HomeBERITADB Mengintai! Babinsa Koramil Ngrambe Bantu Lakukan Fogging

DB Mengintai! Babinsa Koramil Ngrambe Bantu Lakukan Fogging


Babinsa Koramil Ngrambe dampingi Fogging di Desa Cepoko, Kecamatan Ngrambe, Senin (14/11/2022)

NGAWI, SMNNews.co.id – Wabah Demam Berdarah (DB) teap mengintai di berbagai wilayah di Ngawi, Jawa Timur. Anggota Koramil Ngrambe bersama tim terpadu dan tenaga kesehatan, mengadakan penyemprotan (fogging), di Desa Cepoko, Senin (14/11/2022).

Tindakan itu diambil sebab musim hujan sudah datang dan nyamuk potensial berkembajg biak. Di sela pelaksanaan fogging, warga Cepoko juga diberi pemahaman bahwa penyemprotan hanya efektif mematikan nyamuk dewasa.

Baca Juga : Longsor di Jogorogo, Warga Bersama TNI-Polri Bersihkan Reruntuhan

Di atas fogging, masyarakat dihimbau lebih menggencarkan upaya preventif atau pencegahan, dengan melakukan gerakan 3M. Gerakan ini adalah menutup, menguras dan mengubur.

“Penularan virus DB itu dari nyamuk aedes aegepty. Jentiknya berkembang di air bersih yang tergenang, jadi dicegah dengan gerakan 3M yang lebih mudah, murah dan efektif,” ungkap Sertu Suyatman, Babinsa Koramil Ngrambe.

Masyarakat juga diminta menjaga pola hidup bersih sehat, makan bergizi seimbang dan istirahat serta olahraga teratur. Semua itu demi menjaga daya tahan tubuh sehingga terhindar dari penyakit.

Warga Cepoko pun mengakui bahwa upaya-upaya pencegahan penyakit, khususnya DB, bukanlah hal sulit untuk mereka lakukan.

Baca Juga : Dampingi Pembagian BLT DD, Babinsa Pos Wonotirto Himbau Warga Agar Tetap Patuhi Protkes

“Intinya memang jaga kebersihan dan rak boleh malas olahraga, sedangkan gerakan 3M itu bisa dlakukan juga secara gotong-royong,” ujar Putri, seorang remaja asal Cepoko.

Gerakan 3M sendiri berupa menutup benda yang rawan jadi tempat tergenangnya air, menguras wadah untuk penampungan air dan mengubur barang-barang yang rentan jadi tempat berkembangnya jentik nyamuk.***

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Dongkrak Minat Transportasi Umum dan Wisata, Pemkab Jember Luncurkan Program Anak Senja dan Jelita

JEMBER, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jember, bersama dinas perhubungan, dengan bangga mengumumkan launching dua program inovatif Angkutan Sekolah Gratis (Anak Senja) dan Angkutan Jember...

Pj Bupati Pasuruan Pimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional 2024

PASURUAN, SMNNews.co.id - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, Pj. Bupati Pasuruan Dr. Andrianto, menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024. Dengan mengangkat tema...

Pemkab Jombang Raih Opini WTP untuk ke-11 Kali Berturut-turut

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemkab Jombang kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan BPK RI, Perwakilan Jawa Timur untuk kali ke-11...