HomeBERITABupati Blitar Hadiri Kirab Pusaka dan Haul Eyang Jugo di Desa Jugo...

Bupati Blitar Hadiri Kirab Pusaka dan Haul Eyang Jugo di Desa Jugo Kesamben

Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah saat menghadiri Kirab Pusaka dan Haul Eyang Jugo di Desa Jugo Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id – Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah hadiri Kirab Pusaka dan Haul Eyang Jugo di Desa Jugo Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar, Sabtu (02/06/2023) di halaman makam Eyang Jugo.

Hadir dalam Acara tersebut, Bupati Blitar, Anggota DPR RI, Anggota DPRD Provinsi, Anggota DPRD Kabupaten Blitar, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Blitar, Forkopimcam Kesamben, Kades se-Kecamatan Kesamben dan para peserta pawai kirab Pusaka dan Haul Eyang Jugo.

Dalam sambutanya Bupati Blitar Hj Rini Syarifah mengatakan, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, tuhan yang maha esa, karena atas Rahmat dan karunia-Nya, kita semua bisa menghadiri kegiatan Kitab Pusaka dan Haul Eyang Jugo, dalam keadaan sehat walafiat. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW, yang syafaatnya kita nantikan hingga Yaumil qiyamah.

“Alhamdulillah peringatan Haul Eyang Jugo yang telah dimulai pada hari Jumat kemarin berjalan lancer. Dan kegiatan Kirab Pusaka hari ini berlangsung lancar, tertib semoga seluruh proses rangkaian kegiatan ini sampai besok juga tetap lancar dan membawa manfaat bagi masyarakat , karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa, kegiatan ini telah continue dilaksanakan dari tahun ke tahun, karena bukti komitmen kita bersama untuk menghormati para ulama, sesepuh sekaligus sebagai upaya Nguri nguri budaya Jawa. Dan kegiatan ini bisa menjadi kegiatan wisata religi dan budaya, sehingga bisa menyedot animo masyarakat untuk menyaksikan,” jelasnya.

Lanjut Rini Syarifah, kegiatan ini juga telah berkontribusi meningkatkan perekonomian warga sekitar, untuk itu monggo menjaga marwah dari kegiatan ini agar tetap lestari dan anak cucu kita tetap bisa menikmati dan menjaganya.

Kirab Pusaka dan Haul Eyang Jugo

“Dan saya juga berpesan, agar kegiatan ini juga tetap melibatkan UMKM khususnya dari Desa Juga, karena beberapa produk unggulan misalnya batik Jugo telah menjadi salah satu primadona di Blitar Raya. Sehingga selain menikmati wisata Religi dan budaya, jika pulang membawa oleh oleh khas dari Desa Jugo,” tutur Rini Syarifah.

Kabupaten Blitar yang dikenal dengan sebutan tanah para raja ini, memang memiliki potensi yang luar biasa untuk dikembangkan. Bahkan saat ini di beberapa Desa telah lahir destinasi wisata Desa yang bisa untuk mengungkit perekonomian warga .

“Tentu saja kami Pemerintah Kabupaten Blitar sangat mendukung kerja keras seluruh warga yang getol membuka obyek wisata baru di wilayah masing-masing. Kehadiran teknologi informasi sangat membantu untuk membrandingnya, untuk itu saya minta dinas terkait terus melakukan pendampingan agar potensi Kabupaten Blitar bisa menjadi pilihan kunjungan wisatawan,” pungkas Hj Rini Syarifah.

Sementara itu, Kades Jugo Kholid Adnan dalam sambutanya menyampaikan, kami sangat berterima kasih kepada Bupati Blitar, juga dari para Anggota dewan yang telah hadir diacara kirab pusaka dan Haul Eyang Jugo Tahun 2023 ini.

“Karena dari hari Jumat kemarin sudah dilaksanakan rangkaian kegiatan yaitu kataman Al Ouran, baca Yasin dan tahlil, doa bersama, pawai pusaka, dan nanti malam akan digelar wayang kulit dengan dalang dari Rembang dan Kyi Rudi Gareng. Monggo bagi warga yang ingin menikmati pagelaran ini disilahkan, semoga tahun depan kita bisa melaksanakan yang lebih meriah lagi, karena tadi warga masyarakat juga memadati jalan di kawasan makam Eyang Jugo,” kata Kholid Adnan Kades Jugo. (bon)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Tinjau Wilayah Akibat Banjir, Bupati Pasaman Sabar AS: Perlu Aksi Secepatnya!

PASAMAN, SMNNews.co.id - Dampak banjir yang melanda wilayah Pasaman beberapa daerah Pasaman, menyisakan banyaknya rusak sarana dan prasarana dibeberapa tempat, Seperti halnya yang dirasakan...

Cak Imin Berpesan Jangan Ada Abuse of Power di Pilkada 2024, Relawan Kompak: Ini Sudah Terjadi di Kota Malang!

SURABAYA, SMNNews.co.id - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menemui bakal calon kepala daerah (bacakada) di Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Diacara ini, Cak...

Kiprah Produser dan Promotor Muda Jawa Timur Membangun Sportaiment

SURABAYA, SMNNews.co.id - Gerak dan terobosan baru dua anak muda ini layak di acungi jempol, setelah lama tak terdengar kabar di dunia tinju profesional,...