HomeBERITAKabupaten Pasaman Memperingati Hari Ulang Tahun Ke 74 Melaksanakan Makan Bajamba

Kabupaten Pasaman Memperingati Hari Ulang Tahun Ke 74 Melaksanakan Makan Bajamba

Bupati Yusuf Lubis saat menghadiri kegiatan dalam rangka memperingati puncak Hari Ulang Tahun ke-74 Kabupaten Pasaman

Pasaman, SMNNews.co.id – Dalam rangka memperingati puncak Hari Ulang Tahun ke-74 Kabupaten Pasaman, Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman melaksanakan makan bajamba atau makan dengan duduk bersama di Halaman Kantor Bupati setempat pada, Selasa (8/10/2019) siang.

Prosesi kegiatan makan bajamba itu merupakan tradisi yang setiap tahunnya senantiasa dilaksanakan di daerah itu, terutama pada saat memperingati HUT Pasaman.

“Ya benar, hari ini kita bersama para tokoh Pasaman dan undangan lainnya mengelar makan bajamba usai rapat paripurna istimewa dalam peingatan HUT ke-74 Kabupaten Pasaman . Kegiatan ini akan terus kita pertahankan di daerah ini sebagai bentuk kebersamaan tanpa menilai status sosial yang ada,” ujar Bupati Yusuf Lubis pada sejumlah awak media usai makan bajamba, Selasa.

Dijelaskannya, makan bajamba merupakan tradisi makan yang dilakukan oleh masyarakat Minang terutama bagi daerah Kabupaten Pasaman dengan cara duduk bersama-sama di dalam suatu ruangan atau tempat yang telah ditentukan.

“Kita memilih halaman Kantor Bupati Pasaman sebagai lokasi makan bajamba, karena lokasinya sangat luas. Ditambah, Kantor Bupati Pasaman merupakan salah satu icon bagi daerah ini. Tahun kemarin, makan bajamba kita laksanakan di halaman DPRD Pasaman, dan tahun ini kita laksanakan di Halaman Kantor Bupati Pasaman ini,” ucapnya.

Menurut orang nomor satu di Pasaman itu, makan bajamba mengandung makna yang sangat dalam. Dimana tradisi makan bersama ini akan memunculkan rasa kebersamaan tanpa melihat perbedaan status sosial diantara sesama.

Sebelum makan bajamba dimulai, perwakilan perempuan dari masing-masing organisasi perangkat daerah, kecamatan dan nagari menghidangkan aelurih makan bajamba yang akan dicicipi para tamu undangan.

Dalam menyajikan makanan bajamba itu, seluruh perwakilan perempuan memakai baju kurung basiba ciri khas baju kurung Minang.

Sementara itu, Sekda Pasaman Mara Ondak mengatakan makan bajamba adalah bentuk kebersamaan antar berbagai entnis dan rasa syukur.

“Saat makan bajamba tadi, Bupati Pasaman bersama undangan, serta tokoh masyarakat Pasaman lainnya duduk bersama untuk mencicipi hidangan yang telah disajikan. Makan bajamba ini kita laksanakan setiap tahunnya, juga dalam rangka melestarikan kebudayaan masyarakat dan memperkenalkan kepada generasi muda akan pentingnya kebersamaan,” terang Sekda Mara Ondak.

Disampaikannya, hidangan makan bajamba tersebut disiapkan oleh panitia HUT Pasaman, serta masing-masing OPD, dengan berbagai porsi makanan khas Pasaman, ditambah makanan penutupnya.

“Menu hidangan makan bajamba itu seperti nasi, singgang ayam, rendang daging, gulai cubadak, ikan palai, goreng ikan balado dan pergedel kentang, serta hidangan penutup berupa lemang baluo, dan buah-buahan,” terangnya.

Pantauan awak media dilapangan, kegiatan makan bajamba pada puncak peringatan HUT ke-74 Kabupaten Pasaman itu dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Bupati Pasaman H. Yusif Lubis, Ketua DPRD Pasaman Buatomi beseeta anggota DPRD lainnya, Bupati dan Wakil Bupati tetangga, Forum Kumunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda), Sekda Pasaman, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD Pasaman, tokoh perantau Pasaman, tokoh adat, bundo kanduang, organisasi dan undangan lainnya. (Mad)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Dinas LH Kabupaten Asahan Gelar Halal Bihalal

ASAHAN, SMNNews.co.id - Untuk mempererat tali silaturahmi Keluarga Besar Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Asahan menggelar Halal Bihalal dengan seluruh ASN dan Non ASN...

Sinergi TNI – Polri, Lakukan Pamturlalin di Pasar Waru Pamekasan Lancar Terkendali

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Hari Kamis adalah hari pasaran di Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan, anggota Polsek dan Koramil Waru tampak lakukan pengamanan dan pengaturan arus...

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...