HomeBERITADAK Pendidikan senilai Rp36,3 M Disorot, Kadin Janji Segera Lakukan Monev

DAK Pendidikan senilai Rp36,3 M Disorot, Kadin Janji Segera Lakukan Monev

Sumarsono, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi.

NGAWI, SMNNews.co.id – Realisasi penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) di bidang pendidikan menjadi salah satu fokus perhatian bagi Sumarsono, Kepala Dinas Pendidikan Ngawi.

Sumarsono sendiri baru saja menduduki jabatan Kadindik Ngawi, setelah dilantik 17 September lalu. Dia mengaku akan lebih mempelajari lagi untuk pantauan dan pengawasan pada proyek revitalisasi sekolah, pengadaan dan rehab kelas.

“Jumlahnya kan memang besar dan mencakup pada lembaga sekolah SD dan SMP, tentu saja kami harus pantau dengan ketat,” janjinya.

Soal pelaksanaan DAK tahun ini, tidak lagi swakelola ke lembaga sekolah namun dikerjakan dengan kontraktual melalui lelang tender.

Menurut Sumarsono, sistem kontraktual ini menuntut kewaspadaan darinya selaku kepala dinas yang juga pengguna anggaran. Apalagi jumlah DAK yang turun ke Ngawi cukup besar, menzapai 36,393 M. Dana itu mengucur untuk revitalisasi 11 SMP, pengadaan kelengkapan laboratorium, rehab SD dan sebagainya.

“Saya akan segera koordinasi dan dalam tempo dekat ini akan segera melakukan moniyoring dan evaluasi,” tegasnya.

Pelaksanaan proyek-proyek fisik terdanai DAK tahun 2021, sudah dilihat oleh Komisi 2 DPRD Ngawi.

Sebagian hasil sidak itu menemukan beberapa kekurangan terutama soal kualitas pengerjaan yang dilakukan kontraktor pelaksana.

Selain itu, fungsi pengawasan dsri konsultan pebgawas juga harus ditingkatkan sehingga mutu proyek dapat diaqasi dan terjaga. (ari)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Pasaman Terima Penghargaan dari Gubernur Sumbar

PASAMAN, SMNNews.co.id - Sabar AS, Bupati Pasaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), hari ini menghadiri upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Otonomi Daerah XXVIII...

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Hadiri Upacara Bendera pada Peringatan Hardiknas 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Supriyanto hadiri Upacara Bendera pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 yang di laksanakan di Halaman...

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, menjadi inspektur Upacara Bendera pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 yang di laksanakan...