HomeBERITAMasih Tertutup Material Longsor! BPBD Kabupaten Malang Lakukan Normalisasi Jalan Penghubung Kediri-Malang

Masih Tertutup Material Longsor! BPBD Kabupaten Malang Lakukan Normalisasi Jalan Penghubung Kediri-Malang

Longsor yang terjadi di Jalan penghubung Kediri- Malang

MALANG, SMNNews.co.id – Longsor yang diakibatkan hujan deras dengan intensitas tinggi sejak beberapa hari terakhir membuat aktivitas dan mobilitas sosial masyarakat di daerah Pujon Kabupaten Malang terganggu. Saat ini jalur penghubung Malang-Kediri di Sukomulyo, Pujon, Kabupaten Malang lumpuh total akibat terjadinya longsor pada Selasa (28/1/2023) kemarin, dan hingga saat ini masih dilakukan pembersihan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan menjelaskan, banyaknya material longsor berupa lumpur dan bebatuan yang menutup jalan disebabkan hujan yang terjadi beberapa hari di wilayah Pujon sehingga mengakibatkan terjadinya longsor susulan di kawasan jalur Provinsi Malang-Kediri.

“Saat ini masih dilakukan pembersihan material longsor di wilayah Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon dan baru dilakukan pagi ini, Rabu (1/3/2023), karena sempat mengalami kendala,” ungkapanya

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, jika kendala yang dihadapi adalah kondisi cuaca yang turun hujan hingga malam hari. Terlebih, longsor di wilayah Desa Sukomulyo ini merupakan longsor susulan ketiga di lokasi yang sama.

“Dikhawatirkan tanah masih labil dan berpotensi terjadi longsor susulan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Batu, AKP Lya Ambarwati mejelaskan, jika saat ini jalur poros Kota Batu menuju Kediri itu belum bisa dilalui, mengingat material longsor masih menutup akses jalan secara penuh. Sementara itu, pembersihan material baru dilakukan pagi ini.

“Jalur masih dalam proses pembersihan dari material longsor, terutama sisa-sisa pohon tumbang yang ada diatas yang harus segera di tarik kebawah, untuk itu sementara waktu akses Malang-Kediri melalui Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang masih belum bisa dilewati,” ujar Lya pada Rabu (1/3/2023).

Diketahui kejadian longsor terjadi pada kemarin sore dimana saat itu terjadi hujan sehingga ada kemungkinan tanah masih labil, sehingga kembali terjadi longsor, beruntug tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun untuk akses Kediri – Malang Via Batu akhirnya terputus, dan sebagai langkah antisipasif Satlantas Polres Batu masih melakukan penutupan akses jalan hingga benar-bener aman untuk dilalui. (yoe)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Peringati Hari Buruh, Ribuan Pekerja Semarakkan Fun Walk Bareng Pj Bupati Jombang

JOMBANG, SMNNews.co.id - Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) disambut meriah di Kabupaten Jombang. Pemerintah Kabupaten Jombang bersama Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Jombang...

Gus Mujib Resmi Mendaftar Cabup Pasuruan

PASURUAN, SMNNews.co.id - Usai Ramdanu dan Sudiono Fauzan yang mendaftar sebagai calon Bupati Pasuruan di Partai Kebangkitan Bangsa. Kal ini giliran KH. Mujib Imron...

Kapolresta Cirebon Resmikan Monumen Udang dari Knalpot yang Tidak Sesuai Spesifikasi Teknis

CIREBON, SMNNews.co.id - Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Sumarni meresmikan monumen udang dari bahan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi tehknis, Selasa (30/4/2024). Kegiatan yang dilaksanakan...