengaku bangga dengan sajian seni yang ditampilkan anggota WHDI. “Selain menunjukkan kekompakan, sajian Baleganjur ini juga bukti adanya budaya yang masih lestari dan mengandung nilai kehidupan yang luhur,” ungkapnya.

WHDI pun selama ini juga dikenal eksis, anggotanya tidak hanya aktif dalam keagamaan saja melainkan dalam kegiatan kemasyarakatan seperti PKK, GOW, bahkan di Posyandu.

“Dengan demikian program pemerintah membangun SDM juga sudah selaras dilaksanakan ibu-ibu di WHDI,” ucap Rijanto.

Bupati Rijanto juga memuji lestarinya seni baleganjur yang berarti turut menambah khasanah budaya di Kabupaten Blitar.

Sebagaimana seni budaya Hindu lainnya, seperti Tawur Kesangan atau Ogoh-ogoh, Baleganjur juga diharapkan dapat menjadi sajian rutin yang dapat menggugah wisatawan untuk datang ke Kabupaten Blitar.

“Kami dukung dan harapkan terus berkembang, apalagi seni-seni tradisional ini dapat menarik wisatawan dari luar kota,” pungkasnya. (jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Pasaman Terima Penghargaan dari Gubernur Sumbar

PASAMAN, SMNNews.co.id - Sabar AS, Bupati Pasaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), hari ini menghadiri upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Otonomi Daerah XXVIII...

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Hadiri Upacara Bendera pada Peringatan Hardiknas 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Supriyanto hadiri Upacara Bendera pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 yang di laksanakan di Halaman...

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, menjadi inspektur Upacara Bendera pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 yang di laksanakan...