Nilai Kualitas Lebih Baik, KPU Ngawi Siap Rakit Kotak Suara

Ketua KPU Ngawi, Syamsul Wathony, menunjukkan kotak suara karton saat cek gudang Selasa (08/01)

Ngawi, suaramedianasional.co.id– KPU Ngawi siap merakit ribuan kotak suara yang kini sudah tersimpan di gudang mereka. Hal ini ditegaskan Ketua KPU Kabupaten Ngawi, Syamsul Wathony. “Jadi pada Februari mendatang akan segera kita rakit, ini sekalian kita juga sortir surat suara,” ujar Toni, sapaan akrabnya.

Hal ini disampaikan Syamsul Wathony saat melakukan pengecekan gudang KPU, Selasa (8/01). Saat ini telah tersimpan, 13.955 kota suara dari karton yang tiba pada 18 Nopember tahun lalu. Kotak suara tersebut merupakan persiapan menjelang Pemilu pemilihan calon anggota legislatif baik tingkat DPRD kabupaten, provinsi maupun pusat, DPD RI serta pilihan presiden. Menurut Toni, kualitas kotak suara tahun ini lebih baik daripada sebelumnya serta lebih praktis karena sekali pakai. “Memakai karton juga lebih hemat biaya, kotak suara dari alumunium lebih banyak yag hilang dan kurang praktis,” ujarnya.

Belasan ribu kotak suara dicek dan siap dirakit, saat ini sudah tersimpan di gudang KPU Ngawi.

KPU Ngawi tetap melakukan pemeriksaan terhadap semua kotak suara tersebut dan akan mengajukan penggantian bila menemukan ada yang rusak. Agar terhindar dari kelembaban, kotak disipan di atas palet dan disimpan di gudang KPU yang aman dari hujan. “Kotak suara seperti ini sudah pernah kita pakai pada 2014 hanya saja menurut saya lebih bagus kualitasnya saat ini. Kita siap merakit sekitarFebruari dan pada awal April akan kita distribusikan ke tiap TPS,” ungkapnya.

Kebutuhan untuk Pemilu di Ngawi dengan 13.955 kotak suara itu menurut Tony sudah sesuai dengan estimasi kebutuhan dan cadangannya. Kotak dan bilik sudah terpenuhi. Sebanyak 2.960 TPS membutuhkan 5 unit kotak suara, kemudian setiap kecamatan akan membutuhkan 17 kotak suara dalam rekapitulasi. “Ini karena kotak suara akan memisahkan surat suara sah, tidak sah, DPT, dan sebagainya, jadi kebutuhan tiap kecamatan lebih banyak daripada Pemilu sebelumnya,” ungkapnya. (ari)