HomeLIFESTYLEKULINERJenis Jenis Alpukat yang Ada di Indonesia

Jenis Jenis Alpukat yang Ada di Indonesia

Ilustrasi Buah Alpukat (Sumber Foto: Google)

SMNNews.co.id – Alpukat merupakan tanaman penghasil buah meja dengan nama yang sama. Tanaman ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah, dan sekarang ditanam secara luas sebagai tanaman perkebunan monokultur di Amerika Selatan dan Tengah, serta tanaman taman di lokasi tropis lainnya di seluruh dunia.

Buah superfood ini mengandung berbagai macam nutrisi, antara lain lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral. Anda harus tahu bahwa ada banyak jenis alpukat di Indonesia. Mari berkenalan dengan jenis yang paling umum.

Berikut berbagai jenis alpukat yang bisa Anda konsumsi, mulai dari alpukat mentega hingga alpukat aligator.

1. Alpukat mentega

Alpukat Mentega memiliki daging yang tebal, halus, lembut, dan tidak berserat. Seperti mentega, warnanya kehijauan atau kekuningan. Alpukat ini memiliki rasa yang gurih bukan yang pahit.

Mentega alpukat berbentuk bulat. Buah muda berwarna hijau tua, sedangkan buah tua berwarna hijau muda dan kusam.

Kulit varietas alpukat ini kasar. Bijinya mudah dikeluarkan dari dagingnya, memungkinkan Anda untuk memakannya tanpa kesulitan.

2. Alpukat miki

Daging alpukat Miki sangat cerah dan tebal. Berat rata-rata alpukat ini adalah 400-600 gram per buah.

Ukurannya besar, alpukat Miki memiliki rasa manis dan gurih yang tidak meninggalkan rasa pahit di lidah.

Anda bisa mengubahnya menjadi jus alpukat yang menyegarkan agar lebih nikmat. Saat matang, kulit alpukat Miki keras dan berwarna hijau tua mengkilat.

3. Alpukat hass

Alpukat hass adalah jenis alpukat lain yang bisa Anda makan. Alpukat ini berbentuk bulat dan besar.

Kulitnya memiliki tekstur bergerigi dan kasar. Warna buah ini berubah dari hijau tua menjadi coklat kehitaman saat matang.

Buah alpukat Hass juga cukup tebal dan padat. Memiliki rasa yang manis dan gurih serta nikmat untuk disantap.

4. Alpukat kendil

Alpukat Kendil adalah salah satu varietas alpukat terbaik. Buah alpukat ini merupakan hasil persilangan antara tanaman alpukat Kendall dan alpukat Gunung Pati.

Alpukat kendil memiliki berat antara 1,7 hingga 2 kilogram per buah. Buah ini agak bulat tetapi bentuknya tidak terlalu lonjong.

Kulit buah alpukat ini berwarna hijau muda hingga matang. Dagingnya kuning dan tebal, dengan biji kecil. Alpukat Kendil memiliki rasa gurih dengan sedikit rasa manis.

5. Alpukat wina

Alpukat wina merupakan salah satu jenis alpukat unggulan dengan kualitas impor. Buah ini terkenal dengan ukurannya yang sangat besar.

Satu buah alpukat Wina memiliki berat sekitar 1,3-1,8 kilogram. Buahnya berwarna kuning, seperti alpukat mentega.

Daging alpukat wina lebih tebal, tanpa serat, dan pulen. Rasa buah lokal berkualitas tinggi ini lembut, gurih, dan sedikit manis.

6. Alpukat pluwang

Alpukat Pluwang adalah jenis alpukat yang gurih dan sedikit manis. Dagingnya memiliki tekstur lebih pulen, lebih tebal dan tidak berserat.

Buahnya berwarna kuning tua bersih, dan kulitnya berwarna hijau tua yang licin dan mengkilat. Buah ini juga cukup besar.

Satu buah alpukat pluwang rata-rata memiliki berat sekitar 800 gram, dengan yang terbesar beratnya mencapai 1,5 kilogram.

Itulah beberapa varietas alpukat yang terdapat di Indonesia. Anda bisa langsung memakannya atau memasukkannya ke dalam jus, smoothies, atau resep lainnya sebagai camilan bergizi biasa.

7. Alpukat aligator

Alpukat buaya adalah alpukat Meksiko. Alpukat ini dikenal sebagai alpukat raksasa karena ukuran dan panjangnya yang sangat besar.

Alpukat buaya memiliki berat antara 700 dan 1130 gram per buah. Sedangkan panjangnya antara 70 hingga 80 sentimeter.

Alpukat aligator ini memiliki daging berwarna kuning krem ​​yang sangat tebal dan lembut. Alpukat ini memiliki rasa yang enak juga.

Buahnya bulat dan memanjang, membesar di bagian bawah dan mengecil di bagian pangkal.(red)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Dinas LH Kabupaten Asahan Gelar Halal Bihalal

ASAHAN, SMNNews.co.id - Untuk mempererat tali silaturahmi Keluarga Besar Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Asahan menggelar Halal Bihalal dengan seluruh ASN dan Non ASN...

Sinergi TNI – Polri, Lakukan Pamturlalin di Pasar Waru Pamekasan Lancar Terkendali

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Hari Kamis adalah hari pasaran di Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan, anggota Polsek dan Koramil Waru tampak lakukan pengamanan dan pengaturan arus...

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...