HomeADVERTORIALDPRD Banyuwangi Gelar Rapat Paripurna Istimewa Penyampaian Rekomendasi DPRD atas LKPJ Bupati...

DPRD Banyuwangi Gelar Rapat Paripurna Istimewa Penyampaian Rekomendasi DPRD atas LKPJ Bupati Akhir Tahun Anggaran 2022

Rapat Paripurna Istimewa Penyampaian Rekomendasi DPRD atas laporan keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati akhir tahun anggaran 2022

BANYUWANGI, SMNNews.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyuwangi menggelar Rapat Paripurna Istimewa Penyampaian Rekomendasi DPRD atas laporan keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati akhir tahun anggaran 2022 di Gedung DPRD Banyuwangi, Kamis (6/04/2023).

Rapat paripurna itu sendiri dipimpin oleh Ketua DPRD, I Made Cahyana Negara dan didampingi Wakil Ketua DPRD, M. Ali Mahrus, Ruliyono dan anggota dewan lainya.

Dalam kesempatan paripurna istimewa tersebut selain Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, hadir pula pihak Eksekutif serta Kepala OPD, Camat, Kepala Desa dan Lurah dan para undangan.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD M Ali Mahrus selaku pimpinan Banggar dalam laporannya mengapresiasi pihak eksekutif yang telah menyampaikan LKPJ kepada DPRD Banyuwangi tepat waktu.

”Dokumen LKPJ Bupati akhir tahun anggaran 2022 secara umum kami apresiasi karena capaian kinerja yang sangat baik dengan indikasi umum berupa capaian target yang optimal,” jelas Ali Mahrus.

Meskipun demikian, DPRD masi memberikan beberapa catatan pada pemerintah yang capaian target kinerjanya dinilai belum optimal karena beberapa program dan kegiatan tahun 2022 belum memenuhi target, namun secara umum dewan mengapresasi apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah cukup progresif dan memuaskan .

“Rekomendasi DPRD agar kondisi ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan, konsisten terhadap strategi-strategi baru, dalam membangun inovasi dan menyisir ulang terhadap beberapa indikator sasaran maupun indikator tujuan yang capaian kinerjanya belum optimal dari target yang sudah ditetapkan,” terangnya.

Disampaikan pula oleh Ali Mahrus bahwa dari sisi Pendapatan Daerah, berdasarkan dokumen LKPJ akhir tahun 2022, realisasi pendapatan sebesar Rp. 3, 235 triliun dari target sebesar Rp. 3, 181 triliun atau telah mencapai 101,72 persen

”Kita sangat berharap bahwa Postur pendapatan kita harus di arahkan kepada kemandirian anggaran, mengurangi ketergantungan anggaran transfer pemerintah pusat. sehubungan dengan hal tersebut agar pos pendapatan asli daerah khususnya retribusi daerah yang capaian kinerjanya belum optimal tersebut agar menjadi atensi serius,” ujarnya.

Menurutnya, Secara kualitas belanja daerah telah mendorong pertumbuhan ekonomi regional kita, patut diketahui bahwa serapan APBD yang tepat sasaran pasti akan mendorong pertumbuhan ekonomi sehingga berdampak pada kesejahteraan sosial masyarakat.

Sementara itu terhadap capaian kinerja belanja daerah DPRD memberikan rekomendasi antara lain adanya kebijakan yang diarahkan pada prioritas belanja yang dapat mendorong perputaran ekonomi, memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat secara luas.

Selanjutnya tetap konsistens, teliti dan cermat mengalokasikan anggaran belanja berbasis hasil identifikasi prioritas maupun super prioritas sejalan dengan visi misi sebagaimana tertuang dalam RPJMD – RKPD maupun KUA-PPAS APBD.

“Demikian resume rekomendasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menjadi kotribusi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah kedepan menjadi lebih baik, sebelum mengakhiri laporanya Ali Mahrus menyampaikan permohonan maafnya jika ada hal yang kurang berkenan dan mengucapkan terima kasih atas segala perhatianya,” pungkasnya.

Sementara itu usai rapat paripurna Bupati Ipuk menyampaikan terimakasih kepada pimpinan dan anggota DPRD Banyuwangi atas apresiasinya terhadap kinerja pemerintah daerah.

“Rekomendasi yang diberikan kepada kami kedepannya menjadi evaluasi dan instrospeksi bagi kami agar lebih baik lagi. Ada beberapa catatan yang akan kami tindak lanjuti,” pungkas Bupati Ipuk. (rica)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Dongkrak Minat Transportasi Umum dan Wisata, Pemkab Jember Luncurkan Program Anak Senja dan Jelita

JEMBER, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jember, bersama dinas perhubungan, dengan bangga mengumumkan launching dua program inovatif Angkutan Sekolah Gratis (Anak Senja) dan Angkutan Jember...

Pj Bupati Pasuruan Pimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional 2024

PASURUAN, SMNNews.co.id - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, Pj. Bupati Pasuruan Dr. Andrianto, menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024. Dengan mengangkat tema...

Pemkab Jombang Raih Opini WTP untuk ke-11 Kali Berturut-turut

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemkab Jombang kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan BPK RI, Perwakilan Jawa Timur untuk kali ke-11...