HomeBERITAKlenteng Shien Hien Khiong Siap Sambut Tahun Tikus Emas

Klenteng Shien Hien Khiong Siap Sambut Tahun Tikus Emas

Bersih dan hikmat, suasana di Klenteng Shien Hien Khiong, Jumat sore (24//01/2020)

NGAWI, SMNNews.co.id – Tahun tikus emas sudah siap disambut oleh warga Tionghoa di Ngawi. Setidaknya, hal ini bisa dilihat dari kesiapan Klenteng Shien Hien Khiong di Jl. Sultan Agung menyambut umatnya yang ingin bersembahyang di saat Imlek Sabtu (25/01/2020)

“Tapi, tak ada acara istimewa untuk Imlek tahun ini, kami hanya membersihkan klenteng ini,” ungkap Jono Sugiharjo, penjaga Klenteng Shien Hien Khiong.

Bukan hanya warga Tionghoa yang datang membersihkan klenteng tersebut, namun petugas dari Polres Ngawi, menurut Jono, juga turut membantu. “Kami sendiri buka tiap hari, berdoa kan tidak harus menunggu Imlek datang, hanya saja ya karena tahun baru ya jumlahnya agak meningkat,” ungkap Jono yang menjaga klenteng sejak 2001 ini.

Umat yang aktif berkumpul di klenteng ini, menurut Jono sekitar 100 orang yakni warga Tionghoa yang ada di sekitar Ngawi kota. Malam menjelang Imlek, mereka biasanya berkumpul di klenteng yang diresmikan oleh Bupati Ngawi, Panoedjoe, tahun 1979 ini.

Jono yang bermarga Li dalam nama Tionghoanya ini menyatakan, hiburan atau perayaan akan dilakukan saat perayaan Cap Go Meh yang berlangsung 15 hari pasca Imlek.

“Ada rencana pertunjukan barongsai dan juga nanggap wayang, tapi tetap sederhana saja,” ujar Jono yang mengaku justru fasih berbahasa Jawa daripada bahasa Tionghoa ini.

Klenteng Shien Hien Khiong sendiri memiliki Makco Hong Bio Nio Nio yang patungnya ada di bagian tengah depan ruang sembahyang. Sebagian umat juga membawa persembahan, biasanya berupa buah, saat bersembahyang di klenteng tersebut. (ari)  

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Seorang Pria di Kota Malang Tewas Terlindas Truk Tronton, Korban Langsung Dievakuasi di RSSA Kota Malang

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Terjadi kecelakaan lalu lintas di Merjosono dan menewaskan Buamin (66) warga Jalan Kolonel Sugiono III Mergosono Kota Malang. Pria lansia ini...

Menteri Koperasi dan UKM Hadiri PLUT KUMKM Summit 2024, Teten Sampaikan Hal Ini!

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki menghadiri acara Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan UMKM (PLUT KUMKM)...

Dinas LH Kabupaten Asahan Gelar Halal Bihalal

ASAHAN, SMNNews.co.id - Untuk mempererat tali silaturahmi Keluarga Besar Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Asahan menggelar Halal Bihalal dengan seluruh ASN dan Non ASN...