HomeBERITAKota Terbesar di Provinsi Riau Bukan Lagi Kota Pekanbaru, Ini Fakta Unik...

Kota Terbesar di Provinsi Riau Bukan Lagi Kota Pekanbaru, Ini Fakta Unik Kota Terbesar!

Kota Dumai

PEKANBARU, SMNNews.co.id – Provinsi Riau merupakan salah satu provinsi di Negara Republik Indonesia yang terkenal dengan kekayaan sumberdaya alamnya yang melimpah.

Provinsi ini memiliki 10 kabupaten dan 2 kota dengan luas wilayah yang berbeda-beda.

Provinsi Riau memiliki pusat ibu kota di Pekanbaru, yang terkenal sebagai kota pertama di Provinsi Riau juga dianggap sebagai kota terbesar di Riau.

Namun pada saat ini, Kota Pekanbaru yang dianggap terbesar di Provinsi Riau tersebut, justru ketinggalan dari berbagai aspek oleh kota yang tidak disangka-sangkakan yang ada di provinsi Riau, yaitu kota Dumai. Sabtu (15/4/2023).

Berdasarkan data BPS Riau tahun 2023. Kota ini memiliki beberapa fakta unik yang layak untuk diungkap. Kota Dumai adalah kota terbesar di Riau saat ini, yang memiliki luas wilayah mencapai 2.059,613 km2.

Ihwalnya kota ini hanya memiliki 3 kecamatan. Hal ini menjadikan Dumai sangat unik dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Indonesia. Kota Dumai juga termasuk sebagai kota terluas kedua di Indonesia setelah Palangkaraya.

Berasal dari pemekaran wilayah Kabupaten, Dumai merupakan kota hasil pemekaran Kabupaten Bengkalis, yang diresmikan pada 20 April 1999.

Nama Dumai berasal dari kata (Dumay) yang dalam bahasa Melayu berarti (Bersih).

Kota Dumai ini awalnya hanya memiliki 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Dumai Barat, Kecamatan Dumai Timur, dan Kecamatan Bukit Kapur.

Namun pada tahun 2001, sudah ada 2 kecamatan tambahan, yaitu Kecamatan Medang Kampai dan Kecamatan Sungai Sembilan.

Pada tahun 2009, Dumai menambah 2 kecamatan lagi yang dimekarkan, yakni Kecamatan Dumai Selatan dan Kecamatan Dumai Kota.

Saat ini Kota Dumai memiliki 7 kecamatan.

Ihwalnya penduduk Dumai mayoritas berasal dari suku Melayu, kini masyarakat yang tinggal di Dumai tidak hanya berasal dari suku Melayu saja, melainkan juga ada pendatang dari Tionghoa, Batak, Jawa, dan Minangkabau. Saat ini Kota Dumai memiliki penduduk dengan beragam suku bangsa dan agama.

Mayoritas penduduk kota Dumai saat ini beragama Islam. Budaya Islam sangat melekat pada kehidupan masyarakat di kota ini.

Kota Dumai memiliki lokasi yang strategis, terletak berdampingan dangan Selat Malaka, sebuah lokasi yang strategis bagi kegiatan pelayaran, perdagangan, dan pariwisata.

Selain itu, Dumai juga memiliki pelabuhan laut yang cukup besar, yaitu Pelabuhan Dumai. Pelabuhan ini menjadi salah satu pelabuhan terpenting di Indonesia, karena letaknya yang berada di jalur pelayaran internasional.

Lokasi Dumai yang strategis menjadikan kota ini pusat perdagangan dan pariwisata yang sangat penting di daerah Riau.

Jadi bukanlah Kota Pekanbaru sebagai kota terbesar di Provinsi Riau, karena kota terbesar Riau saat ini adalah Kota Dumai. (budiman)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

PDIP Ngawi Tetap Usung Ony-Antok, Siap Daftar Penjaringan Parpol Lain

NGAWI, SMNNews.co.id - DPC PDIP Ngawi memastikan diri untuk mengusung pasangan petahana Bupati-Wabup Ngawi, Ony Anwar Harsono-Dwi Rianto Jatmiko. "Ini hasil Rakercabsus DPC PDIP Ngawi,...

Tim Kesehatan Puskesmas Arjasa Periksa Kesehatan Perangkat Desa Kemuninglor

JEMBER, SMNNews.co.id - Tim Upaya Kesehatan Kerja Puskesmas Arjasa mendatangi kantor desa Kemuninglor kecamatan Arjasa untuk melakukan pengecekan kesehatan. Tim Kesehatan Puskesmas Arjasa memeriksa...

Bupati Pasaman Buka Olimpiade Olahraga Siswa Nasional

PASAMAN, SMNNews.co.id - Ribuan Siswa dan para kepala sekolah, guru dari berbagai daerah di Kabupaten Pasaman, Padati halaman kantor Bupati Pasaman guna mengikuti pembukaan...