HomeBERITAPengelolaan Baik! Kini Sampah Jadi Penopang Ekonomi Masyarakat Ciawi Gajah Cirebon

Pengelolaan Baik! Kini Sampah Jadi Penopang Ekonomi Masyarakat Ciawi Gajah Cirebon

Bank Sampah Desa Ciawi Gajah

CIREBON, SMNNews.co.id – Desa Ciawi Gajah, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon, kini menjadi desa percontohan dalam penanganan masalah pengelolaan sampah.

Masyarakat di desa  tersebut  sangat kompak terkait pengelolaan sampah yang sudah dilakukan dengan baik, sehingga bisa bernilai ekonomis dan justru kini menjadi penopang kelangsungan ekonomi masyarakat di Desa tersebut.

Baca Juga Polri Lakukan Penebalan Pengamanan KTT G20 di Kuta, Seminyak dan Legian

Penanganan pengelolaan sampah di desa tersebut juga menjadi contoh penyelesaian sampah di tingkat Desa.

Kepala bidang  kebersihan dan pertamanan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon, Fitroh suharyono mengatakan, warga di Desa Ciawi Gajah telah mampu mengelola sampah hingga bernilai ekonomis di desanya.

Bahkan sampah yang dikelola oleh badan usaha milik desa tersebut bisa membantu menopang ekonomi warga setempat karenanya kini Desa Ciawi Gajah menjadi percontohan penanganan sampah terbaik di kabupaten Cirebon.

“Mereka kini mampu menghasilkan pendapatan dari pengelolaan sampah bahkan ada yang sudah membeli kendaraan mobil dari hasil pengelolaan sampah,” ungkap Fitroh Pada awak media.

Dalam pengelolaan sampah non organik, Fitroh menyebutkan, Desa Ciawi Gajah bekerja sama dengan pihak ketiga, namun mereka juga mampu mengelola sisa sampah yang tidak terkirim ke pihak ketiga dengan baik.

Baca Juga Pengamanan KTT G20, Polri Terjunkan Patroli Berkuda!

Sampah non organik di kirim ke pihak ke tiga sedangkan untuk organiknya mereka kelola menjadi kompos (pupuk) untuk tanaman sawah, kebun serta tanaman lainya. Lalu sisa non organik yang tidak terjual di buat praving blok dimana dalam sehari mampu membuat 20 hingga 30 meter.

Sebenarnya ada belasan Desa di Kabupaten Cirebon yang sudah bisa melakukan pengelolaan sampah.

Terkait hal ini, Fitroh berharap desa-desa lain di Kabupaten Cirebon bisa mencontoh pengelolaan sampah yang dilakukan di Desa Ciawi Gajah. (mdi)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Pasaman Terima Penghargaan dari Gubernur Sumbar

PASAMAN, SMNNews.co.id - Sabar AS, Bupati Pasaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), hari ini menghadiri upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Otonomi Daerah XXVIII...

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Hadiri Upacara Bendera pada Peringatan Hardiknas 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Supriyanto hadiri Upacara Bendera pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 yang di laksanakan di Halaman...

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, menjadi inspektur Upacara Bendera pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 yang di laksanakan...