HomeBERITACalon Bupati Kediri Mas Dhito Tertarik Kembangkan Tanaman Kurma

Calon Bupati Kediri Mas Dhito Tertarik Kembangkan Tanaman Kurma

Calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana akrab disapa Dito melakukan blusukan di Wisata Telaga Husada

KEDIRI, SMNNews.co.id – Calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana akrab disapa Dito melakukan blusukan di Wisata Telaga Husada Desa Lumbang Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Kamis (5/11/2020)

Cabup Kediri Mas Dhito Tertarik ingin berdiskusi mengembangkan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat Kabupaten Kediri khususnya para petani manfaat dari pupuk organik dan bahaya dari pupuk kimia.

Keinginan mengembangkan tanaman kurma sangat luar biasa di Kabupaten Kediri bisa tumbuh dan berbuah, ini satu hal yang harus dijaga.

Sebelumnya, Mas Dhito bersama tim melakukan blusukan di Kampung KB di Desa Tiru Lor, salah satu percontohan Kampung KB Pertama di Kediri.

Ditanya terkait UMKM yang sudah potensial dan berkembang akan kita berikan pelatihan dan dibantu ijin usahanya diberikan gratis untuk legalitas usahanya.

Awalnya saya membayangkan jumlah pelaku usaha hanya kisaran 500 pelaku UMKM hingga 600 UMKM, tapi ternyata yang sudah mendaftar mencapai 1.200 pelaku UMKM.

Kegiatan pertama di Desa Sumber Cangkring bertemu dengan beberapa elemen terkait pelatihan-pelatihan yang sudah dilakukan selama ini. Mereka mengeluhkan belum punya seragam dan minta dinaikkan intensifnya.

Dilanjutkan titik kedua, sungguh luar biasa, tidak bisa dipungkiri saya punya program Desa Inovasi Tani Organik ini masih belum bisa menandingi milik Gus Tain.

Saya bersama Gus Tain akan berdiskusi mengembangkan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat Kabupaten Kediri khususnya para petani manfaat dari pupuk organik dan bahaya dari pupuk kimia.

“Saya akan menjaga komitmen dan konsisten untuk menggalakkan pupuk cair organik,” tuturnya.

Dito menegaskan bahwa program yang sudah berjalan dan dieksekusi hari ini, yang pertama Desa Inovasi Tani Organik sudah  terealisasi di 5 Kecamatan. Sudah dimulai dari pembuatan pupuknya serta penanaman sedang berlangsung, nanti akan cek hasil produksi panennya.

Ada sebanyak 6 Kecamatan lagi yang mendaftar untuk pelatihan pupuk organik. Jadi total ada sebanyak 11 Kecamatan, nanti kita akan berikan pelatihan terkait pupuk organik.

Pelatihan pembuatan pupuknya dan memberikan ilmu sampai proses produksi panen kita pantau juga. Kami hanya ingin para petani dan Gapoktan cukup hadir dan menyerap ilmunya saja.

Disinggung terkait tanaman kurma. Dijelaskan Dito menuturkan, tentang mengembangkan tanaman kurma sangat luar biasa di Kabupaten Kediri bisa tumbuh dan berbuah, ini satu hal yang harus dijaga.

“Nanti, saya akan diskusikan dengan Gus Tain, bagaimana mengembangkan tanaman kurma tersebut,” tutup Dito.

Dito juga menjelaskan berkaitan dengan sektor Pariwisata selalu problemnya dengan daerah lain hampir sama, bahkan untuk ijinnya dari dinas terkait belum ada keberadaan wisata Husada Telaga Desa Lumbang Kecamatan Gurah.

“Seperti biasa akses jalan belum memadai dan penerangan jalan belum ada. Kita akan lakukan cek terkait ijinnya dan warga minta pelatihan untuk  di area wisata, nanti akan kita sediakan untuk pelatihannya,” ungkapnya. (*)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Tinjau Wilayah Akibat Banjir, Bupati Pasaman Sabar AS: Perlu Aksi Secepatnya!

PASAMAN, SMNNews.co.id - Dampak banjir yang melanda wilayah Pasaman beberapa daerah Pasaman, menyisakan banyaknya rusak sarana dan prasarana dibeberapa tempat, Seperti halnya yang dirasakan...

Cak Imin Berpesan Jangan Ada Abuse of Power di Pilkada 2024, Relawan Kompak: Ini Sudah Terjadi di Kota Malang!

SURABAYA, SMNNews.co.id - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menemui bakal calon kepala daerah (bacakada) di Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Diacara ini, Cak...

Kiprah Produser dan Promotor Muda Jawa Timur Membangun Sportaiment

SURABAYA, SMNNews.co.id - Gerak dan terobosan baru dua anak muda ini layak di acungi jempol, setelah lama tak terdengar kabar di dunia tinju profesional,...