HomeLIFESTYLETIPS & TRIKBeberapa Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan, Simak Penjelasannya!

Beberapa Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan, Simak Penjelasannya!

Ilustrasi Durian (Sumber Foto: Google)

SMNNews.co.id – Manfaat buah durian bagi kesehatan tampaknya tidak setenar rasanya yang enak. Sebenarnya, kebanyakan orang tidak menyadari banyak manfaat buah durian.

Meski memiliki banyak manfaat, tidak disarankan untuk mengonsumsi buah durian secara berlebihan karena potensi efek negatifnya.

Selain manfaatnya bagi kesehatan, buah durian memiliki rasa manis yang khas sehingga banyak digemari.

Oleh karena itu, buah durian juga bisa diolah menjadi berbagai makanan, antara lain kue, es krim, hingga penyedap makanan dan minuman.

Buah tropis ini menjadi primadona karena tekstur daging buahnya yang lembut dan rasa yang manis dengan sedikit rasa pahit.

Namun, beberapa orang merasa terganggu dengan aromanya yang khas dan kuat.

Selain rasanya, durian merupakan buah yang tinggi kalori namun tinggi lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat bagi tubuh.

sebanyak satu gelas atau 243 gram durian mengandung:

Kalori: 357 kkal

Lemak: 13 gram

Karbohidrat: 66 gram

Serat: 9 gram

Protein: 4 gram

Selain itu, durian juga banyak mengandung vitamin C dan vitamin B6. Kandungan zat gizi durian lainnya yakni tiamin, mangan, kalium, riboflavin, tembaga, folat, magnesium, dan niacin.

Berikut manfaat durian untuk kesehatan:

Mengatasi susah tidur

Durian mengandung triptofan, yang bisa diubah menjadi melatonin. Melatonin adalah hormon yang mengatur siklus tidur. Semakin tinggi tingkat melatonin Anda, semakin kecil kemungkinan Anda menderita insomnia.

Mengontrol tekanan darah

Karena tingkat potasiumnya yang tinggi, durian juga dapat membantu mengatur tekanan darah. Kalium adalah elektrolit yang membantu menjaga stabilitas tekanan darah. Tekanan darah tinggi, sering dikenal sebagai hipertensi, dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Memperbaiki suasana hati

Menurut Shape, salah satu manfaat kesehatan durian adalah membantu kesehatan mental dengan meningkatkan suasana hati. Makan durian bisa membuat Anda bahagia. Ini karena asam amino triptofan, yang bisa diubah menjadi serotonin. Obat ini memiliki kemampuan untuk membuat Anda merasa bahagia dan rileks. Dalam praktiknya, makan durian bisa memperbaiki mood seseorang.

Meningkatkan kesehatan tulang

Kadar zat besi dan tembaga dalam durian dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. Zat besi dapat membantu kepadatan tulang. Sedangkan kalsium juga membantu pertumbuhan dan menjaga kesehatan tulang.

Mencegah nyeri sendi

Kandungan vitamin C yang tinggi pada durian bermanfaat lebih dari sekedar memerangi radikal bebas. Manfaat lain dari durian adalah dapat membantu menghindari nyeri sendi. Ketidaknyamanan sendi dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin C. Alasannya adalah nutrisi ini membantu produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang penting untuk kesehatan persendian, otot, tulang, tendon, ligamen, pembuluh darah, kulit, lapisan usus, dan jaringan ikat.

Memasok energi

Keunggulan buah durian selanjutnya adalah dapat tumbuh dan menjadi sumber energi tambahan. Selain itu, buah durian dapat dikonsumsi untuk menghilangkan rasa lelah dan gelisah.

Menjaga kesehatan kulit

Buah durian juga tinggi vitamin C yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Selanjutnya, kandungan antioksidan buah durian dapat membantu memerangi radikal bebas dan meminimalkan kulit keriput dan gejala penuaan.

Menunjang kehamilan yang sehat

Wanita hamil juga dapat manfaat kesehatan dari durian. Durian mengandung folat dan vitamin B penting, yang dapat membantu pertumbuhan janin. Selanjutnya, folat melindungi dari masalah kehamilan yang berbahaya.

Mendukung kesehatan jantung

Konsentrasi kalium dalam durian dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Kalium memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah, yang merupakan penyebab utama penyakit jantung dan pembuluh darah.

Durian juga tinggi serat dan lemak tak jenuh, keduanya bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Menjaga kesehatan kulit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, durian mengandung vitamin C konsentrasi tinggi. Makan durian sebanyak 243 gram akan memenuhi hingga 80% kebutuhan vitamin C harian Anda.
Vitamin C memiliki kualitas antioksidan yang membantu memerangi radikal bebas yang disebabkan oleh asap rokok, polusi, dan paparan sinar UV. Ini dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dengan meminimalkan bintik hitam dan mencegah kerutan halus.

Menjaga kesehatan pencernaan

Prebiotik juga ditemukan dalam durian. Buah ini dapat memberi nutrisi bagi mikroorganisme yang bermanfaat di saluran pencernaan. Kandungan gula karbohidrat durian dapat difermentasi secara organik setelah bergabung dengan bakteri menguntungkan di usus.

Selain itu, durian mengandung serat dalam jumlah tinggi, yang dapat meningkatkan massa tinja dan membantu pencernaan.
Meskipun banyak manfaat kesehatan durian, buah ini mengandung makanan tinggi kalori dan karbohidrat.

Orang dengan tekanan darah tinggi, diabetes, atau obesitas sebaiknya membatasi konsumsinya tidak lebih dari dua buah durian berukuran sedang. (red)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Dinas LH Kabupaten Asahan Gelar Halal Bihalal

ASAHAN, SMNNews.co.id - Untuk mempererat tali silaturahmi Keluarga Besar Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Asahan menggelar Halal Bihalal dengan seluruh ASN dan Non ASN...

Sinergi TNI – Polri, Lakukan Pamturlalin di Pasar Waru Pamekasan Lancar Terkendali

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Hari Kamis adalah hari pasaran di Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan, anggota Polsek dan Koramil Waru tampak lakukan pengamanan dan pengaturan arus...

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...